9 Oleh-Oleh Khas Mekkah yang Gak Ada di Indonesia

March 7, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Mekkah

Daftar Isi

Setelah rangkaian ibadah umroh tuntas, para jamaah biasanya menghabiskan waktu buat berburu oleh-oleh khas Mekkah sebelum pulang ke Tanah Air. Tapi jangan sampai kalap belanja ya biar gak terlalu repot bawa banyak barang.

Untuk itu, pilih aja oleh-oleh khas Mekkah yang gak ada di Indonesia. Kalau cuma beli sajadah, gamis, atau tasbih, kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko oleh-oleh khas Mekkah di tanah air kok. Ini dia daftar buah tangan yang gak boleh kamu lewatkan.

1. Kurma Ajwa

oleh-oleh khas Mekkah Madinah

Instagram/Zainab Firofallah

Ternyata kurma itu banyak jenisnya lho. Nah jenis yang paling terkenal adalah kurma ajwa atau populer dengan sebutan kurma nabi.

Oleh-oleh khas Mekkah Madinah ini merupakan jenis kurma terbaik dengan segudang manfaat untuk kesehatan. Ciri khas kurma ini adalah punya warna coklat kehitaman. Bagian luarnya tampak berkerut tapi daging buahnya sangat lembut dan manis.

Karena kualitasnya yang premium, banyak beredar kurma ajwa palsu di tanah air. Biar gak tertipu, kamu bisa membeli kurma ini langsung di pusat oleh-oleh khas Mekkah, Dates Market Mekkah.

Lokasi: Makkah 24352
Harga: SAR 126 atau IDR 527.000

2. Kurma Muda

Ruthab atau kurma muda

Instagram/lapau_rasa

Yang satu ini adalah oleh-oleh khas Mekkah untuk wanita khususnya buat yang lagi program hamil. Pasalnya, kurma muda atau ruthab punya manfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Kurma ini memang buahnya belum matang jadi berwarna kuning. Tekstur buahnya renyah dan rasanya juga gak selegit kurma yang sudah matang. Meskipun begitu, kurma muda punya segudang nutrisi dan enak buat camilan lho.

Kurma muda ini juga bisa kamu peroleh di Al Kakiyyah Market.

Lokasi: Makkah 24352
Harga: SAR 29 atau IDR 120.000

3. Buah Zuriat

buah zuriat

Instagram/doum_fruits

Kalau nyari oleh-oleh khas Mekkah untuk pria dan wanita yang sedang menjalani promil, buah zuriat adalah pilihan tepat. Buah ini memang terkenal akan manfaatnya buat kesehatan reproduksi.

Buah zuriat ini punya kulit berwarna kecoklatan dengan daging buah berwarna putih. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau menjadikannya jus. Agar kualitas buah ini tetap terjaga, pastikan selalu menyimpannya di lemari pendingin dalam wadah tertutup ya.

Buah zuriat bisa kamu dapatkan di Pusat Oleh-Oleh Khas Mekkah, Date Market.

Lokasi: Makkah 24352
Harga: SAR 38 atau IDR 160.000

4. Apricot Kering

Oleh-oleh khas Mekkah antimainstream

Instagram/Mumtazrumahkurma

Oleh-oleh khas Mekkah antimainstream selanjutnya adalah buah apricot kering. Di Arab kamu bisa menemukan berbagai buah yang telah dikeringkan seperti anggur, buah tin, dan apricot. Tapi yang recommended sih buah apricot ini.

Warna buah ini orange terang dan tampak menggugah selera. Sementara itu, teksturnya empuk dan rasanya manis agak asam sedikit. Buah kering yang kaya serat dan vitamin A dan C ini bisa kamu konsumsi langsung atau mencampurnya dengan yogurt.

Apricot kering tersedia di Toko Al Rayid Dates.

Lokasi: Ibrahim Al Khalil, Ash Shubaikah, Makkah 24231
Harga: SAR 43 atau Rp180.000

5. Cokelat

oleh-oleh khas Mekkah

Instagram/wulan_ummu_muhhamad

Buah tangan yang satu ini pasti disukai oleh semua kalangan. Ada berbagai jenis cokelat yang bisa kamu bawa pulang. Yang paling populer sih cokelat truffle dengan isian buah kurma.

Selain itu, ada juga varian cokelat warna warni yang bentuknya menyerupai kerikil. Kebanyakan cokelat di Mekkah dijual secara kiloan. Tapi, ada juga toko yang menawarkan cokelat premium dengan packaging yang cantik.

Kalau pengen bawa pulang cokelat berkualitas tinggi, datang aja ke Toko Bostani Chocolate.

Lokasi: Qasr Ad Diyafa, Az Zahra, Makkah 24221
Harga: SAR 28 atau IDR 117.000

6. Aneka Kacang

oleh-oleh makanan khas Mekkah

Instagram/love_fhina

Oleh-oleh makanan khas Mekkah gak cuma kurma. Di Tanah Suci kamu juga bisa memborong aneka kacang yang jarang banget kamu temukan di Indonesia.

Misalnya, kamu bisa beli kacang Arab, pistachio, dan juga almond. Semua kacang ini telah melewati proses pemanggangan jadi bisa siap santap. Setiap kacang tentunya menawarkan rasa yang berbeda-beda tapi semuanya gurih, renyah, dan pastinya kaya manfaat.

Berbagai jenis kacang ini bisa kamu peroleh di Al Kakiyyah Market.

Lokasi: Makkah 24352
Harga: mulai SAR 9 atau IDR 37.000

7. Malban

oleh-oleh khas Mekkah

Instagram/aljanna_sweets

Kudapan manis ini merupakan perpaduan jelly dan nougat. Di dalamnya terdapat buah kering seperti kurma dan juga kacang. Jenis kacang yang sering digunakan untuk pembuatan malban adalah almond dan pistachio.

Malban tersedia dalam berbagai varian rasa seperti jeruk, strawberry, anggur, dan lainnya. Tampilan Malban juga sangat cantik jadi cocok banget buat buah tangan.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Camilan manis ini bisa kamu peroleh di Abraj Hypermarket.

Lokasi: Al Haram Al Hajlah, Makkah 24231
Harga: SAR 6 atau IDR25.000

8. Keju Almarai

oleh-oleh khas Mekkah

Instagram/dubaistoreuz

Buah tangan lainnya yang gak boleh kamu skip saat umroh adalah Keju Almarai. Produk ini merupakan sejenis cheese cream asli Saudi Arabia.

Keju ini mirip kayak selai oles dan terbuat dari susu sapi berkualitas. Kamu bisa menggunakan keju ini untuk olesan roti atau biskuit. Selain varian keju oles, Almarai juga punya varian keju berbentuk segitiga yang bisa kamu gunakan untuk membuat MPASI.

Produk keju asli Arab ini bisa kamu dapatkan di Al Khair Supermarket.

Lokasi: Al Safwa Towers, Ajyad St, Al Hajlah, Makkah 24231
Harga: SAR 12 atau IDR 50.000

9. Ayam Al Baik – Oleh-Oleh Khas Mekkah Terfavorit

oleh-oleh makanan khas Mekkah

Google review/Mohammed Abdul Fasi

Restoran ayam cepat saji ini sangat populer. Bahkan sampai ada jasa jastip lho karena banyak pengen nyobain ayam goreng ini.

Nah mumpung di Mekkah, rugi banget kalo gak nyobain gurihnya ayam dan nugget Al Baik. Selain itu, ayam ini juga bisa kamu bawa pulang buat oleh-oleh. Ayam goreng Al Baik ini disajikan dengan kentang goreng dan roti.

Gak sulit kok buat nemuin outlet Al Baik di Mekkah. Salah satu outletnya ada di dekat Zamzam Tower depan Masjidil Haram.

Lokasi: Al Hajlah, Floor P4, Clock Tower, Makkah
Harga: SAR 14 atau IDR 58.000

Ternyata oleh-oleh khas Mekkah gak cuma kurma dan air Zamzam aja kan. Ada banyak pilihan buah tangan antimainstream yang bisa kamu borong dan membagikannya ke kerabat atau tetangga. Jadi oleh-oleh apa nih yang jadi incaranmu?

Oh iya satu tips belanja oleh-oleh di Mekkah adalah jangan sungkan menawar barang kalau belanja di pasar tradisional. Dengan begitu, kamu bisa dapat harga yang miring. Kebanyakan penjual di sana juga fasih berbahasa Indonesia lho.

Nah, biar gak bingung nentuin oleh-oleh kalau lagi di Mekkah atau kota lainnya, gunakan aja aplikasi Horego. Aplikasi ini udah ada di Google Play Store dan App Store. Buruan download sekarang juga!