9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jepang Lokasi Toko & Harganya

March 2, 2024

Share to:

Oleh-oleh khas Jepang

Daftar Isi

Siapa yang suka banget sama Jepang sampe pengen bawa pulang segala macam oleh-oleh khas Jepang? Gak bisa dipungkiri, Jepang itu punya pesona yang bikin hati kita terpikat, mulai dari budaya, makanan, sampe produk uniknya.

Nah, kali ini kita bakal ngobrolin serba-serbi oleh-oleh khas Jepang yang bikin pengen balik lagi ke sana atau minimal bawa Jepang ke rumah! Jadi, siap-siap buat ngiler dan pengen belanja online setelah baca baca rekomendasi dari Horego ini ya!

1. Kitkat Japan Edition

Oleh-oleh khas Jepang

Google Review/Luis Rodríguez

Kita mulai rekomendasi oleh-oleh khas Jepang yang gak ada di Indonesia kali ini dengan jajanan yang sebenarnya sudah umum ada di market Indonesia. Hanya saja, Jepang punya varian KitKat yang unik dan bahkan gak tersedia di Indonesia.

Mulai dari KitKat Sakura Matcha, KitKat Kobe Pudding, hingga KitKat Wasabi dan KitKat Sake. Jika beruntung kamu bahkan bisa dapat varian yang lebih Limited Edition lagi di waktu-waktu tertentu.

Oh iya, di Jepang, kamu juga bisa langsung mengunjungi KitKat Chocolatory atau store khusus KitKat di Jepang. Tepatnya ada di kota Tokyo dan Osaka

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Jepang, 〒171-0022 Tokyo, Toshima City, Minami Ikebukuro, 1 Chomppe−28−1 西武池袋本店食品館B1F
Harga: 192 – 480 Yen atau Rp20.000 – Rp50.000 per pcs

2. Ichiran Ramen Instan

oleh-oleh khas jepang yang wajib dibeli

Google Review/kenichi r

Saat mendengar kata “Ramen”, pasti orang akan memikirkan semangkuk olahan mie panas khas Jepang, dan pasti mereka juga ingin mencoba varian aslinya. Tenang, untuk mewujudkannya, kita bisa membawakan Ichran Ramen Instan, kok sebagai oleh-oleh khas jepang yang wajib dibeli.

Ichiran Ramen Instan merupakan sajian ramen khas Fukuoka dengan ciri khas penggunaan sup kaldu tulang babi dan berbagai rempah khas Jepang. Sehingga membuatnya kurang cocok untuk teman-teman muslim.

Untuk mendapatkannya sebenarnya cukup mudah karena kita dapat menemukannya di berbagai kota di Jepang. Misalnya seperti di Kyushu yang memiliki total 19 outlet. Kamu bisa membelinya dalam satu kemasan yang berisi tiga atau lima bungkus mie Ramen instan.

Lokasi: 1 Chome-2-1 Kotabaru, Nishi Ward, Fukuoka, 819-0379, Jepang
Harga: 384 Yen atau Rp40.000 (harga bervariasi)

3. Mochi

Oleh-oleh Ciri Khas Jepang

Google Review/reymond Tay

Mochi, salah satu oleh-oleh khas Jepang yang menjadi pilihan oleh-oleh saat berlibur ke negara Sakura. Tentunya Mochi asli Jepang memiliki cita rasa yang berbeda, termasuk dari segi varian rasanya.

Mulai dari rasa klasik (plain) dengan selai kacang merah dan pasta kacang hijau, Ichigo atau strawberry, hingga rasa matcha sekalipun. Bahkan, kita bisa menemukan Mochi dengan aroma Bunga Sakura atau Cherry Blossom, lho.

Mochi sendiri memiliki masa simpan yang relatif lama, mulai dari harian sampai mingguan, tergantung cara simpannya. Mulai dari suhu ruang, paparan sinar matahari, hingga kelembaban.

Meski demikian, memang sebaiknya kita sesegera mungkin untuk mengkonsumsi mochi relatif singkat Tentu saja untuk menikmati rasa dan tekstur terbaik.

Lokasi: 29 Hashimoto Cho, Nara, 630-8217, Jepang
Harga: 480 – 960 Yen atau Rp50.000- Rp100.000 (harga bervariasi)

4. Tokyo Arare

Oleh-oleh khas Jepang murah

Google Review/halalmedia.jp

Tokyo Arare merupakan olahan tradisional Jepang yang unik, dengan penggunaan kecap asin dan tepung ketan. Ini membuatnya memiliki cita rasa gurih, dan asin, serta tekstur yang kenyal.

Oleh-oleh khas Jepang murah ini terdiri dari empat varian rasa yang bisa kita pilih. Mulai dari Seaweed, Matcha, Wasabi, dan Red Pepper. Penasaran? kita bisa menemukannya di kota-kota besar di Jepang, salah satunya di Tokyo.

Lokasi: Senzoku & Nakamise Street
Harga: 624 Yen atau Rp65.000

5. Momiji Manju

Oleh-oleh khas Jepang 

Google Review/謝小魚

Suka kue yang bertekstur lembut dan cocok untuk minum teh? Kue Momiji Manju bisa jadi salah satu pilihannya. Makanan tradisional Jepang yang berbentuk daun maple ini terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, dan beberapa bahan pendukung lainnya termasuk isiannya.

Momiji Manju bisa kita temukan di berbagai toko kue tradisional daerah Miyajima. Di sini, kita bisa menemukan kue Momiji Manju dengan berbagai varian rasa isian. Mulai dari coklat, custard, hingga kacang hijau.

Lokasi: 512-1 Miyajimacho, Hatsukaichi, Hiroshima 739-0588, Jepang
Harga: 528 – 1056 Yen atau Rp55.000 – Rp110.000

6. Matcha – Oleh-Oleh Khas Jepang Terpopuler

oleh-oleh khas dari Jepang

Google Review/the Matcha Tokyo

Dari poin rekomendasi pertama, kita sudah banyak membahas tentang olahan dengan topping atau isian Matcha. Nah, rekomendasi oleh-oleh khas dari Jepang berikutnya adalah Matcha, serbuk daun teh hijau yang seolah jadi branding utama Jepang.

Fun fact-nya, Matcha yang selama ini kita kenal berasa manis ternyata bukanlah matcha yang sesungguhnya. Karena matcha yang asli memiliki rasa pahit. Tapi, Matcha ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meningkatkan metabolisme tubuh, sampai menjadi skincare alami untuk kesehatan kulit wajah.

Proses pembuatannya adalah dengan menggiling daun teh sampai berbentuk seperti bubuk. Selain rasanya yang unik, aromanya juga khas dengan warna hijau segar.

Lokasi: 5 Chome-11-13 Jingumae, Shibuya City, Tokyo 150-0001, Jepang
Harga: 240 – 1200 Yen atau Rp25.000-Rp125.000

7. Kibidango

Oleh-oleh khas Jepang 

Google Review/halalmedia.jp

Di Asakusa, salah satu cemilan yang bisa kita jadikan oleh-oleh adalah Kibidango, kue dengan warna pastel dan bentuk yang menarik dan lucu.

Tersedia berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih, Mulai dari rasa original (plain), peach putih, kinano, dan matcha. Bahannya sendiri terbuat dari campuran tepung beras ketan, madu, dan gula merah.

Cemilan ini sendiri cukup populer di Jepang dan of course untuk para turis asing, karena rasanya yang manis, serta teksturnya yang kenyal namun tetap lembut.

Lokasi: Tottori Okayama Shimbashikan
Harga: 384 Yen atau Rp40.000

8. Sake

Oleh-Oleh Khas Jepang

Google Review/kanda sake

Di Jepang, kita tak hanya menemukan berbagai kue tradisional yang memiliki ciri dan cita rasa unik, tapi juga menemukan minuman beralkohol lokal, yaitu sake. Sake sendiri terbuat dari fermentasi beras,

Sake sendiri biasanya akan tersaji sebagai pendamping makanan tradisional jepang, dan kita bisa menjadikannya sebagai buah tangan saat traveling ke Jepang.

Gak semua sake memiliki rasa alkohol yang kuat, karena kita juga bisa memilih kadar alkohol di dalamnya.

Lokasi: 1F Bold Kanda building, 5 Kanda Konyacho, Chiyoda City, Tokyo 101-0035, Jepang
Harga: 4802 – 13445 Yen atau Rp500.000 – Rp1.400.000

9. Samurai Ramen Umami

oleh-oleh khas jepang halal

Google Review/samurairamenumami.stores.jp

Ini bisa jadi pilihan oleh-oleh khas jepang halal yang cocok buat kamu yang anti MSG. Dan sesuai namanya, ramen instan khas Jepang ini memiliki cita rasa Umami, sebutan untuk rasa “nikmat”, atau “savoriness” dari kuliner Jepang.

Tekstur mie nya sendiri kenyal dan lembut, serta perpaduan variasi bahan tambahan membuat rasanya semakin mengingatkan pada rasa kuliner Jepang.

Lokasi: 1 Chome-5-30 Kiba, Koto City, Tokyo 135-0042, Jepang
Harga: 960 Yen atau Rp100.000

Dari 9 rekomendasi oleh-oleh khas Jepang yang sudah kita bahas, kira-kira mana nih yang paling kamu incar? Mungkin kamu punya pertimbangan tersendiri kenapa pilih oleh-oleh itu. Bisa karena harganya lebih ekonomis atau daya simpan yang lebih lama.

Kamu cari rekomendasi oleh-oleh lainnya? Download Horego dan temukan rekomendasi oleh-oleh khas Jepang terbaik. Install aplikasinya di Google Play Store dan App Store sekarang!