9 Pilihan Oleh-Oleh Khas Makassar Terfavorit Plus Harganya

March 4, 2024

Share to:

oleh-oleh Khas Makassar

Daftar Isi

Biar kenangan liburanmu di Makassar makin berkesan dan orang-orang tersayang di rumah gak kecewa, kamu pastinya gak boleh lupa buat beli oleh-oleh. Yuk, borong beberapa oleh-oleh khas Makassar terfavorit berikut biar makin disayang keluarga:

1. Otak-Otak

Otak-Otak

Google Review/Wishnu E. W.

Makanan otak-otak dari ikan tenggiri ini udah jadi hidangan wajib kalo kamu main ke Makassar. Buat nyicipinnya, kamu bisa mampir aja ke warung otak-otak yang banyak tersebar di pinggir jalan.

Nah, kalo kamu mau ngasih cicip orang rumah gimana enaknya rasa otak-otak asli Makassar, kamu bisa loh bawa pulang makanan ini. Mampir aja ke tempat oleh-oleh khas Makassar dan beli Otak-Otak Bu Elly.

Otak-otak ini tahan sekitar 15 jam di suhu ruangan. Jika ingin lebih tahan lama, kamu bisa minta untuk dikemas dengan menggunakan gabus dan juga tambahan es batu, sehingga otak-otaknya bisa awet selama dua hari.

Lokasi: Otak Otak Ibu Elly, Jln. Kijang Nomor 7C, Maricaya Baru, Kecamatan Makassar
Harga: Rp350.000 (Isi 50)

2. Coto Box

coto Box

Google Review/Try Juandha

Mau kasih coba keluarga di rumah enaknya rasa Coto Makassar yang gurih? Gak usah galau, kamu bisa beli aja Coto Makassar dalam kemasan atau Coto Box buat keluarga di rumah.

Isinya komplet, dari Coto Makassar siap saji sebanyak lima porsi hingga bumbu tambahan kayak jeruk nipis, sambal, garam, daun bawang, sama kecap. Buat belinya kamu bisa dateng aja ke toko oleh-oleh khas Makassar terdekat.

FYI, ini produk makanan beku ya, jadi gak recomended buat kamu yang menempuh perjalanan jauh tanpa packing gabus plus es.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Mantao Pare Pettarani, Melia I, Tamamaung, Kecamatan PanakkukangHarga: Rp180.000

3. Jalangkote Lorong

Jalangkote Lorong

Instagram/Jalkot_lorong

Kalo kamu nyari oleh-oleh makassar Murah, nih beli aja Jalangkote Lorong yang harga per bijinya gak sampe Rp10.000. Murah, kan?

Nah, beda sama Jalangkote di tempat lain, Jalangkote khas Makassar ini pake kulit pastry yang renyah tapi tetap lembut. Jalangkote Lorong juga lebih gendut soalnya isian telur dan juga ayamnya melimpah banget.

Oh iya, di Jalangkote Lorong kamu gak hanya bisa beli versi udah jadinya tapi juga versi frozennya buat kamu bawa pulang.

Lokasi: Jalangkote Lorong, Bara-Baraya, Kecamatan Makassar
Harga: Rp6.000 – Rp7.000

4. Mantau

Mantau

Google Review/Toko oleh-oleh Mantao Pare Sinar Terang

Ngomongin kue oleh-oleh khas Makassar, salah satu opsi yang gampang banget kamu temui adalah mantau. Mantau yang merupakan makanan Tionghoa telah mengalami proses akulturasi dengan budaya lokal nih. Jadi emang udah gak aneh kalo makanan ini jadi salah satu oleh-oleh khas di Makassar.

Mantau yang ada di Makassar cukup beragam. Selain mantau polosan, kamu juga bisa dapetin mantau dengan berbagai topping yang manis, kayak yang dijual di Mantao Pare Sinar Terang.

Lokasi: Jln. Sungai Saddang Baru Nomor 62 D, Bara-Baraya Selatan, Kecamatan Makassar
Harga: Rp55.000 – Rp125.000

5. Browcyl

Browcyl

Google Review/Browcyl Brownies Pisang – Pettarani Makassar

Gak sempet mampir pusat oleh-oleh buat beli jajanan khas? Gak masalah, kamu bisa beli oleh-oleh khas Makassar di bandara, salah satunya Browcyl Brownies Pisang.

oleh-oleh khas Makassar kekinian ini nawarin sejumlah pilihan menu brownies pisang yang bisa kamu jadiin oleh-oleh. Pilihan rasanya banyak banget, ada coklat, keju, blucheese, pandan, fla keju, sama bluchoco.

Soal rasa, rasanya cenderung manis dengan tekstur kue yang super lembut, cocok untuk camilan anak-anak maupun orang tua di rumah.

Lokasi: Gate 1 Terminal Keberangkatan, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin
Harga: Rp45.000

6. Pia Tabaria

Pia Tabaria

Google Review/Oleh – Oleh Makassar

Buat kamu yang butuh oleh-oleh khas Makassar yang tahan lama soalnya perjalanan pulang ke rumah lumayan jauh, nih ada Pia Tabaria. Pia kering ini bisa bertahan selama satu bulan di suhu ruangan, jadi kamu gak perlu khawatir sama kondisinya selama di perjalanan.

Nah, beda dari pia lainnya yang biasanya cuma nawarin rasa kacang, cokelat, sama keju, Pia Tabaria ini punya varian rasa yang cukup unik. Ada strawberry, matcha, durian, kacang merah, dan juga tiramisu.

Lokasi: Tabaria, Jln. Mannuruki, Blok G1/14, Parang Tambung, Kecamatan Tamalate
Harga: Rp15.000 (Isi 8)

7. Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi

Instagram/Cahayaoleholeh

Butuh camilan buat ngisi toples di rumah? Nah, beli aja snack Kacang Sembunyi yang banyak tersedia di toko oleh-oleh.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Terbuat dari kulit pangsit yang diisi kacang terus digoreng sampe keemasan, snack ini punya tekstur yang kriuk yang asik banget di mulut. Rasa manisnya pun gak berlebihan karena isian kacang yang gurih jadi penyeimbang yang pas.

Lokasi: Cahaya Oleh-Oleh, Jln. Sulawesi Nomor 181, Melayu Baru, Kecamatan Wajo, Kota Makassar
Harga: Rp18.000

8. Bannang Bannang

Bannang Bannang

Instagram/Cahayaoleholeh

Meskipun terlihat mirip risoles pada pandangan pertama, Bannang Bannang sebenarnya terbuat dari beras, bukan tepung terigu atau tapioka seperti risoles. Rasa juga manis karena penambahan gula merah pada adonannya.

Dari segi sejarah, makanan ini dulunya merupakan hidangan khusus yang tersaji pada perayaan pernikahan, jadi kamu biasanya hanya bisa menemukannya di acara-acara spesial. Namun, kini Bannang Bannang udah mudah untuk kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh.

Lokasi: Cahaya Oleh-Oleh, Jln. Sulawesi Nomor 181, Melayu Baru, Kecamatan Wajo, Kota Makassar
Harga: Rp30.000

9. Sirup Markisa – Oleh-Oleh Khas Makassar Terfavorit

Sirup Markisa

Google Review/Sirup Markisa Aurora

Gak cuma makanan aja, kamu juga bisa bawa pulang oleh-oleh minuman kayak Sirup Markisa ini.

Dibuat dari buah Markisa segar dengan sentuhan ekstrak rumput laut tanpa tambahan perasa tambahan, pewarna, atau pemanis, sirup ini gak cuma lezat tetapi juga lebih sehat.

Nah, sirup Markisa gak hanya bisa kamu nikmati dengan air dingin, lho! Kamu bisa menambahkannya dengan air soda untuk sensasi minuman yang lebih segar dan unik.

Lokasi: Sirup Markisa Aurora, Jln. Tupai IV Nomor 9, Labuang Baji, Kecamatan Mamajang
Harga: Rp98.000 (1000 ml)

Habis liat pilihan oleh-oleh khas Makassar dan harganya, mana nih pilihan yang mau kamu borong buat keluarga di rumah? Gak usah bingung, pilih aja yang paling pas sama selera juga budget!

Nah, selain pilihan di atas, kamu juga bisa eksplor pilihan oleh-oleh khas Makassar lainnya. Pake Horego aja buat nyari tempat kulinernya, simpel dan gak ribet! Yuk, unduh Horego di Google Play Store atau App Store!