9 Oleh-Oleh Khas Blitar Yang Terkenal Lengkap dengan Harganya

February 26, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Blitar

Daftar Isi

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Blitar untuk ziarah di makam Bung Karno. Tapi, selain makam Sang Proklamator, kota kecil ini ternyata punya banyak objek wisata alam yang indah lho. Nah, setelah puas menjelajahi kota ini, sempatkan juga untuk berburu oleh-oleh khas Blitar.

Ada beragam jajanan khas Blitar yang murah bisa kamu bawa pulang. Biar gak bingung pas belanja, cek dulu rekomendasi oleh-oleh khas Blitar dan harganya yang telah Horego rangkum berikut ini.

1. Wajik Kletik

oleh-oleh khas Blitar wajik kletik

Google Review/Ayu Lestari

Oleh-oleh khas Blitar wajik kletik ini memang terkesan jadul. Tapi rasanya legit dan nikmat apalagi buat camilan saat ngopi di pagi atau sore hari.

Wajik Kletik asli Blitar ini terbuat dari ketan pilihan dan gula jawa. Berbeda dengan kue wajik pada umumnya, wajik kletik ini teksturnya kering sehingga bisa awet hingga 2 minggu.

Uniknya, wajik khas Blitar ini dikemas dengan menggunakan kulit jagung sehingga memiliki aromanya khas. Tertarik untuk memborong jajan tradisional ini? Kamu bisa membelinya di Toko O-odabli.

Lokasi: Jln. Dr. Ismail No.3 Sananwetan, Kec. Sananwetan
Harga: Rp10.000

2. Geti

oleh-oleh khas Blitar yang murah

Instagram/Agustiwandoyo

Kalau nyari oleh-oleh khas Blitar yang murah, Geti adalah pilihan yang tepat. Jajanan ini mirip kayak enting-enting karena terbuat dari kacang, gula, dan juga wijen.

Manis gula dan gurihnya wijen merupakan perpaduan yang sempurna. Selain itu, Geti juga gampang banget ditemukan karena tersedia di beragam sentra oleh-oleh khas Blitar. Salah satunya adalah Toko oleh-oleh khas Blitar,  Nasionalism.

Lokasi: Jl. Tanjung No.54, Sanan Kulon, Pakunden, Kec. Sukorejo
Harga: Rp15.000

3. Opak Gambir

oleh-oleh khas Blitar Jatim

Google Review/O-odabli

Makanan ringan ini kalau di daerah lain biasa disebut kue semprong. Bentuk opak gambir ini bermacam-macam. Ada yang berbentuk pipa, bunga, dan juga ada yang seperti lipatan.

Oleh-oleh khas Blitar Jatim ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Selain rasa original, beberapa produsen juga menawarkan opak gambir dengan rasa jahe dan wijen lho.

Kalau mau memborong opak gambir ini kamu harus hati-hati saat membawanya selama di perjalanan karena teksturnya rapuh dan mudah hancur. Kamu bisa membeli jajanan ini di Toko Oleh-Oleh Amanah.

Lokasi: Jl. Veteran No.201, Plosokerep, Kec. Sananwetan
Harga: Rp20.000

4. Olahan Belimbing

oleh-oleh khas Blitar

Instagram/Dodolbelimbing_15

Desa Karangsari Blitar terkenal dengan produksi belimbingnya. Selain dijual dalam kondisi segar, warga lokal juga mengolah buah ini menjadi beragam makanan dan minuman lho.

Misalnya, buah belimbing tersebut diolah jadi dodol, manisan, keripik, dan juga sirup. Berbagai olahan ini tentunya lebih tahan lama dan praktis dibawa sebagai buah tangan. Kalau pengen nyobain berbagai olahan buah belimbing ini, langsung datang aja ke Desa Karangsari.

Lokasi: Desa Karangsari, Kec. Sukorejo
Harga: mulai Rp10.000

5. Lapis Kukus Balitar

oleh-oleh makanan khas Blitar

Instagram/lapis.blitar

Buat yang nyari oleh-oleh makanan khas Blitar yang kekinian, lapis kukus ini wajib masuk daftar belanjaan. Kue ini adalah sejenis bolu dengan aneka rasa dan topping yang menggugah selera.

Varian lapis kukus yang tersedia di antaranya adalah red velvet, nanas, pandan, chocopandan, chocotalas, brownies cokelat, dan juga brownies keju. Kue ini sangat lembut dan gak bikin seret. Sayangnya, kue lapis kukus ini cuma bisa tahan sekitar 3 hari dalam suhu ruang.

Kue ini bisa kamu peroleh di beberapa outlet Lapis Kukus Balitar yang tersebar di penjuru kota.

Lokasi: Jln. Veteran No.172, Plosokerep, Kec. Sananwetan
Harga: Rp30.000

6. Peyek Uceng

oleh-oleh khas Blitar Jatim

Google Review/Gmas Darwis

Peyek memang identik dengan sejenis kerupuk dengan topping ebi atau kacang tanah. Tapi, di Blitar kamu bisa menemukan peyek unik karena terbuat dari uceng. Uceng merupakan ikan air tawar yang berukuran kecil-kecil mirip teri.

Proses pembuatan peyek ini adalah dengan membaluri uceng dengan tepung bumbu dan menggorengnya sampai kering. Rasa peyek ini tentu saja sangat gurih dengan tekstur yang crispy.

Pastikan untuk menyimpan peyek ini dalam toples yang tertutup rapat biar tetap renyah dan gak gampang melempem. Oleh-oleh khas Blitar Jawa Timur ini bisa kamu peroleh di Depot Anda Uceng.

Lokasi: Jln. Raya Slorok, Kec. Garum
Harga: Rp23.000

7. Sambal Pecel

oleh-oleh khas Blitar yang terkenal

Google Review/O-odabli

Sambal yang terbuat dari kacang tanah ini memang merupakan kuliner khas Jawa Timur. Meskipun begitu, setiap kota di Jatim punya ciri khas sambal pecel sendiri-sendiri. Begitu juga sambal pecel Blitar.

Sambal pecel asli Blitar lebih dominan rasa pedasnya. Selain itu, tekstur kacangnya halus dan aroma daun jeruk purutnya cukup kuat. Tapi kalau kamu gak suka pedas gak perlu khawatir karena sambal pecel ini tersedia dalam beberapa level kepedasan.

Sambal ini biasanya dikemas dalam mika dalam bentuk padat. Jadi, kalau mau mengonsumsinya, kamu hanya perlu menambahkan air dan mengaduknya hingga mengental. Oleh-oleh khas Blitar yang terkenal ini tersedia di berbagai sentra oleh-oleh termasuk Toko Amanah.

Lokasi: Jln. Veteran No.201, Plosokerep, Kec. Sananwetan
Harga: Rp15.000

8. Cokelat – Oleh-Oleh Khas Blitar

oleh-oleh khas Blitar

Shopee/Kampung Coklat

Di Blitar ada sebuah destinasi wisata bernama Kampung Cokelat. Di sini, kamu bisa melihat proses pengolahan biji cocoa hingga jadi cokelat siap konsumsi.

Selain mendapatkan edukasi, di tempat ini kamu juga bisa memborong aneka produknya seperti Milk Chocolate, Crispy Chocolate, dan Dark Chocolate. Selain itu, ada juga produk cokelat bubuk yang bisa kamu seduh jadi minuman yang nikmat dan menyehatkan.

Lokasi: Jln. Banteng Blorok No.18, Plosorejo, Kec. Kademangan
Harga: Rp25.000

9. Sagon Kelapa

makanan khas Blitar

Instagram/axsl_vandy

Makanan khas Blitar ini masih mempertahankan cita rasa tradisionalnya. Camilan ini terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa, dan gula. Gak heran kalau rasanya gurih banget.

Teksturnya emang agak keras karena pembuatannya melalui proses oven hingga kering. Proses inilah yang membuat kue sagon ini bisa tahan sampai 3 bulan. Sagon ini cocok banget buat teman minum teh di sore hari.

Nyari kue sagon di Blitar juga gampang banget karena tersedia di seluruh sentra oleh-oleh seperti di Toko O-odabli.

Lokasi: Jl. Dr. Ismail No.3, Sananwetan, Kec. Sananwetan
Harga: Rp25.000

Ternyata banyak sekali kan pilihan produk oleh-oleh khas Blitar. Mau camilan yang gurih, kue yang manis hingga minuman segar pun ada semua. Jadi, mana nih yang bakal kamu borong buat buah tangan untuk keluarga di rumah?

Nah biar lebih gampang cari rekomendasi oleh-oleh saat di Blitar atau kota lainnya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Horego. Buruan download aplikasinya di Google Play Store dan App Store sekarang juga.