Pilihan Oleh-Oleh Khas Minang: Makanan dan Souvenir

March 7, 2024

Share to:

oleh-oleh Khas Minang

Daftar Isi

Kalo udah selesai ngehabisin waktu buat main ke tempat destinasi wisatanya, maka agenda wajib yang gak boleh kamu skip adalah beli oleh-oleh. Nah, apa aja sih pilihan oleh-oleh khas Minangkabau yang bisa kamu masukin ke koper terus bawa pulang? Nih, Horego udah siapin daftar oleh-oleh khas Minang yang bisa kamu beli:

Oleh-Oleh Makanan Khas Minang

Dari makanan yang kriuk sampe yang lembut, dari yang manis sampe yang asin, ada banyak pilihan oleh-oleh dari Minang yang bisa kamu dapetin. Nah, Biar waktu belanjanya makin efisien, ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Minang yang bisa langsung kamu masukin keranjang:

1. Sanjai Balado Merah 

Sanjai Balado Merah 

Google Review/Fredy Kuncoro

Ciri khas yang dimiliki oleh suku Minang kalo soal makanan tuh masakan yang berminyak terus juga pedas. Nah, ciri khas ini bisa kamu jumpai pada oleh-oleh khas mereka, Sanjai Balado Merah. Ini tuh sejenis keripik dari singkong yang dikasih tambahan bumbu Balado, makanya warnanya merah.

Gimana rasanya? Well, gak jauh beda dari oleh-oleh khas Padang dari singkong yang juga pake bumbu Balado, keripik ini punya kombinasi rasa manis, asin, dan juga sedikit pedas.

Lokasi: Pusat oleh-oleh Kurnia, Jln. Raya Padang Panjang-Batusangkar Nomor 12, Simabur, Kecamatan Pariangan
Harga: Rp22.500

2. Karupuak Cincang

Karupuak Cincang

Google Review/Kerupuk ganepo (ubi cancang)

Pilihan makanan khas Minang untuk oleh-oleh yang lainnya adalah Karupuak Cincang. Sama seperti Sanjai Balado Merah, camilan satu ini juga terbuat dari singkong.

Nah, umumnya Karupuak Cincang ini dijual dengan pilihan rasa original, yakni rasa asin aja, tapi sekarang banyak juga toko oleh-oleh yang nyediain variasi pedesnya. Salah satunya Pusat oleh-oleh khas Minang: Uni Sinta.

Nah, kalo kamu ngerasa camilan satu ini mirip sama keripik khas Padang: Dakak-Dakak, itu karena memang benar. Satu-satunya perbedaan hanyalah namanya.

Lokasi: Jln. Jenderal Ahmad Yani, Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan
Harga: Rp18.000

3. Ikan Bilih Kering

Ikan Bilih Kering

Google Review/Heranisty Nasution

Ikan Bilih adalah ikan air tawar endemik dari Danau Singkarak yang cuma bisa kamu jumpai di daerah Sumatera Barat. Gak heran kalo banyak orang yang jual oleh-oleh khas Minang ini buat buah tangan wisatawan.

Nah, seperti yang bisa kamu lihat dari gambar oleh-oleh khas Minang di atas, ukuran ikan ini cukup mungil. Maka dari itu, ikan ini bisa kamu olah jadi campuran sambel balado khas Sumatera Barat.

Bayangin aja gurihnya rasa ikan Bilih dicampur rasa pedas manis dari sambal balado. Duh, pasti nagih banget!

Lokasi: Los Ikan Bilih Buk Sar, Jln. Raya Padang – Solok, RW:3, Simawang, Kecamatan Rambatan
Harga: Rp30.000

4. Karupuak Bungo Durian 

Karupuak Bungo Durian 

Instagram/Sanjaianna_pyk

Terbuat dari tepung beras, Karupuak Bungo Durian ini punya tekstur renyah dengan rasa gurih bawang. Enak banget sih dijadiin camilan pas lagi santai.

Dinamakan Karupuak Bungo Durian karena bentuknya yang menyerupai bunga durian. FYI, Sumatera Barat jadi salah satu provinsi penghasil durian terbanyak. Nah, meskipun gak mengandung durian sama sekali, camilan ini tetap digemari banyak orang karena kelezatannya yang khas.

Buat catatan, jajanan ini bisa tahan dua hingga tiga bulan jadi aman buat kamu yang mau nyetok.

Lokasi: Pusat oleh-oleh Kurnia, Jln. Raya Padang Panjang-Batusangkar Nomor 12, Simabur, Kecamatan Pariangan
Harga: Rp15.000

Oleh-Oleh Khas Minang Selain Makanan

Gak cuma makanan aja loh, kamu juga bisa beli kerajinan tangan buat dibawa pulang. Nah, apa saja oleh-oleh khas Minangkabau selain makanan?

1. Ukiran Kayu

Ukiran Kayu

Google Review/Souvenir Batusangkar

Biar pengalaman liburan kamu yang seru di terus dikenang, kamu bisa nih beli ukiran kayu buat panjangan di rumah. Oleh-olah satu ini bisa kamu taruh buat jadi hiasan meja atau disimpan lemari display di rumah.

Ukurannya ukiran ini biasanya bergaram, ada yang kecil, senang, hingga besar. Kalo urusan motif, ukiran kayu ini biasanya ngambil desain rumah tradisional khas Minang yang megah.

Lokasi: Souvenir Batusangkar, Jorong Balai Labuah Ateh, Cubadak, Kecamatan Lima Kaum
Harga: Mulai dari Rp50.000

2. Selendang

Selendang

Google Review/Kasangka oleh-oleh Batusangkar

Buat hadir di acara adat, wanita Minang biasanya menggunakan selendang untuk pemanis busana. Nah, selendang ini juga bisa nih kamu jadiin buah tangan.

Beda dari kebanyakan selendang yang cuma polosan, selendang ini punya motif khas, yakni bunga yang cantik. Selain itu, selendang ini juga biasanya dibuat dengan benang berwarna emas, walaupun sekarang ada juga selendang yang menggunakan warna benang lainnya untuk mempercantik tampilannya.

Kalo kamu tertarik, selendang ini tersedia dalam beragam pilihan warna. Ada putih, creaa, hitam, pink, dan hijau.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Lokasi: Kasangka oleh-oleh Batusangkar, Jln. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas
Harga: Rp600.000

3. Songket

Songket

Google Review/Syaiful Anwar

Masih ingat sama gambar uang lima ribu lama, yang di bagian belakang uang ini ada gambar wanita sedang menenun songket khas Minangkabau? Nah, kamu bisa nih beli kain seperti yang ada di gambar uang itu buat dipake sendiri atau sebagai pemberian.

Pilihan warna juga motifnya cukup beragam, tapi kalo kamu mau yang khas Minang, kamu bisa nih beli songket warna merah yang artinya kemakmuran dan juga kejayaan.

Lokasi: Songket Tenun Minang, Jln. Bukitinggi – Payakumbuh KM 10 Koto Hilalang, Lambah, Kecamatan Ampek Angkek
Harga: Mulai dari Rp400.000

4. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

Google Review/Fitri Haryanti

 

Selain tiga pilihan sebelumnya, kamu juga bisa bawa pulang kerajinan perak. Emang sih kamu bisa dapetin kerajinan perak di daerah lainnya yang ada di nusantara, tapi kerajinan perak satu ini mengadospi motif khas Minang.

Yup, kerajinan perak Minangkabau sering kali menampilkan keindahan motif-motif tradisional yang melambangkan kekayaan budaya serta sejarah suku Minangkabau. Setiap potongan kerajinan perak ini gak hanya menjadi barang fungsional, tetapi juga sebuah karya seni yang gak lengkang sama waktu.

Lokasi: Sulaman dan Silver Cici, Jln. Y. DT. Kayo, Koto Gadang, Kecamatan IV Koto
Harga: Mulai dari Rp400.000

Banyak juga ya pilihan oleh-oleh khas Minang yang bisa kamu beli buat jadi buah tangan. Nah, seumpama kamu merasa bingung, gak perlu khawatir, sesuain aja jenis oleh-olehnya sama budget yang kamu punya!

Tentunya, untuk menemukan pengalaman yang lebih seru dalam mencari pilihan oleh-oleh khas Minangkabau atau destinasi kuliner lainnya, kamu bisa memanfaatkan Horego. Yuk, unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store!