9 Pilihan Oleh-Oleh Khas Kalimantan dan Harganya

March 6, 2024

Share to:

oleh-oleh Khas Kalimantan

Daftar Isi

Kekayaan budaya Kalimantan gak hanya terlihat dari lagu, tarian daerahnya, dan juga aksesoris khas Kalimantannya aja, tapi juga pilihan oleh-olehnya yang bisa kamu pilih. Gak percaya? Nih, beberapa pilihan oleh-oleh khas Kalimantan:

1. Onde-Onde

Onde-Onde

Google Review/Onde Onde Rainbow Balikpapan

Jalan-jalan ke Kalimantan Timur, yang terkenal di sini gak hanya lagu Indung-Indung aja tapi juga salah satu jajanannya, yakni Onde-Onde. Gak sama kayak onde-onde dari wilayah lainnya, onde-onde asal Kalimantan Timur ini punya filling ubi ungu. Lembut dan creamy.

Oleh-oleh khas Kalimantan Timur ini udah jadi camilan sehari0hari masyarakat setempat, jadi gak ribet buat carinya. Banyak kok pedangan pinggir jalan yang jualan onde-onde ini, apalagi di sore hari. Tapi kalo kamu mau yang spesial, kamu bisa gas aja ke Onde Onde Rainbow Balikpapan.

Lokasi: Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
Harga: Rp20.000/pcs

2. Bingka

Bingka

Google Review/Mantau Fya oleh-oleh Khas Balikpapan

Masih di area Kalimantan Timur, kamu juga bisa dapetin adalah Bingka yang rasanya manis dan kenyal. Ini adalah salah satu makanan khas asli dari suku Banjar loh. Jadi kalo kamu butuh oleh-oleh khas Kalimantan yang bener-bener autentik dari Kalimantan Timur, ya makanan ini jawabannya.

Dari sejarahnya, makanan ini tuh dibuat kalo pas ada acara penting aja, kayak pernikahan atau hari raya besar. Namun sekarang, karena permintaan yang banyak, kamu udah bisa ngedapetin jajanan ini kapan aja di banyak toko roti terdekat. Salah satu yang populer adalah Bingka di Mantau Fya oleh-oleh Khas Kalimantan.

Lokasi: Jln. Borneo Paradiso, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
Harga: Rp35.000

3. Mantau

Mantau

Google Review/Kayin Fauzi

Makanan khas Kalimantan lainnya yang juga gak boleh kamu lewatin kalo main ke daerah timur adalah mantau. Jangan underestimate dulu, mantau di Kalimantan Timur ini beda loh dari mantau di daerah lain.

Kalo biasanya mantau cuma dijual polosan, mantau Kalimantan ini bakal disajiin sama lauk, biasanya sih sapi lada hitam atau kepiting lada hitam. Nah, karena Ada lauk ini, makan mantak khas Kalimantan gak bakal sehambar kalo kamu makan mantau pada umumnya.

Gak usah khawatir, lauk ini biasanya udah terpacking barengan sama mantaunya ketika kamu beli di pusat oleh-oleh khas Kalimantan Timur. Kamu gak perlu beli terpisah.

Lokasi: Pondok Mantau, Jln. Ahmad Yani Nomor 28, Gunungsari Ilir, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
Harga: Rp75.000

4. Dodol Kandangan 

Dodol Kandangan 

Google Review/Eci Susanti

Bergerak ke daerah Kalimantan Selatan, kamu bakal nemuin camilan jadul super murah: Dodol Kandangan. Dikasih nama kandagan karena emang dodol satu ini dulunya diproduksi sama masyarakat Kandangan sendiri.

Serupa sama dodol lainnya, oleh-oleh khas Kalimantan Selatan juga pake beras ketan serta gula aren. Nah, yang buat dodol ini spesial tuh campuran kelapanya, jadi rasa dodol satu ini lebih manis dari daerah lainnya.

Lokasi: Dodol Asli Kandangan Ibu Mita Toko Barokah, Jln. Ahmad Yani, Kandangan Barat, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan
Harga: Rp5.000

5. Kerupuk Ikan Haruan

Kerupuk Ikan Haruan

Google Review/Kerupuk Haruan Citrasari Banjarmasin

Kalo ngomongin kuliner khas Kalimantan Selatan, ikan haruan atau ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang banyak diolah jadi pilihan kuliner nih di sana. Nah, salah satu hasil pangan dari ikan ini yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah Kerupuk Ikan Haruan.

Sekilas emang mirip banget ya tampilannya sama kerupuk udang, tapi jangan salah, makanan oleh-oleh khas Kalimantan ini punya rasa yang lebih gurih. Setiap gigitannya pasti bakal buat kamu susah berhenti ngunyah!

Lokasi: Kerupuk Haruan Citrasari Banjarmasin, Gang Palapa Nomor 44, Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Harga: Rp20.000

6. Abon Ikan Haruan

Abon Ikan Haruan

Google Review/Wijaya

Nah, kalo tadi di daerah Kalimantan Selatan ada Kerupuk Ikan Haruan, di Kalimantan Tengah ada abonnya. Yup, sesuai namanya, tentu aja oleh-oleh khas dari Kalimantan Tengah ini dibuat dari ikan haruan lokal.

Soal rasa, oleh-oleh khas Kalimantan Tengah ini punya rasa yang gak kalah enak dari abon sapi sama ayam. Gimana gak, selain menggunakan daging ikan haruan yang premium, abon ini juga pake banyak rempah-rempah seperti jintan, kapulaga, dan kemiri.

Lokasi: Rumah Oleh – Oleh Istana Jelawat, Jln. Ais Nasution, Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah
Harga: Rp70.000

7. Tahu Bakso Ijjo

Tahu Bakso Ijjo

Google Review/Tahu bakso IJJO

Cari oleh-oleh yang bisa jadi camilan nongkrong di rumah? Nih beli aja olahan tahu bakso dari Tahu Bakso Ijjo yang udah jadi primadona di Kalimantan Tengah.

Gak jauh beda sama tahu bakso lainnya, tahu bakso ini juga terbuat dari daging dan juga tahu. Nah, yang istimewa tuh bentuk tahunya yang kota terus isinya yang banyak.

Kalo kamu merasa kurang puas beli pilihan tahu bakso sapi atau ayam, ada kok alternatif lainnya yang cuma ada di Kalimantan, yakni tahu bakso Ikan. Gak kalah gurih kok sama varian daging sapi atau ayamnya!

Lokasi: Tahu Bakso Ijjo, Jln. G. Obos Jekan Raya, Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Harga: Rp35.000

8. Kopi Kulia

Kopi Kulia

Google Review/Djamal Udin

Mau cobain kopi super unik yang gak bisa kamu temui di tempat lain? Nih, beli aja Kopi Kulia asli dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Kenapa unik? Kalo biasanya kopi dibuat dari campuran buah, oleh-oleh khas Kalimantan Barat satu ini dibuat dengan kombinasi lidah buaya sama mengkudu. Nah, kalo lihat dari komposisinya ini, kebayangkan kalo rasa kopi Kulia ini bakal unik sama khas banget.

Lokasi: Aneka Olahan Lidah Buaya Barokah, Komplek Agrobisnis, Jln. Budi Utomo Nomor 03, Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Harga: Rp30.000

9. Kerupuk Amplang – Oleh-Oleh Khas Kalimantan

Kerupuk Amplang

Google Review/Yona Isandika

Cocok jadi kudapan sambil nonton TV, kamu juga bisa beli Kerupuk Amplang. Sama seperti kerupuk khas daerah Kalimantan lainnya, kerupuk ini juga terbuat dari ikan, lebih tepatnya ikan tenggiri.

Soal rasa, gak usah diraguin, daging ikan tenggiri yang punya rasa asin gurih, pastinya bikin kerupuk ini punya rasa yang nikmat. Kalo kamu penasaran, kamu bisa langsung beli aja di Toko Amplang yang ada di kecamatan Pontianak Kota.

Lokasi: Jln. Putri Dara Nante Nomor 88 A, Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Harga: Rp40.000

Itu dia beberapa makanan juga minuman khas yang bisa kamu bawa pulang. Gimana udah siap berburu oleh-oleh khas Kalimantan?

Nih, biar perjalanan kamu cari oleh-oleh ini gak bikin pusing, kamu bisa manfaatin Horego buat cari tempat kuliner terbaik di Kalimantan. Yuk, unduh dulu aplikasinya lewat Google Play Store atau App Store!