9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Batang Lengkap dengan Harganya

February 23, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Batang

Daftar Isi

Kalau lagi liburan ke Batang atau cuma sekadar lewat di jalur pantura, pastikan untuk mencicipi kulinernya yang memanjakan lidah. Selain itu, jangan lewatkan juga memborong oleh-oleh khas Batang untuk camilan di perjalanan atau dibagikan ke keluarga.

Mulai dari jajanan tradisional yang manis hingga camilan gurih, ini dia rekomendasi oleh-oleh khas Batang dan harganya yang telah Horego rangkum khusus buat kamu.

1. Corobikang

makanan khas Batang

Instagram/Arbezkediri

Kudapan ini memang terkesan jadul, namun masih menjadi salah satu oleh-oleh khas Batang terfavorit. Tapi rasanya manis dan nikmat apalagi disantap selagi hangat. Bentuknya juga cantik berwarna-warni seperti bunga yang mekar.

Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula yang dipanggang di atas cetakan bulat. Beberapa penjual juga masih mempertahankan resep turun temurun dengan pewarna alami seperti daun pandan suji sehingga menghasilkan corobikang yang harum.

Makanan khas Batang ini bisa kamu temukan di pasar tradisional atau toko kue basah di kota ini.

Lokasi: Jln. Jendral Sudirman No.39, Pertodanan Utara, Proyonanggan Tengah, Kec. Batang
Harga: Rp3.000

2. Serabi Kalibeluk

oleh-oleh khas Batang

Instagram/Innayah

Pecinta jajanan tradisional pasti udah familiar dengan kue serabi. Daerah Batang ternyata juga punya kudapan ini dan populer dengan nama Serabi Kalibeluk yang juga menjadi oleh-oleh khas Batang.

Kue ini berbeda dengan serabi pada umumnya karena ukurannya besar dan tebal. Sekilas, serabi khas Batang ini tampilannya mirip bika ambon karena teksturnya berlubang-lubang. Ada dua varian serabi yang bisa kamu bawa pulang yaitu original dengan rasa gurih dan varian manis gula merah.

Kalau mau mencicipi atau memborong serabi ini buat buah tangan, datang aja ke desa Kalibeluk. Di desa ini banyak warung yang menjajakan kue ini.

Lokasi: Krajan, Kalibeluk, Kec. Warungasem
Harga: Rp13.000

3. Keripik Buah Qrez

oleh-oleh khas Batang Pekalongan

Instagram/Albhai-fresh

Oleh-oleh khas Batang Pekalongan lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah keripik buah. Produk UMKM ini selalu laris manis karena harganya cukup terjangkau dan tahan lama. Dengan teknik pengolahan khusus, keripik ini bisa tahan sampai 1 tahun lho.

Beberapa varian keripik buah yang tersedia adalah keripik nangka, apel, salak, dan juga nanas. Keripik ini tersedia di berbagai sentra oleh-oleh khas Batang atau kamu bisa datang ke rumah produksi Keripik Buah Qrez Qrez.

Lokasi: Kalangsono, Pasiran, Limpung, Kec. Limpung
Harga: Rp15.000

4. Banafam

cemilan khas Batang

Instagram/Banafam_Official

Kalau bosan dengan keripik pisang biasa, cobain aja cemilan khas Batang yang kekinian ini. Banafam adalah brand yang memproduksi keripik pisang dengan aneka varian rasa seperti Milky, Cheese, Barbeque, dan juga Chocolate.

Snack ini gak cuma enak tapi juga sehat lho. Ini karena Banafam bebas bahan pengawet, bebas MSG, dan juga gluten free. Selain varian keripik yang tipis, Banafam juga menawarkan produk Banana Crunchy yaitu buah pisang matang yang diolah dengan minyak kelapa sehingga memiliki tekstur yang renyah.

Keripik pisang kekinian ini bisa kamu peroleh di outlet Banafam Mood Booster.

Lokasi: Pucanggading, Kec. Bandar
Harga: Rp20.000

5. Abon Pindang

oleh-oleh khas Batang Jawa Tengah

Google Review/AJ Kitchen

Terletak di pesisir Pantai Utara Pulau Jawa, hasil perikanan Batang cukup melimpah. Nah, salah satu olahan ikan yang cocok buat oleh-oleh adalah abon ikan pindang.

Oleh-oleh khas Batang Jawa Tengah ini terbuat dari ikan layang dan rempah pilihan. Ada beberapa varian abon ikan yang tersedia seperti original, daun jeruk, kecombrang, pedas, dan pete. Abon ini dikemas dalam plastic vacum sehingga tahan sampai 20 hari di temperatur ruang.

Abon ini bisa kamu peroleh di sentra oleh-oleh atau langsung di rumah produksinya yaitu AJ Kitchen.

Lokasi: Griya Berlian Permai Blok D.7, Kauman
Harga: Rp36.000

6. Kerupuk Gendar

toko oleh-oleh khas Batang

Google Review/Danang Widodo

Salah satu kecamatan di Batang, Limpung, terkenal sebagai sentra produksi kerupuk gendar. Kerupuk ini terbuat dari nasi dan bumbu sehingga rasanya gurih. Kerupuk ini cocok buat pendamping nasi atau camilan.

Biasanya, kerupuk gendar ini dijual dalam kondisi mentah. Tenang aja karena proses gorengnya mudah kok. Masukkan aja ke minyak panas, kemudian kerupuk gendar ini akan mengembang hingga dua kali lipat.

Pastikan menyimpan kerupuk yang telah digoreng di wadah tertutup rapat ya agar tidak mudah melempem. Kerupuk gendar mentah ini tersedia di toko oleh-oleh khas Batang MK Leny.

Lokasi: Limpung, Kec. Limpung
Harga: Rp23.000

7. Emping Melinjo

oleh-oleh khas Batang

Instagram/MK.Lenny

Kecamatan Limbung di Batang juga merupakan penghasil melinjo berkualitas. Jadi, kalau main atau sekadar lewat daerah ini jangan lupa memborong emping melinjo.

Emping khas Limbung terbuat dari biji melinjo asli tanpa bahan pengawet. Nah kalau kamu gak mau ribet menggoreng emping sendiri, mending beli aja emping yang sudah digoreng. Selain emping original, ada juga varian emping pedas.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Baik emping mentah maupun goreng bisa kamu peroleh di berbagai sentra oleh-oleh khas Batang seperti di Toko Lenny Emping.

Lokasi: Jln. Alternatif Subah, Limpung, Kec. Limpung
Harga: Rp70.000

8. Teh

minuman khas Batang

aneka varian teh Dandang

Salah satu daya tarik wisata Batang adalah kebun tehnya. Nah, kalau berwisata ke kebun teh, jangan lupa memborong minuman khas Batang ini.

Ada banyak brand asli Batang yang menawarkan teh yang harum dan nikmat. Salah satunya adalah Teh Dandang. Teh ini punya banyak varian seperti teh hitam, teh putih, teh Melati, vanilla, hingga teh oolong.

Gak sulit kok cari produk ini karena bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai swalayan atau pusat oleh-oleh khas Batang seperti di Toko Gama.

Lokasi: gang Puter, Proyonanggan Tengah, Kec. Batang
Harga: Rp5.000

9. Kerupuk Mie Oleh-Oleh Khas Batang

oleh-oleh khas Batang

Instagram/Dapur_nn

Oleh-oleh khas Kota Batang lain yang gak boleh kamu skip adalah kerupuk mie. Tampilan kerupuk ini memang mirip mie yang berwarna kuning.

Biasanya, kerupuk mie dijual dalam kondisi mentah. Jadi, kamu harus menggorengnya sendiri di rumah. Rasa kerupuk ini sangat gurih sehingga bisa kamu jadikan camilan atau pelengkap makanan berat seperti nasi atau bubur.

Kerupuk ini bisa kamu dapatkan di sentra oleh-oleh atau langsung mengunjungi rumah produksinya di Desa Kasepuhan.

Lokasi: Jln. Yos Sudarso Gang Durian No. 62, Kasepuhan, Kec. Batang
Harga: Rp20.000

Ternyata banyak sekali ya pilihan oleh-oleh khas Batang. Kamu bisa pilih salah satu atau bahkan memborong semua jajanan di atas buat oleh-oleh keluarga atau sahabat. Tapi, jangan lupa pertimbangkan ketahanannya ya karena beberapa jajanan di atas ada yang mudah basi.

Nah, biar lebih gampang cari rekomendasi oleh-oleh saat liburan di Batang atau daerah lainnya, kamu bisa gunakan aplikasi Horego. Segera dapatkan aplikasinya di Google Play Store dan App Store.