9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lamongan serta Harganya

March 1, 2024

Share to:

oleh-oleh Khas Lamongan

Daftar Isi

Terkenal sama soto ayamnya yang gurih nikmat, Kota Soto ini juga punya sejumlah pilihan oleh-oleh yang menarik nih buat kamu beli. Nah, apa aja sih oleh-oleh khas Lamongan itu?

1. Jumbrek

Jumbrek

Instagram/Ellawakhid

Oleh-oleh khas Lamongan ini emang sekilas terlihat kayak dodol yang terkemas sama daun lontar, ya? Namanya Jumbrek, jajanan jadul ini terbuat dari tepung beras, santam, sama gula merah. Nah, yang bikin beda dari jajanan lainnya tuh potongan buah nangka yang jadi isiannya.

Yang buat istimewa dari Jumbrek khas Lamongan ini tuh bau harumnya udah bikin ngiler duluan, lalu pas kamu cicipi, manisnya tuh gak lebay. Makanya, wajib banget nih kamu bawa pulang buat keluarga di rumah. Biar mereka juga bisa ngerasain enaknya Jumbrek.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Lamongan, Jumbreg Bu Karmini, Gang Sorasem, Paciran, Kecamatan Paciran
Harga: Rp20.000 per ikat

2. Wingko Babat

Wingko Babat

Google Review/Septhiana Indra Kusumaningtyas

 

Nih kalo kamu pas banget mampir ke toko oleh-oleh khas Lamongan, salah satu jajanan tempo dulu yang bisa kamu beli tuh Wingko Babat. Terbuat dari ketan, gula, parutan kelapa, sama tepung beras, rasa Wingko Babat tuh manis sama sedikit gurih. Soal tekstur, Wingko Babat tuh kenyal tapi gak alot pas digigit.

Selain bisa kamu dapetin di pusat oleh-oleh khas Lamongan, kamu juga bisa dapetin Wingko Babat di Wingko Babat Loe Lan Ing. Di sini kamu gak hanya bisa beli Wingko Babat ukuran reguler tapi juga versi jumbonya.

Lokasi: Pusat Oleh-Oleh Khas Lamongan, Wingko Babat Loe Lan Ing, Jln. Raya Babat – Bojonegoro Nomor 189, Banaran, Babat, Kecamatan Babat
Harga: Rp85.000

3. Jenang Rochis

Jenang Rochis

Instagram/Jenang_rochis_paciran

Buat kamu yang lagi main di daerah Paciran, kamu bisa nih bawa pulang Jenang Rochis. Jenang Rochis adalah jajanan tradisional khas Paciran yang udah ada sejak tahun 1981 dan udah jadi shopping list wajib buat orang-orang beli pas mampir ke Lamongan.

Oleh-oleh khas Lamongan ini punya rasa gurih dari santan sama garam dan juga rasa manis dari gula pasir. Taburan wijen yang melimpah di atasnya juga nambah rasa nutty yang enak banget.

Buat yang mau bawa pulang jenang ini ke rumah tapi perjalanannya jauh, no worries! Jenang ini tahan lama loh, bisa awet sampe lima hari di suhu ruangan.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Lamongan, Jenang Rochis Khas Paciran, Jln. K.H. Zen Nomor 45, Paciran, Kecamatan Paciran
Harga: Rp16.000

4. Legen – Oleh-Oleh Khas Lamongan Terpopuler

Legen

Facebook/Legen Siwalan Paciran

Pernah gak kamu denger soal minuman Legen? Minuman tradisional ini merupakan salah satu kebanggaan Lamongan, lho! Di Lamongan, banyak tumbuh pohon Siwalan, nah, dari bunga pohon inilah Legen ini diproduksi.

Proses pembuatannya cukup unik. Air nira diambil dari bunga pohon siwalan dengan cara disadap. Satu bunga biasanya bisa menghasilkan beberapa botol Legen sekaligus.

Ciri khas dari Legen tuh airnya yang berwarna putih dan rasanya manis kayak air gula. Nah, di cuaca panas kayak sekarang ini Legen jadi salah satu minuman favorit yang banyak orang buru nih di Lamongan.

Lokasi: Dekat Glagah dan Karangbinangun, Paciran, Karanggeneng, Sukodadi, Turi, Lamongan Kota
Harga: Rp20.000

5. Gula Merah Siwalan

Gula Merah Siwalan

Google Review/Grosir Gula Jawa (Siwalan) Termurah Paciran

Seperti yang udah dijelasin tadi, di Lamongan banyak tumbuh pohon Siwalan. Nah, selain Legen, warga Lamongan juga ngolah nira dari pohon Siwalan jadi gula merah.

Gula merah Siwalan ini punya keunikan rasa manis yang lebih legit dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan gula merah biasa. Warnanya pun lebih “nyala” dan aromanya lebih harum.

Nah, gula merah Siwalan ini gak hanya bisa kamu pake buat tambahan bumbu di masakan tapi juga pengganti gula pasir di kopi atau teh.

Lokasi: Grosir Gula Jawa Siwalan, Jalan Pondok RT:05/RW:05, Paciran, Kecamatan Paciran
Harga: Rp20.000/Kg

6. Sambal Boranan

Sambal Boranan

Instagram/Sambelyuktien

Selain soto Lamongan, Nasi Boranan juga jadi makanan khas yang dicari-cari nih di kota Lamongan karena rasanya mantep banget.

Nah, kalo kamu mau ngajak keluarga di rumah ngerasain nikmatnya Nasi Boranan khas Lamongan ini, kamu bisa beli aja Sambal Boranan siap masak. Di rumah kamu tinggal nambahin aja lauk kayak ayam goreng atau ikan goreng buat dimasak sama sambel ini.

Oleh-oleh khas Lamongan Jatim ini banyak tersedia di toko oleh-oleh jadi kamu gak perlu pusing nyarinya.

Lokasi: Pusat Oleh – Oleh Lamongan Hj. Rochimah, Jln. KH. Ahmad Dahlan Nomor 44, Kauman, Sidoharjo, Kecamatan Lamongan
Harga: Rp32.000

7. Pukis Menul Bu Andri

Pukis Menul Bu Andri

Google Review/Pukis Menul Bu Andri

Ngeliat gambar makanan khas Lamongan ini bikin ngiler banget, ya? Namanya Pukis Menul Bu Andri.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Beda dari pukis tradisional yang umumnya hanya memiliki rasa manis dari gula, Pukis Menul Bu Andri hadir dengan berbagai pilihan rasa yang menggoda. Mulai dari rasa klasik seperti kacang, keju, dan juga cokelat, hingga rasa kekinian seperti pandan, semua tersedia di sini.

Sebagai catatan, pukis di sini gak pake bahan neko-neko, bahkan gak pake pewarna sama sekali. Jadi dari segi kualitas, kamu gak perlu ragu lagi deh!

Lokasi: Jln. Sunan Drajat Nomor 279, Kalikapas, Sidoharjo, Kecamatan Lamongan
Harga: Rp45.000 (10 pcs)

8. Madumongso Ketan Hitam

Madumongso Ketan Hitam

Google Review/Ki Demang

Kalo lagi nyari oleh-oleh jadul, di Lamongan juga ada Madumongso Ketan Hitam. Rasanya tuh kombinasi antara rasa manis sama asem dari ketan yang difermentasi. Soal tekstur, Madumongso ini punya karakteristik makanan yang kenyal-kenyal lengket gitu.

Jajanan ini bakal seru banget kamu makan sambil nikmatin kopi atau teh panas. Cocok buat nemenin ngobrol sore-sore bareng keluarga atau temen.

Lokasi: Ki Demang, Jln. KH. Ahmad Dahlan, Gang Arjuno Nomor 28, Kauman, Sidoharjo, Kecamatan Lamongan
Harga: Rp40.000

9. Emping Jagung

Emping Jagung

Google Review/Rudianto Aja

Kalau di rumah ada yang suka ngemil snack yang asin dan gurih, cobain deh beli Emping Jagung. Teksturnya kriuk banget, gak kalah sama snack di minimarket, dan rasanya super gurih. Pasti cocok buat yang suka sensasi gurih-gurih kaya gitu!

Terbuat dari biji jagung yang digerek terus digoreng, camilan tradisional ini gak cuma enak tapi juga lebih sehat daripada snack kemasan.

Lokasi: Aisyah Emping Jagung, Jln. Masjid Ngembes, ngembes, Yungyang, Kecamatan Modo
Harga: Rp15.000

Nah, itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas Lamongan yang bisa kamu bawa pulang buat orang di rumah. Sesuain aja sama selera juga budget yang kamu punya.

Biar perjalanan berburu kuliner atau oleh-oleh di Lamongan ini makin lancar, kamu bisa nih pake Horego. Yuk, download aplikasinya di Google Play Store atau App Store dan temukan tempat kuliner menarik di Lamongan!