10 Oleh-Oleh Khas Ponorogo yang Murah dan Wajib Dicoba

March 2, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Ponorogo

Daftar Isi

Ketika bicara soal Ponorogo, pasti kamu gak asing dengan salah satu tariannya yang khas dan populer, yaitu Reog Ponorogo. Selain kental akan budayanya, Ponorogo ternyata menyimpan beragam kuliner dan oleh-oleh khas Ponorogo yang enak-enak dan murah!

Sehabis jalan-jalan ke Kota di Jawa Timur ini, kamu bisa singgah cari-cari oleh-oleh khas Ponorogo yang bisa kamu bawa pulang? Apa saja? Yuk, simak 9 oleh-oleh khas Ponorogo yang wajib kamu coba ketika datang ke Ponorogo!

1. Thoring (Lentho Garing)

Thoring 

Instagram/kripik_lenthogaring

Salah satu cemilan renyah dan gurih di Ponorogo yang wajib kamu coba adalah Thoring, keripik singkong khas Ponorogo. Makanan lentho tapi versi keringnya.

Terbuat dari singkong pilihan yang diiris tipis, Thoring punya dua rasa yang kamu pilih, yaitu original dan pedas.

Cocok dinikmati kapanpun, Thoring bisa jadi camilan santai atau teman minum kopi.

Lokasi: Toko Jenang & Oleh-oleh khas Ponorogo, Murni, Jln. Wilis No.55, Hasanudin, Nologaten, Kec. Ponorogo
Harga: Rp10.000 per bungkus

2. Bumbu Rujak Petis Welirang

Bumbu Rujak Petis Welirang

Canva/Rozita Turut

Bagi pecinta kuliner pedas dan gurih, Ponorogo punya hidangan istimewa, yaitu Rujak Petis!

Isinya aneka sayuran segar mirip gado-gado. Yang bikin unik adalah bumbu petisnya yang khas.

Pengen bawa Rujak Petis sebagai oleh-oleh khas Ponorogo? Kamu bisa beli bumbu Rujak Petisnya di toko oleh-oleh khas Ponorogo. Tinggal beli, olah di rumah, dan nikmati sensasi Rujak Petis Ponorogo kapanpun kamu mau!

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Ponorogo, Murni, Jln. Wilis No.55, Hasanudin, Nologaten, Kec. Ponorogo
Harga: Rp5.000 per bungkus

3. Getuk Golan

Getuk Golan

Google Review/Indah Larasati

Siapa yang gak kenal Getuk? Kudapan manis legit ini merupakan salah satu makanan khas Jawa yang wajib kamu coba.

Terbuat dari singkong kukus yang ditumbuk halus dan dicampur gula Jawa, Getuk Golan punya rasa manis yang khas. Keunikannya terletak pada penyajiannya yang dipadukan dengan ketan hitam, taburan kelapa parut, dan siraman gula Jawa cair.

Di Ponorogo, Getuk Golan Mbok Bon adalah salah satu penjual yang paling terkenal. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, hanya dengan Rp5.000, kamu bisa menikmati sensasi manis legit Getuk Golan yang menggoda.

Lokasi: GETHUK GOLAN “MBOK BON”, Jl. Onggolono No.14, gethuk, Golan, Kec. Sukorejo
Harga: Rp5.000 per porsi

4. Jenang Mirah

Jenang Mirah

Google Review/Uky Wahyu

Liburan ke Ponorogo gak lengkap jika gak bawa pulang oleh-oleh khas satu ini.

Berbeda dari jenang lainnya, Jenang Mirah punya tekstur legit dan rasa manis yang pas di lidah. Terbuat dari tepung ketan dan santan kelapa yang dimasak dengan gula Jawa, Jenang Mirah menawarkan cita rasa tradisional yang autentik.

Cocok banget nih buat oleh-oleh orang tua di rumah. Jenang Mirah mudah ditemukan di banyak tempat di Ponorogo dengan harga terjangkau, sekitar Rp15.000 saja

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Ponorogo, Jenang Mirah, Jl. Kh Moh. Mansyur No.21, Josari Wetan, Josari, Kec. Jetis
Harga: Rp12.000 per bungkus

5. Madu Mongso

Madumongso

Canva/Afi Hermatova

Oleh-oleh khas Ponorogo selain jenang adalah Madu mongso. Jajanan khas Ponorogo ini dulunya merupakan makanan istimewa para Raja lho! Konon, keberadaannya sudah ada sejak Zaman Kerajaan Mataram kuno.

Terbuat dari ketan hitam yang difermentasi dan dimasak dengan gula dalam waktu lama, Madu Mongso memiliki rasa manis legit yang unik. Bungkusnya yang berwarna-warni pun menambah daya tarik jajanan ini.

Lokasi: Toko Jenang & Oleh-oleh Murni Khas Ponorogo, Jln. Wilis No.55, Hasanudin, Nologaten, Kec. Ponorogo
Harga: Rp30.000 per bungkus

6. Piya-piya

Piya Piya

Canva/Edgunn

Sekilas mirip bakwan, tapi piya-piya ini beda lho. Bentuknya bulat rapi karena dicetak pakai sendok sayur. Rasanya gurih, cocok dinikmati bareng sambal petis yang pedas nendang.

Kamu bisa beli ini di warung-warung atau gerobak jajanan di pinggir jalan. Harganya pun murah meriah. Bisa kamu bawa pulang kalau perjalanan gak lebih sehari, ya!

Lokasi: Piya Piya Ponorogo, Jln. Raya Ponorogo – Madiun No.391, Sablak, Keniten, Kec. Ponorogo
Harga: Rp1.000 per pcs

7. Serabi Kuah Ponorogo

Serabi Kuah Ponorogo

Google Review/Kedai Serabi Reog

Di Ponorogo, kamu juga bisa mencicipi serabi kuah yang unik dan lezat.

Berbeda dari serabi pada umumnya, serabi Ponorogo disajikan dengan kuah santan gurih dan manis. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam, dengan aroma tanah yang khas dari kereweng (daun pandan kering).

Makanan khas Ponorogo ini bisa kamu temukan di setiap sudut kota Ponorogo. Para pedagangnya sudah mulai berjualan sejak jam 4 pagi lho! Jadi, mampir sejenak untuk sarapan sebelum melanjutkan perjalananmu, ya!

Lokasi: Kedai Serabi Reog, Jl. Cakraningrat, Area Sawah, Kauman, Kec. Ponorogo
Harga: Rp5.000 per mangkuk

Horego Aplikasi Cari Makanan

8. Dawet Jabung

Dawet Jabung 

Google Review/Wahyue Boediwardhana

Minuman segar ini beda lho dari dawet lainnya! Asal dari Desa Jabung, Ponorogo, dawet ini berwarna putih karena tepung berasnya. Gak kayak dawet lain yang warnanya hijau.

Satu mangkuk dawet jabung isinya ada nangka, bubur ketan, dan tentu dawet-nya. Yang bikin segar adalah kuahnya, terbuat dari santan dan air gula. Cocok banget dinikmati pas cuaca panas.

Lokasi: Dawet Jabung Bu Rusmini, Jln. Tonatan, Ponorogo
Harga: Rp6.000 per porsi

9. Sate Kopok – Oleh-Oleh Khas Ponorogo Terfavorit

Sate Kapok

Google Review/Zainal Muttaqin

Pernah dengar Sate Kopok? Sate ini beda lho dari sate ayam biasa. Asal dari Ponorogo, sate ini punya beberapa nama unik: Sate Blendet (lumpur), Sate Mbalong (dari Balong, Ponorogo), dan ya, Sate Kopok (kotoran telinga).

Meski namanya aneh, sate ini lezat banget! Tampilannya memang berlendir karena kuah kacang dan santannya yang encer. Bumbu satenya pun beda, berwarna kuning pucat. Biasanya, Sate Kopok disajikan bersama sayur lodeh atau soto.

Lokasi: Sate Kapok Pasar Wage Jetis, Jl. Gajahmada, Jintap, Wonoketro, Kec. Jetis
Harga: Rp12.000 per porsi

10. Z’mere Sate Ponorogo

Zmere Sate Ponorogo

Google Review/Zmere Sate Ponorogo

Pernah dengar Z’mere Sate? Oleh-oleh baru khas Ponorogo ini memadukan Sate Ponorogo yang legendaris dengan roti Smeer. Hasilnya? Cita rasa unik dan sensasi makan sate yang beda dari biasanya!

Endang Susilowati, penemu Z’mere Sate, terinspirasi dari keluhan tentang sate ayam yang gak tahan lama. Butuh waktu berbulan-bulan untuk menyempurnakan resepnya, hingga lahirlah Z’mere Sate.

Lokasi: Zmere Sate Ponorogo – Oleh Oleh Khas Ponorogo, Jln. Gajah Mada No.22 lantai 2, Pesantren, Surodikraman, Kec. Ponorogo
Harga: Rp35.000 per box

Nah, itulah 10 oleh-oleh khas Ponorogo yang murah dan wajib kamu coba! Dengan beragam pilihan makanan, minuman, dan jajanan, kamu pasti bisa menemukan oleh-oleh yang cocok untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Untuk memudahkan kamu menemukan berbagai rekomendasi tempat makan dan jajanan khas Ponorogo, yuk download aplikasi Horego di Play Store atau App Store! Horego menyediakan informasi lengkap tentang berbagai kuliner di Indonesia, termasuk Ponorogo. Yuk, download sekarang!