10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara Lengkap dengan Harganya

February 22, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Banjarnegara

Daftar Isi

Dibalik keindahan alam dataran tinggi Dieng yang mempesona, Banjarnegara ternyata menyimpan kekayaan kuliner yang menarik. Kalau berwisata ke kawasan ini, jangan lupa memborong oleh-oleh khas Banjarnegara untuk keluarga tercinta.

Mulai dari manisan Carica, minuman tradisional, hingga camilan, ini dia daftar kuliner khas Banjarnegara yang bisa kamu bawa pulang.

1. Carica Oleh-Oleh Khas Banjarnegara

pusat oleh-oleh khas Banjarnegara

Google Review/Fatna Carica

Buah yang punya nama lain pepaya gunung ini memang tumbuh subur di kawasan dataran tinggi seperti Dieng. Sayangnya, buah ini tidak bisa dikonsumsi langsung karena mengandung banyak getah. Sehingga rasanya getir dan agak asam.

Oleh sebab itu, masyarakat mengolahnya jadi manisan carica sehingga menambah nilai jualnya. Setelah jadi manisan, buah ini terasa manis segar dan tentunya lebih awet. Manisan ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di pusat oleh-oleh khas Banjarnegara atau langsung ke rumah produksinya seperti di Fatna Carica.

Lokasi: Jln. Raya Sigaluh Km 7 Kemplang, Sigaluh, Kec. Sigaluh
Harga: Rp20.000

2. Jenang Salak

jajanan khas Banjarnegara

Instagaram/cakesalak

Banjarnegara memang populer sebagai daerah penghasil salak pondoh. Hasil panen yang melimpah mendorong warga sekitar untuk mengolahnya menjadi jajanan yang awet yaitu jenang salak.

Tekstur jenang ini mirip banget kaya dodol yang kenyal dan legit. Selain itu, rasa dan aroma salaknya juga sangat terasa. Gak heran, jajanan khas Banjarnegara ini selalu diborong oleh wisatawan.

Jenang ini tersedia di hampir semua sentra oleh-oleh khas Banjarnegara seperti di Toko Oleh-oleh Haji Surya.

Lokasi: Jln. Garuda, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara
Harga: Rp35.000

3. Kopi Banjarnegara

toko oleh-oleh khas Banjarnegara

Instagram/jualkopibijisalak

Bagi pecinta minuman berkafein, jangan lupa mencicipi dan memborong kopi khas Banjarnegara. Kopi di daerah ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang strong.

Jangan lewatkan juga memborong kopi unik yang terbuat dari biji salak. Aroma minuman ini sama aja kayak kopi biasanya tapi rasanya cukup unik karena ada sedikit rasa sepat mirip salak. Selain itu, kopi biji salak ini juga bebas kafein lho.

Kopi ini tersedia dalam bentuk bubuk siap seduh dan bisa kamu peroleh di toko oleh-oleh khas Banjarnegara Wiraraja.

Lokasi: Mandiraja Kulon, Kec. Mandiraja
Harga: Rp20.000

4. Sirup Salak

oleh-oleh khas Banjarnegara

Instagram/Lily_el_karim

Kreatifitas Masyarakat Banjarnegara memang patut mendapat acungan jempol. Selain diolah jadi kudapan manis seperti dodol, salak ternyata juga bisa dijadikan sirup lho.

Sirup ini tentunya menggunakan gula murni sehingga manis tanpa ada rasa serik. Untuk penyajiannya, kamu hanya perlu menambahkan air dan es batu. Nah, sirup salak segar udah siap disajikan untuk menghilangkan dahaga.

Sirup ini tersedia di berbagai sentra oleh-oleh khas Banjarnegara atau kamu bisa langsung datang ke home industry di kawasan Madukara.

Lokasi: Desa Bantarwaru, Kec. Madukara
Harga: Rp30.000

5. Keripik Salak

oleh-oleh khas Banjarnegara yang tahan lama

Instagram/Christha

Kalau udah bosan makan buah salak segar, cobain olahan keripik salak asli Banjarnegara ini. Karena kandungan airnya cukup tinggi, proses penggorengan keripik ini menggunakan teknik khusus sehingga menghasilkan keripik yang crispy dan tidak berminyak.

Keripik ini termasuk oleh-oleh khas Banjarnegara yang tahan lama karena bisa awet hingga 1 bulan. Tapi, pastikan selalu menyimpannya dalam wadah tertutup rapat agar tidak melempem.

Kamu bisa dapatkan keripik salak ini di sentra oleh-oleh khas Banjarnegara di selatan Alun-Alun Banjarnegara

Lokasi: Jln. Raya Brengkok – Banjarnegara No. 94, Krandegan, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara
Harga: Rp20.000

6. Keripik Kentang

oleh-oleh khas Banjarnegara yang awet

Instagram/Keripikkentang_dieng

Nyari oleh-oleh khas Banjarnegara yang awet? Keripik kentang adalah jawabannya. Keripik ini terbuat dari kentang dan bumbu spesial. Rasanya udah pasti renyah dan gurih.

Selain keripik kentang rasa original, tersedia varian rasa jagung dan balado juga lho. Keripik ini cocok banget buat ngemil sambil saat bersantai ataupun untuk suguhan tamu.

Hampir setiap sentra oleh-oleh pasti menjual keripik ini. Selain itu, kamu juga bisa membeli keripik ini langsung di rumah produksi Albaeta.

Lokasi: Majatengah, Batur, Kec. Batur
Harga: Rp45.000

7. Minuman Herbal Purwaceng

oleh-oleh khas Banjarnegara

Instagram/Purwaceng_official

Minuman ini terbuat dari tanaman perdu bernama Purwaceng yang tumbuh di daerah Banjarnegara. Akar tumbuhan ini diolah menjadi bubuk dan diklaim memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Manfaat tersebut di antaranya adalah untuk meningkatkan stamina pria, melancarkan peredaran darah, dan mencegah kanker. Biasanya, serbuk ini dikonsumsi dengan cara dicampur susu atau kopi.

Kalau pengen membuktikan khasiat purwaceng, kamu bisa memperolehnya di berbagai toko herbal di Banjarnegara.

Lokasi: Jln. Puteran No.10, Semarang, Kec. Banjarnegara
Harga: Rp30.000

8. Klathak

makanan kering khas Banjarnegara

Shopee/Hibrizi Shop

Horego Aplikasi Cari Makanan

Makanan kering khas Banjarnegara ini merupakan sejenis kerupuk yang terbuat dari ketela pohon. Akan tetapi, proses pembuatannya berbeda dengan keripik singkong.

Untuk membuat klathak, singkong harus diparut dulu dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang dan cabe. Baru kemudian di bentuk bulat pipih dan digoreng. Oleh sebab itu, keripik ini bercita rasa pedas gurih dan bikin nagih.

Harga Klathak juga sangat terjangkau dan bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai sentra oleh-oleh Banjarnegara. Salah satunya di Toko Oleh-Oleh Haji Surya.

Lokasi: Jln. Garuda, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara
Harga: Rp15.000

9. Wajik Kletik

oleh-oleh khas Banjarnegara

Instagram/Dapoer_opha

Kudapan manis ini merupakan salah satu kuliner legendaris Banjarnegara. Kue wajik ini terbuat dari beras ketan, kelapa parut, dan juga gula merah yang dimasak hingga berjam-jam. Proses pemasakan yang cukup lama inilah yang membuat wajik ini tahan lama.

Keunikan dari wajik ini adalah sensasi bunyi kletik-kletik seperti beras saat dikunyah. Beberapa produsen kini gak cuma menawarkan wajik rasa gula merah aja. Ada varian rasa lain seperti pandan, jahe, dan juga kacang hijau. Wajik kletik ini bisa kamu peroleh di sentra oleh-oleh Dipayuda.

Lokasi: Sidengen, Krajan, Pekauman, Kec. Madukara
Harga: Rp40.000

10. Jipang

oleh-oleh khas Banjarnegara

Instagram/Dapursolo1988

Jajanan manis dan renyah ini terbuat dari beras yang dipanggang sehingga menyerupai popcorn. Setelah itu, beras yang telah mengembang tadi dicampur dengan gula sehingga saling melekat.

Jipang tersebut kemudian diiris-iris sehingga berbentuk persegi panjang dan dikemas plastik agar tetap renyah. Dengan rasa yang otentik, jajanan tradisional ini masih eksis dan jadi favorit banyak orang meskipun banyak kue-kue kekinian bermunculan.

Oleh-oleh khas Banjarnegara murah meriah ini bisa kamu peroleh di toko Wiraraja.

Lokasi: Mandiraja Kulon, Kec. Mandiraja
Harga: Rp6.000

Dengan banyaknya pilihan oleh-oleh khas Banjarnegara, kini kamu gak perlu bingung memilih produk yang akan kamu bawa pulang. Setelah menikmati keindahan alam Banjarnegara, sempatkan mampir ke toko oleh-oleh dan memborong beberapa produk di atas.

Nah, biar lebih gampang nyari rekomendasi oleh-oleh di Banjarnegara ataupun kota lainnya, gunakan aja aplikasi Horego. Buruan download aplikasinya di Google Play Store dan Apps Store.