10 Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur dari Amplang Hingga Batik

March 7, 2024

Share to:

Oleh-oleh khas Kalimantan Timur

Daftar Isi

Siapa nih yang baru aja berlibur ke Kalimantan Timur? Pasti seru banget ya menjelajahi provinsi yang kaya akan sumber daya alam dan budaya ini. Tapi, jangan lupa nih buat membawa pulang oleh-oleh khas Kalimantan Timur untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Tenang aja, gak perlu bingung. Horego udah siapin daftar 10 oleh-oleh khas Kalimantan Timur wajib yang gak boleh kamu lewatkan!

Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan Timur

Jangan lewatkan untuk mencicipi beberapa oleh-oleh khas Kalimantan Timur berikut ini:

1. Amplang

Amplang

Google Review/Dandik Suprapto

Siapa yang gak kenal Amplang? Kerupuk berbahan dasar ikan ini merupakan cemilan ikonik dari Kalimantan Timur. Rasanya yang gurih dan renyah.

Amplang tersedia dalam berbagai rasa, seperti original, ikan tenggiri, udang, dan kepiting. Cocok banget dinikmati bersama nasi hangat, sambal, atau sebagai camilan santai.

Di Samarinda, Amplang dijuluki “Amplang Kuku Macan” karena bentuknya yang pipih dan lebar, mirip kuku macan.

Lokasi: Toko Amplang Sibayak, Jln. Jenderal Sudirman, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan
Harga: Rp25.000 per kemasan

2. Abon Kepiting 

Abon Kepiting

Google Review/Dendik Suprapto

Pernah cicipi abon kepiting? Berbeda dari abon sapi atau ayam yang biasa kita temui, oleh-oleh khas Kalimantan Timur ini terbuat dari daging kepiting segar. Rasanya? Dijamin gurih dan lezat.

Gak cuma kepiting, beberapa produsen di Kalimantan Timur juga membuat abon dari ikan laut seperti ikan gabus. Pilihan yang menarik bagi kamu yang ingin mencoba sensasi rasa berbeda.

Oleh-oleh khas Kalimantan Timur ini cocok dinikmati dengan nasi putih, bubur, atau dijadikan topping roti. Bisa juga lho dijadikan lauk untuk bekal perjalanan.

Lokasi: Toko Amplang Sibayak, Jln. Jenderal Sudirman, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan
Harga: Rp30.000 per kemasan

3. Gula Gait

Gula Gait

Instagram/gallery.pama

Gula Gait terbuat dari gula aren dan gula putih yang diolah menjadi karamel dengan tekstur unik mirip kayu. Proses pembuatannya cukup rumit, membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk mendapatkan tekstur dan warna yang sempurna.

Bentuknya yang pipih seperti batang kayu dan rasanya yang manis legit menjadikan Gula Gait oleh-oleh khas Kalimantan Timur yang unik dan berkesan.

Lokasi: Pusat oleh-oleh khas Kalimantan Timur, Najwa, Jln. P Antasari, Tlk. Lerong Ulu, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda
Harga: Rp10.000 per bungkus

4. Kue Keminting

Kue Keminting

Google Review/Indra

Namanya memang unik, dalam bahasa daerah Keminting berarti kemiri, tapi bukan berarti kuenya terbuat dari kemiri lho. Bentuknya yang mirip biji kemiri lah yang menjadi asal usul namanya.

Terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, gula jawa, sagu, santan, dan gula pasir, Keminting menawarkan rasa manis yang legit dan tekstur renyah yang bikin nagih. Proses pembuatannya pun tradisional, dipanggang di oven hingga menghasilkan warna kecoklatan yang cantik.

Meskipun bukan makanan kekinian, Keminting tetap menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Timur.

Lokasi: Rindana Keminting, Jln. Jelawat Gg. 9, Rt. 04 No. 05, Sidomulyo, Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda
Harga: Rp20.000 per bungkus

5. Roti Durian Panglima

Roti Durian Panglima

Google Review/Siswanda Sumarto

Kangen makan durian tapi belum musimnya? Coba Roti Durian Panglima!

Roti ini legit banget, dengan tekstur lembut dan rasa durian. Roti Durian Panglima terbuat dari tepung terigu soft wheat dan diolah dengan sepenuh hati oleh warga Samarinda. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp25.000 saja.

Tersedia dua varian rasa: original durian dan durian dengan topping keju. Kamu bisa menemukan Roti Durian Panglima di toko cabang dan gerai pusat di Samarinda dan Balikpapan.

Lokasi: Gerai Panglima, Jl. Ir. H. Juanda No.55a, Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda
Harga: Rp25.000 per kotak

Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur Selain Makanan

Pengen beli souvenir atau kenang-kenangan sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Timur? Berikut ini beberapa opsi yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak

Souvenir dan aksesoris suku dayak

Google Review/Berkah W

Berkunjung ke Kalimantan Timur gak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Kalimantan Timur berupa souvenir dan aksesoris khas Suku Dayak. Keunikan budaya Suku Dayak terpancar dari berbagai macam gelang, kalung, anting, tas, hingga baju adat yang penuh nilai seni tinggi.

Pasar Inpres Kebun Sayur adalah surga bagi para pecinta souvenir dan aksesoris Suku Dayak. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai macam perhiasan dengan motif khas Dayak yang indah dan menawan. Harganya pun beragam, mulai dari yang terjangkau hingga yang cukup mahal.

Lokasi: Pasar Inpres Kebunsayur, Jl. Letjen Suprapto, Marga Sari, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan
Harga: Mulai dari Rp5.000

2. Kain Songket Balikpapan

Kain songket Balikpapan

Canva/ravindran

Siapa yang gak kenal kain songket? Kain cantik dengan corak warna dan motif keren ini selalu menjadi primadona, termasuk kain songket oleh-oleh khas Balikpapan.

Kain songket bukan sekadar kain biasa. Di balik keindahannya, terkandung nilai seni dan budaya yang tinggi. Kesan elegan yang terpancar dari kain ini membuatnya cocok dijadikan oleh-oleh khas Kalimantan Timur untuk orang tersayang.

Harga kain songket memang terbilang mahal. Namun, kualitas dan keindahannya sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Lokasi: Omahkoe Batik Balikpapan, Balikpapan Baru Ruko Sentra Eropa Blok AB 03 No 36, Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan
Harga: Mulai dari Rp200.000 per kain

Horego Aplikasi Cari Makanan

3. Sarung Samarinda

Sarung Samarinda

Google Review/Ilyas Beta

Dibuat dengan teknik tradisional dan sutera khusus dari Tiongkok, sarung ini memiliki tekstur kasar namun tetap nyaman dipakai.

Ciri khas sarung Samarinda terletak pada panjangnya yang 2 meter, lebar 80 cm, dan motifnya yang khas. Harganya pun beragam, mulai dari Rp150.000 hingga jutaan rupiah untuk kualitas terbaik.

Ingin mendapatkan sarung Samarinda asli? Kunjungi langsung pengrajin atau kios di Kota Samarinda, salah satunya di Gang Pertenunan, Jalan Panglima Bandahara.

Lokasi: Sarung Tenun Asli Samarinda, Jln P. Bendahara Gang karya Muharram RT01 KELURAHAN, TENUN, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda
Harga: Mulai dari Rp100.000 per pcs

4. Batu Mulia

Batu Mulia

Google Review/Putro Bintang

Wajib mampir ke Balikpapan, kota di Kalimantan Timur yang terkenal sebagai surga batu mulia. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis batu mulia, baik batu alami maupun batu amsak (buatan).

Pasar Inpres adalah tempat yang paling populer untuk membeli batu mulia di Balikpapan. Harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan tempat lain.

Lokasi: Pasar Inpres Kebunsayur, Jl. Letjen Suprapto, Marga Sari, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan
Harga: Rp500.000 per buah

5. Batik Kalimantan Timur

Batik Kalimantan Timur

Google Review/Erwinsyah

Selain sarung dan batu mulia, Kalimantan Timur punya oleh-oleh unik yang wajib kamu bawa pulang, yaitu batik Kaltim! Batik Kaltim punya ciri khas yang gampang dikenali.

Pertama, warnanya yang mencolok dan motifnya yang rata di seluruh kain. Kedua, nuansa etnis Dayak yang kental pada motifnya, seperti tameng, rumah, dan perahu.

Lokasi: Aneka Batik Kalimantan, Jl. Kadrie Oening No.62, Air Hitam, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda
Harga: Mulai dari Rp100.000 per pcs

Nah, itulah 10 oleh-oleh khas Kalimantan Timur yang wajib kamu bawa pulang.

Sebelum belanja oleh-oleh, cari rekomendasi kuliner khas Kalimantan Timur di Aplikasi Horego, yuk!

Download Aplikasi Horego di Play Store dan App Store sekarang juga supaya gak ketinggalan beragam hidangan lezat selama liburan kamu.