9 Oleh-Oleh Khas Nias yang Enak dan Wajib Kamu Coba!

February 23, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Nias

Daftar Isi

Abis healing di pantai Nias yang eksotis, rasanya kurang afdol kalau pulang dengan tangan kosong. Tenang, selain kenangan indah dan foto instagramable, kamu juga bisa bawa pulang oleh-oleh khas Nias yang unik.

Sebelum ke bandara, yuk baca dulu list 9 oleh-oleh khas Nias yang wajib kamu bawa pulang!

1. Galame Durian

Galame Durian

Canva/Tyas Indayanti

Gak mau kalah sama daerah lain di Sumatera, Nias juga punya oleh-oleh khas Nias yang terbuat dari durian. Namanya Galame khas Nias, dodol durian dengan rasa yang beda dari yang lain. Manisnya pas, teksturnya kenyal, dan aromanya menggoda banget!

Buat yang bukan pecinta durian, Nias juga punya Galame pisang ambon. Teksturnya lebih lembut dan rasanya gak semanis Galame durian. Cocok buat kamu yang suka rasa manis yang lebih light.

Buat kamu yang pengen beli, bisa ke salah satu pusat belanja oleh-oleh khas Nias Toko Setia Jaya di Gunungsitoli, salah satu kota di Kabupaten Nias.

Lokasi: Jln. Sirao, No. 116, Pasar Kota, Saombo, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli.
Harga: Mulai dari Rp85.000 per kemasan

2. Sambal Bubuk Udang

Sambal bubuk udang

Freepik.com/jcomp

 

Buat kamu yang doyan pedas, jangan lupa cobain Sambal Bubuk Udang. Sambal bubuk udang ini beda dari yang lain! Teksturnya lebih mirip camilan, renyah dan gurih.

Sesuai namanya, bahan utamanya adalah udang yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan cabe, kacang tanah, dan kentang. Rasanya gurih pedas, cocok juga dinikmati dengan nasi hangat.

Sambal bubuk udang ini cuma bisa kamu temukan di Kota Gunung Sitoli, Nias. Langsung aja ke Toko Oleh-oleh khas Nias UD Tanda Setia.

Lokasi: Jln. Pattimura No 69 Kel Ilir, Kodya, Mudik, Kota Gunungsitoli.
Harga: Mulai dari Rp45.000

3. Hambae Nititi

Hambae Nititi

Canva/Ika Rahma

Cari oleh-oleh khas Nias yang beda dari yang lain? Coba Hambae Nititi! Sekilas mirip abon, tapi ini terbuat dari campuran daging kepiting dan santan. Dijamin gurih dan lezat!

Cara membuatnya, kepiting direbus dulu, dagingnya dipisahkan, lalu dicampur dengan kelapa parut. Setelah tercampur rata, dimasak hingga kering seperti abon.

Si abon kepiting gurih ini cocok banget buat lauk makanmu. Teksturnya yang kering bikin dia tahan lama, jadi pas buat oleh-oleh khas Nias atau stok lauk di rumah.

Lokasi: Toko Setia Jaya, Jln. Sirao, No. 116, Pasar Kota, Saombo, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli.
Harga: Rp45.000 per kemasan

4. Saku Nisolo

Saku Nisolo

Canva/Lusia Jahaubun

Di Pulau Nias, nasi bukan satu-satunya raja. Ada Saku Nisolo, si mungil yang terbuat dari tepung sagu. Bikinnya gampang, tinggal digongseng lalu disiram santan.

Rasanya? Jangan ditanya! Rasanya yang gurih bikin Saku Nisolo makin mantap kamu nikmati dengan ikan segar, sayur, atau sambal.

Penasaran gimana rasa Saku Nisolo? Langsung aja beli di Pasar Tradisional Gunung Sitoli.

Lokasi: Pasar Gomo, Jln. Gomo, Saombo, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli
Harga: Mulai dari Rp15.000 per porsi

5. Keripik Gamumu

Keripik Gamumu

Canva/Lisa Yasier

Pernah dengar Gamumu? Camilan unik ini wajib kamu cicipi kalau mampir ke Pulau Nias. Gamumu dalam bahasa Nias berarti pisang, dan camilan ini memang terbuat dari pisang ambon khas Nias.

Uniknya, Gamumu terbuat dari pisang ambon yang masih hijau. Irisan tipis pisangnya digoreng renyah, lalu dilapisi madu dan cokelat. Perpaduan rasa manis legit dan sedikit getir dari pisang muda ini bikin Gamumu beda dari keripik pisang lainnya.

Pengen nyobain Gamumu khas Nias? Langsung aja ke pusat Kota Gunungsitoli, Nias. Di Pusat Oleh-oleh khas Nias dan Kuliner Nias Pasar Gomo, kamu bisa temukan Gamumu dengan mudah.

Lokasi: Pasar Gomo, Jln. Gomo, Saombo, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli
Harga: Mulai dari Rp15.000 per bungkus

6. Garifi Gae Siata

Garifi Gae Siata

Instagram/Garifigaesiata_mryaris

Cari oleh-oleh khas Nias yang unik? Garifi Gae Siata jawabannya! Camilan mungil ini siap memanjakan lidahmu dengan rasa dan teksturnya yang istimewa.

Cemilan khas satu ini adalah keripik pisang ambon muda khas Nias. Uniknya, keripik ini diolah dengan berbagai bumbu spesial setelah digoreng.

Garifi Gae Siata hadir dengan beragam varian rasa yang siap memanjakan lidahmu. Dari manis legit seperti madu, melon, strawberry hingga gurih creamy seperti cappucino dan coklat tiramisu.

Lokasi: Pusat Oleh-oleh khas Nias Gunung Sitoli Mr Yaris, Jl Yos Sudarso KM 3 Gg Elang II No. 1 Simpang Kaliki
Harga: Rp45.000 per kemasan

7. Biga

Biga

Canva/michael nero

Si manis legit ini emang beda dari yang lain. Gak seperti Bika Ambon, Biga Nias punya ciri khasnya sendiri. Terbuat dari madu dan tepung, Biga menawarkan rasa manis yang menggoda. Dijamin semua kalangan bakal suka!

Walaupun bentuknya sederhana, rasanya dijamin bikin kamu ketagihan. Sekali coba, gak cukup satu atau dua biji.

Harganya pun gak mahal. Jadi, kamu bisa puas menikmati si manis unik ini tanpa khawatir dompet jebol.

Lokasi: Pasar Gomo, Jln. Gomo, Saombo, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli
Harga: Mulai dari Rp5.000 per potong

8. Tabadu Coffee Robusta

Tabadu Coffee Robusta

Canva/medy siregar

Buat kamu yang doyan ngopi, atau punya temen dan keluarga yang ngopi mulu, wajib nih bawa Tabadu Coffee Robusta sebagai oleh-oleh! Nias terkenal dengan kopi robustanya yang memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang menggoda.

Kopi khas Nias ini beda dari yang lain. Rasanya pahit khas robusta dengan tekstur pekat yang bikin nagih.

Kopi ini paling mantap kamu nikmati bareng susu kental manis. Apalagi kamu nikmati sambil makan kue biga.

Lokasi: UD. OIKHODA KOPI Nias, Jln. Sudirman No.123b, Saombo, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli
Harga: Mulai dari Rp40.000 per kemasan

9. Kofo Kofo – Oleh-Oleh Khas Nias Terunik

Kofo kofo

Canva/Ika Rahma

Kofo-kofo, sajian istimewa dari Nias yang terbuat dari ikan. Ikan dibersihkan dari kulit dan duri, lalu digoreng hingga keemasan. Gak berhenti di situ, kofo-kofo kemudian dimasak dengan santan gurih, menghasilkan perpaduan rasa yang menggoda.

Ada cara lain yang gak kalah unik. Ikan dihaluskan atau ditumbuk, dicampur telur, dan dibentuk bulat-bulat. Bola-bola ikan ini kemudian dikeringkan atau diasap, menghasilkan tekstur unik dan rasa yang semakin kaya.

Proses pembuatannya memang panjang, tapi hasilnya gak diragukan lagi. Makanan khas Nias ini menghadirkan sensasi rasa yang istimewa, perpaduan gurih, asin, dan sedikit smoky yang memanjakan lidah.

Lokasi: Pasar Gomo, Jln. Gomo, Saombo, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli
Harga: Mulai dari Rp30.000 per porsi

Jadi, itulah 9 oleh-oleh khas Nias yang enak dan wajib kamu coba saat berkunjung ke pulau ini. Jangan lupa untuk mencoba dan membawa pulang oleh-oleh favoritmu ketika berkunjung ke Nias!

Nah, agar lebih mudah menemukan tempat-tempat kuliner khas di Nias dan berbagai destinasi lainnya, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Horego di Play Store atau App Store!