10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Terkenal Beserta Harganya

February 22, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Banyuwangi

Daftar Isi

Kalau ke Banyuwangi, jangan cuma mengeksplor alamnya aja. Cobain juga aneka kulinernya yang menggugah selera. Sempatkan juga berburu oleh-oleh khas Banyuwangi untuk keluarga tercinta.

Kalau bingung oleh-oleh khas Banyuwangi apa saja, cek dulu beberapa rekomendasi mulai dari kudapan tradisional, jajanan kekinian, hingga minuman asli Kota Gandrung berikut ini.

1. Bagiak

oleh-oleh khas Banyuwangi Bagiak

Google Review/Bagiak Gajah Oling

Oleh-oleh khas Banyuwangi bagiak selalu laris manis diborong wisatawan. Alasannya adalah varian rasanya banyak, harganya bersahabat, dan tahan lama. Kue kering ini bahkan bisa tahan sampai 3 bulan lho.

Karena terbuat dari sagu, tekstur kue ini memang agak keras. Bagiak tersedia dalam berbagai pilihan rasa seperti nangka, wijen, vanilla, pandan, durian, jahe, hingga keju. Jajanan ini bisa kamu peroleh di toko Bagiak Gajah Oling.

Lokasi: Jln. Imam Bonjol No. 34, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi
Harga: Rp19.000

2. Ladrang

harga oleh-oleh khas Banyuwangi

Instagram/ranis_bwi

Camilan ini berbentuk stik ini terbuat dari ubi dan tepung terigu. Kemudian, adonan tersebut dibentuk menyerupai cheese stick dan digoreng. Selain ladrang ubi yang manis, ada juga ladrang dengan rasa tempong, kopi, dan juga telur asin lho.

Harga oleh-oleh khas Banyuwangi ini juga sangat terjangkau. Kemasan kecilnya dibanderol dengan harga Rp10 ribuan aja. Kamu bisa memperoleh camilan ini di pusat oleh-oleh khas Banyuwangi Osing Deles.

Lokasi: Jln. K.H. Agus Salim No. 12A, Taman Baru, Kec. Banyuwangi
Harga: Rp10.000

3. Tape Buntut

toko oleh-oleh khas Banyuwangi

Instagram/tataboga_smksritanjung

Sebenarnya, kudapan asli Banyuwangi ini sama aja kayak tape ketan biasanya. Yang membedakan hanyalah daun pembungkusnya. Kalau di daerah lain tape dibungkus daun pisang, tape khas suku Osing ini pembungkusnya adalah daun kemiri.

Selain itu, penyajian tape ini juga unik karena disantap dengan tetel ketan. Kedua makanan ini menawarkan rasa yang unik karena manis asam tape berpadu dengan tetel yang gurih. Tape ini bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh khas Banyuwangi Ardial.

Lokasi: Jln. Basuki Rahmat, Singotrunan, Kec. Banyuwangi
Harga: Rp15.000

4. Sale Pisang

oleh-oleh khas Banyuwangi

Instagram/istanasnack2023

Jajanan ini mungkin bisa kamu temukan di berbagai daerah. Tapi, sale pisang asal Banyuwangi unik karena terbuat dari jenis pisang barlin yang sangat manis.

Ada tiga jenis sale yang tersedia di sentra oleh-oleh khas Banyuwangi yaitu sale basah, kering, dan sale anggur. Disebut sale anggur karena pisangnya digulung bulat dan dikemas menyerupai anggur. Kalau pengen sale yang gak mudah basi, pilih aja sale pisang kering yang renyah.

Sale ini tersedia hampir di seluruh sentra oleh-oleh khas Banyuwangi, termasuk Toko Pelangi Sari.

Lokasi: Jln. Letkol I Gusti Ngurah Rai No. 16, Penganjuran, Kec. Banyuwangi
Harga: Rp10.000

5. Kelemben

kue khas Banyuwangi

Instagram/Susie.agung

Meskipun jadul, kue khas Banyuwangi yang berbentuk seperti tempurung kura-kura ini tetap menjadi buah tangan primadona. Biasanya bolu ini selalu ada di lebaran dan hajatan khususnya suku Osing.

Tapi, kini kamu bisa dengan mudah menemukannya di sentra oleh-oleh. Banyak wisatawan yang memborong bolu ini karena murah, enak, dan bisa tahan hingga 1 bulan. Tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi di Genteng ini? Datang aja ke UD. Roti Bolu Sri Rejeki.

Lokasi: Jalan I, Setail, Kec. Genteng
Harga: Rp9.000

6. Kerupuk Rumput Laut

oleh-oleh khas Banyuwangi

Instagram/Princess_lydiana

Terletak di kawasan pesisir, Banyuwangi tentu kaya akan sumber daya lautnya. Nah salah satu snack yang wajib kamu borong kalau ke Banyuwangi adalah kerupuk rumput laut.

Kerupuk ini sangat gurih sehingga cocok buat camilan atau pendamping makan nasi. Biar awet dan gak gampang melempem, pastikan kamu menyimpan kerupuk rumput laut ini dalam toples atau wadah yang tertutup rapat ya.

Kerupuk rumput laut ini bisa kamu temukan di toko Osing Deles.

Lokasi: Jln. K.H. Agus Salim No. 12A, Taman Baru, Kec. Banyuwangi
Harga: Rp15.000

7. Pia Glenmore

oleh-oleh khas Banyuwangi yang terkenal

Instagram/pia_glenmore

Kudapan manis ini adalah salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang terkenal. Pia ini sebenarnya sama kayak bakpia pada umumnya yaitu punya isian kacang hijau. Tapi, yang membuat Pia Glenmore spesial adalah varian rasanya yang banyak.

Ada pia isi pisang keju, cokelat, pandan, nanas, dan juga ayam. Nah varian rasa terbaru yang unik adalah pia rasa sambal tempong. Penasaran gimana rasa pia yang manis berpadu dengan pedasnya sambal tempong khas Banyuwangi? Mampir aja ke toko Pia Glenmore.

Lokasi: Jln. Kolonel Sugiono No. 33, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi
Harga: Rp35.000

8. Dodol Salak

oleh-oleh khas Banyuwangi

Instagram/Ud.salacca

Jajanan tradisional ini banyak sekali ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Umumnya, dodol terbuat dari tepung ketan, santan, dan gula merah.

Tapi, dodol asli Banyuwangi ini agak berbeda karena menggunakan buah salak sebagai bahan bakunya. Alhasil, dodol yang kenyal dan legit ini menawarkan rasa dan juga aroma salak yang unik.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Meskipun tanpa pengawet, dodol ini bisa tahan sampai 1 bulan lho karena melalui proses pemasakan yang cukup lama. Kamu bisa dapatkan dodol ini di toko oleh-oleh Pelangi Sari.

Lokasi: Jln. Letkol I Gusti Ngurah Rai No. 16, Penganjuran, Kec. Banyuwangi
Harga: Rp30.000

9. Kopi Banyuwangi

oleh-oleh khas Banyuwangi

Instagram/kopikhasbanyuwangi

Buat pecinta kopi wajib borong kopi khas Banyuwangi. Jenis kopi asli Banyuwangi ini merupakan kopi Arabica yang dibudidayakan di Gunung Ijen.

Keunikan dari kopi khas Banyuwangi adalah kadar kafeinnya yang rendah. Jadi, kopi ini cocok banget buat yang gak suka jenis kopi strong. Selain itu, rasa kopi ini juga gak begitu pahit.

Kopi ini tersedia di berbagai sentra oleh-oleh. Tapi, kalau mau lihat perkebunan dan proses pengolahan biji kopinya, kamu bisa datang ke Omah Kopi.

Lokasi: Dusun Krajan, Desa Telemung, Kec. Kalipuro
Harga: Rp75.000

10. Durian Merah Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Terunik

oleh-oleh khas Banyuwangi

Instagram/Gamarosi_

Buah dengan aroma yang kuat ini biasanya memiliki daging berwarna kekuningan. Tapi, di Banyuwangi ada durian lokal yang unik karena daging buahnya berwarna merah. Oleh sebab itu, warga lokal banyak yang menyebut durian ini sebagai Duren Abang.

Ukuran durian ini memang lebih kecil daripada durian pada umumnya. Tapi, dagingnya cukup tebal dan bijinya kecil. Untuk rasa, durian ini menawarkan perpaduan rasa manis agak pahit. Sementara itu, aromanya juga gak terlalu tajam.

Tertarik untuk bawa pulang buah eksotis ini? Kamu bisa datang langsung ke Kampung Durian Songgon. Pastikan ke sini di masa panen ya yaitu sekitar bulan Maret-April.

Lokasi: Pakis, Kec. Songgon
Harga: Rp100.000

Dengan banyaknya pilihan oleh-oleh khas Banyuwangi, kini kamu gak perlu bingung lagi mau belanja apa buat buah tangan. 10 produk unggulan Banyuwangi di atas bisa kamu jadikan referensi saat plesiran ke ujung timur Pulau Jawa ini.

Nah, biar lebih mudah nyari rekomendasi oleh-oleh di Banyuwangi atau daerah lainnya, kamu bisa mengandalkan aplikasi Horego. Segera unduh aplikasinya di Google Play Store dan Apps Store sekarang juga.