9 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Murah dan Populer

March 1, 2024

Share to:

Oleh-Oleh Khas Jepara

Daftar Isi

Kalau udah jalan-jalan ke Jepara, pasti ada satu hal yang bikin kamu gak bisa pulang dengan tangan hampa. Sebab, oleh-oleh khas Jepara banyak yang super enak!

Nah, buat kamu yang lagi planning buat mampir ke kota mebel ini, jangan lupa catet oleh-oleh khas Jepara yang wajib kamu bawa pulang ini, ya!

1. Carang Madu

oleh-oleh khas Jawa Tengah

Google Review/Andy Andy

Carang Madu yaitu oleh-oleh khas Jepara Jawa Tengah yang sangat populer di kalangan wisatawan. Terbuat dari bahan dasar madu murni dan juga rempah-rempah pilihan, carang madu memiliki rasa manis yang lezat dengan sedikit aroma rempah yang khas.

Teksturnya yang kenyal dan juga legit membuatnya menjadi camilan favorit banyak orang. Jika penasaran bagaimana rasa camilan ini, maka kamu bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh khas Jepara.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Jepara, Bapangan, Jepara
Harga: Rp10.000-Rp20.000 per bungkus

2. Kerupuk Tengiri

Oleh-Oleh Khas Jepara 

Google Review/Muhammad Syafi’i

Kerupuk Tengiri juga jadi salah satu oleh-oleh khas Jepara yang patut kamu coba. Terbuat dari ikan tenggiri yang diproses dengan cara diasinkan, dipotong tipis-tipis, dan kemudian digoreng hingga crispy, kerupuk tengiri memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Kaya akan protein dan juga cita rasa laut, kerupuk ini sangat cocok sebagai camilan atau pelengkap saat makan. Pastikan untuk mencicipi dan juga membawa pulang kerupuk tengiri khas Jepara ini saat berkunjung ke Jawa Tengah, ya! Salah satu yang enak dan terkenal yaitu kerupuk tengiri jeha yang bisa kamu beli di pusat oleh-oleh khas Jepara.

Lokasi: Jalan K.H Moliki, Pengkol VII, Pengkol
Harga: Rp10.000-Rp30.000 per bungkus

3. Kopi Bubuk

Oleh-Oleh Khas Jepara 

Google Review/ahfaaz ali Kopi Hitam

Kopi Khas Jepara ini memiliki cita rasa yang khas dan juga unik dengan aroma yang menggoda. Ditanam di daerah Jepara yang memiliki iklim dan tanah yang cocok untuk pertumbuhan kopi, kopi khas Jepara seringkali memiliki karakteristik rasa yang berbeda dari kopi-kopi lainnya.

Biasanya, kopi khas Jepara juga tersedia di pusat oleh-oleh khas Jepara. Di sana, kamu bahkan bisa memilih antara biji kopi mentah atau sudah dipanggang sesuai selera. Harga antara biji kopi mentah dan yang sudah dipanggang tentu saja berbeda.

Lokasi: Jalan K.H Moliki, Pengkol VII, Pengkol, Jepara
Harga: Biji kopi mentah Rp50.000-Rp100.000 per 250 gram, kopi sudah dipanggang Rp20.000-Rp50.000 per 100 gram

4. Kacang Oven Jepara

Oleh-Oleh Khas Jepara 

Google Review/Fadjar Rianto

Kacang oven merupakan salah satu oleh-oleh khas Jepara yang tak kalah menarik. Kacang-kacangan yang diolah dengan cara dipanggang kering ini memberikan sensasi rasa yang gurih dan renyah.

Biasanya, kacang oven tersaji dalam berbagai varian rasa seperti original, pedas, atau manis. Harga oleh-oleh khas Jepara ini cukup terjangkau, mulai dari Rp10.000 saja. Saat kamu di Jepara jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh ini di pusat oleh-oleh khas kacang Jepara.

Lokasi: Bapangan RW 5, Jepara
Harga: Rp30.000-Rp45.000

5. Bir Pletok Jepara

Oleh-Oleh Khas Jepara 

Google Review/krist bowo

Walaupun namanya bir, ini bukan alkohol, ya. Bir Pletok merupakan minuman tradisional yang sangat populer di Jepara. Minuman ini terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, serai, kayu manis, dan gula merah yang diseduh bersama air panas.

Rasanya yang hangat dan aromanya yang harum membuat bir pletok menjadi minuman favorit di daerah Jepara, terutama saat musim hujan atau cuaca dingin. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli bir pletok khas Jepara ini di pusat oleh-oleh Jepara dan rasakan keunikan rasanya.

Lokasi: Bapangan RW 5, Jepara
Harga: Rp10.000-Rp20.000 per botol

6. Kawista Syrup – Oleh-Oleh Khas Jepara Terpopuler

Oleh-Oleh Khas Jepara 

Google Review/krist bowo

Kawista syrup merupakan minuman sirup tradisional yang terbuat dari buah kawista, atau dikenal juga sebagai jeruk bali. Sirup ini memiliki rasa manis segar dengan aroma yang khas dari buah kawista.

Kawista syrup bisa kamu nikmati dengan cara mencampurkan dengan air dingin atau soda, serta bisa juga kamu gunakan sebagai tambahan pada minuman lain seperti es campur atau es buah. Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa dapatkan minuman ini di pusat oleh-oleh Jepara.

Lokasi: Bapangan RW 5, Jepara
Harga: Rp15.000-Rp30.000 per botol

7. Sambal Samtis

Toko Oleh-Oleh Khas Jepara 

Google Review/emir syarif

Sambal Samtis adalah sambal khas dari Jepara yang terbuat dari campuran cabai, terasi, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan. Ini sambel punya cita rasa pedas yang bikin lidah bergoyang. Cocok sebagai pelengkap untuk makanan seperti ikan bakar, ayam goreng, atau nasi goreng.

Menariknya lagi, sambel ini punya rasa cumi dan udang yang bikin nagih abis. Rasanya yang pedas dan lezat pasti akan menambah kenikmatan saat menikmati hidangan khas Jawa Tengah. Kalau mau bawa pulang, kamu bisa dapetin di toko Samtis Bang Emir.

Lokasi: Jalan Kedung-Jepara RT 03 RW 03, Kedung Malang, Kedung
Harga: Rp10.000-Rp40.000

8. Kerupuk Udang

Oleh-Oleh Khas Jepara 

Google Review/Muhammad Syafi’i

Kerupuk udang ini nih yang bikin ngiler banget. Teksturnya renyah dan kriuk-kriuk pas kamu makan, sehingga bikin cemilan atau pelengkap makan jadi makin maknyus. Harganya juga gak bikin kantong bolong, mulai dari Rp20.000 per bungkusnya, tergantung ukurannya.

Jadi, pastikan kamu bawa pulang juga Kerupuk Udang Khas Jepara ini biar dapur di rumah makin semarak sama camilan yang super enak. Kamu bisa beli kerupuk udang ini di Pusat Oleh-Oleh Jeha atau di toko oleh-oleh lainnya.

Lokasi: Jalan K.H Moliki, Pengkol VII, Pengkol, Jepara
Harga: Rp20.000-Rp40.000

9. Tempong

Oleh-Oleh Khas Jepara 

Google Review/Dapur rasa tempong Khas Jepara

Pernah denger Blenyik atau Tempong? Itu adalah makanan dari teri mentah yang menjadi camilan. Bisa dibilang juga ini kayak rempeyek teri, cuma bentuknya bulat dan ada tepungnya.

Tapi, sebelum digoreng, tempong harus dijemur dulu sampai kering. Abis digoreng, rasanya akan gurih banget dan kriuk-kriuk, pas banget buat nyandingin sama nasi. Kalo mau bawa pulang, kamu bisa beli tempong setengah mateng di Dapur Rasa Tempong Khas Jepara atau toko oleh-oleh.

Lokasi: Pecangaan Wetan RT 02 RW 04, Kec. Pecangaan
Harga: Sekitar Rp25.000

Itulah 10 oleh-oleh khas Jepara yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Setiap oleh-oleh tentunya memiliki cita rasa yang unik, mencerminkan kekayaan budaya dan juga kuliner Jepara yang patut kamu jaga dan lestarikan.

Kalau kamu mau lebih mudah mencari oleh-oleh khas Jepara, kamu bisa langsung aja cek di aplikasi Horego dengan mengunduhnya di Google Play Store dan App Store. Lokasi dan harga setiap rekomendasi oleh-olehnya sudah tercantum jadi kamu gak perlu bingung lagi untuk membelinya.