Daftar Oleh-Oleh Khas Banyumas yang Banyak Diburu Turis

March 6, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Banyumas

Daftar Isi

Ngomongin tentang oleh-oleh khas Banyumas, pasti banyak yang gak nyangka kalo daerah ini punya banyak cemilan dan produk khas yang ngangenin banget. Bukan cuma makanan doang, tapi juga barang-barang kerajinan tangan yang keren abis!

Penasaran apa aja yang bisa kamu bawa pulang dari Banyumas? Tenang aja, Horego bakal kasih rekomendasinya. Siap-siap ya, karena kamu bakal pengen langsung cabut ke Banyumas setelah dengerin ini!

Oleh-Oleh Khas Banyumas Makanan

Oleh-oleh khas Banyumas punya ciri khas tersendiri. Nah, buat kamu yang lagi berlibur di sana, jangan lewatkan bawa pulang beberapa makanan berikut untuk oleh-oleh.

1. Kopi Gunung Slamet

minuman khas Banyumas

Google Review/Hernawan Susilo

Sudah menjadi rahasia umum jika Gunung Slamet adalah salah satu tujuan wisata utama di Kota Pelajar ini. Nah, jika kamu bertandang ke sana, jangan lupa untuk mencoba kopi khasnya. Kopi ini adalah minuman khas Banyumas yang punya rasa unik dan enak.

Ketika kamu menyeruput kopinya, akan ada aftertaste dark chocolate, cocoa, nutty, dan rasa manis yang pas. Selain itu, kopi ini juga punya caffeine yang gak terlalu kuat. Jadi, kopi ini cocok buat kamu yang gak terlalu suka rasa pahit yang muncul dari kopi.

Lokasi: Seberang Sate Martawi, Jalan Kalibener Proliman Nomor 9, RT.04/RW.02, Banyumas Kulon
Harga: Rp205.000 – Rp245.000 (per kg, tergantung varian)

2. Getuk Goreng

getuk goreng khas Banyumas

Wikimedia Commons/Midori

Selain mendoan, getuk goreng juga termasuk jajanan khas Banyumas yang gak kalah terkenal. Karenanya, gak heran kalau kamu bisa dengan mudah menemukan penjual getuk goreng khas Banyumas di hampir setiap sudut jalan. Harganya pun nyaman di kantong hampir semua orang.

Gak jauh berbeda dengan getuk varian lainnya, getuk goreng juga terbuat dari singkong. Hanya saja, jika proses pembuatan varian getuk lain dikukus, maka getuk khas Kota Pendidikan ini dibuat dengan cara digoreng. Jadi, teksturnya garing di luar dan lembut di dalam.

Lokasi: H6CR+QF4, Jalan Jenderal Sudirman, Kongsen, Banyumas Kulon, Kecamatan Sokaraja
Harga: Rp20.000 (500 gram)

3. Lanting

makanan ringan khas Banyumas

Wikimedia Commons/Midori

Masih seputar kudapan yang terbuat dari singkong, kamu juga bisa lho mencoba lanting. Makanan ringan khas Banyumas ini punya rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Jadi, kamu bisa menjadikan kudapan ini sebagai teman ngemil di perjalanan pulang sekaligus buah tangan untuk orang rumah.

Menariknya, ada banyak varian rasa yang bisa kamu pilih. Selain rasa bawang atau original, kamu juga bisa mencoba lanting rasa balado, keju, BBQ, dan rasa-rasa lainnya.

Sebagai kudapan ringan yang punya popularitas tinggi, kamu juga bisa menemukan lanting di banyak toko oleh-oleh khas Banyumas.

Lokasi: Jalan Situmpur Nomor 85, Karangbawang, Banyumas Kulon, Kecamatan Banyumas Selatan
Harga: Rp20.000 – Rp35.000 (per kg, tergantung varian)

4. Nopia

oleh-oleh khas Banyumas kekinian

Google Review/Nopia & Mino Pak Narwan

Bosan dengan makanan asin dan gurih? Kamu gak perlu khawatir karena Kota Pelajar juga punya nopia. Sekilas, kudapan ini terlihat seperti bakpia. Hal ini wajar, karena kedua kudapan ini memakai terigu sebagai bahan utamanya. Namun, isian nopia adalah gula merah dan ukurannya lebih kecil.

Menariknya, meski kudapan ini terkenal sebagai kue tradisional, namun kini nopia dianggap sebagai oleh-oleh khas Banyumas kekinian, lho. Sebab, kini isiannya gak terbatas pada gula merah saja, namun ada juga nopia isi durian, coklat, dan lain-lain.

Lokasi: Jalur Gumilir – Banyumas, Sawangan, Kedungwuluh, Kecamatan Banyumas Barat
Harga: Rp15.000 (per bungkus)

5. Keripik Tempe

toko oleh-oleh khas Banyumas

Google Review/Andi Hidayanto

Rasanya kurang afdol jika kamu berkunjung ke Kota Pelajar tanpa membawa keripik tempe sebagai oleh-oleh. Meskipun kudapan ini ada di hampir seluruh Indonesia, namun ada yang spesial dari keripik tempe khas Kota Pendidikan.

Hal ini karena keripik tersebut terbuat dari kedelai lokal yang terkenal lezat. Gak cuma itu saja, potongannya pun sangat tipis dan renyah. Jadi, gak heran kalau ada banyak orang yang gak mau melewatkan kesempatan untuk jajan keripik tempe saat ada di daerah Kota Pelajar.

Bahkan, karena kudapan ini sangat populer, kamu hanya perlu datang ke pusat oleh-oleh khas Banyumas untuk memburu jajanan ini.

Lokasi: Jalan Pramuka Nomor 221a, Pertabatan, Banyumas Kidul, Kecamatan Banyumas Selatan
Harga: Rp22.500 (per bungkus)

6. Marning Jagung

pusat oleh-oleh khas Banyumas

Google Review/Andi Hidayanto

Ngomongin oleh-oleh khas Banyumas, jangan sampai lupa sama marning. Marning ini jadi ikon banget dari Banyumas, bisa dibilang kalo kamu ke sana tapi gak nyobain marning, kayaknya kurang lengkap deh!

Harganya? Kalo kamu beli marning di Banyumas, harganya bisa bervariasi tergantung dari ukuran dan tempat kamu belinya. Kisarannya, untuk satu bungkus marning biasanya mulai dari Rp5.000.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Banyumas, Jalan Ajibarang-Purwokerto, Karanglo, Cilongok
Harga: Rp500 – Rp5.000 (per bungkus, tergantung ukuran)

Horego Aplikasi Cari Makanan

Oleh-Oleh Khas Banyumas Selain Makanan

Selain makanan, kamu juga bisa bawa pulang oleh-oleh khas dari Banyumas berikut ini.

1. Batik Banyumasan

Oleh-Oleh khas Banyumas

Google Review/Kartika Titus Andani

Batik Banyumasan ini punya ciri khas tersendiri yang membedakannya dari batik-batik lainnya di Indonesia. Biasanya, batik Banyumasan punta corak yang khas dengan motif-motif tradisional yang terinspirasi dari kearifan lokal dan budaya Banyumas.

Motif-motifnya pun beragam, mulai dari motif tumbuhan, binatang, hingga motif geometris yang dipadukan dengan warna-warna yang cerah dan menarik.

Keistimewaan batik Banyumasan juga terletak pada proses pembuatannya yang masih menggunakan teknik tradisional, seperti canting dan lilin malam. Proses ini membutuhkan keahlian dan ketelatenan yang tinggi dari para pengrajin batik Banyumasan.

Lokasi: Jalan Mayjend. Sutoyo Nomor 21, Sawangan, Kedungwuluh, Kecamatan Banyumas Barat
Harga: Rp100.000 – Rp500.000

2. Anyaman Bambu Khas Banyumas

oleh-oleh Banyumas murah

Google Review/Hesti Anugrah Utami

Anyaman bambu adalah barang kerajinan tangan yang bener-bener unik dan khas banget dari daerah ini. Jadi, gak lengkap rasanya kalo lo berkunjung ke Banyumas tapi gak bawa pulang sedikit barang anyaman bambu.

Anyaman bambu ini biasanya digunakan sebagai wadah makanan atau pajangan di rumah. Bentuknya bervariasi, mulai dari bakul, keranjang, hingga tempat penyimpanan berbagai macam barang. Ada juga yang dihias dengan motif khas Banyumas atau dipercantik dengan warna-warni yang menarik.

Lokasi: UD Putri Bambu, Jalan Raya Tambak Nomor 7, Lemahmendek, Kamulyan, Kec. Tambak
Harga: Rp20.000-Rp100.000

Jadi, apakah kamu sudah tahu akan membawa pulang oleh-oleh khas Banyumas yang mana? Ternyata, selain makanan di atas, Kota Pelajar masih punya banyak kuliner yang bisa kamu buru, lho. Kamu pun bisa mengeksplornya dengan mudah via aplikasi Horego.

Jadi, tunggu apa lagi? Unduh Horego sekarang juga melalui Play Store atau App Store!