7 Oleh-Oleh Khas Sarangan yang Terkenal & Harganya

March 8, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Sarangan

Daftar Isi

Kalo kamu pernah ke Sarangan, pasti udah tau gimana nikmatnya makanan dan cemilan khas mereka. Tapi gak cuman soal makanan aja, ada juga oleh-oleh khas Sarangan lainnya yang bisa kamu bawa pulang.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Sarangan apa saja? Di sini, Horego bakal kasih kamu rekomendasinya. Gak hanya makanan, tapi ada juga oleh-oleh khas Sarangan lain. So, stay tuned untuk dapetin info lebih lanjut!

Oleh-Oleh Khas Sarangan Makanan

Ada banyak makanan khas Sarangan yang enak dan gak boleh kamu lewatkan. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Bolu Sarangan

Oleh-oleh khas Sarangan 

Google Review/Rizka Saudah

Bolu Sarangan, siapa yang gak kenal? Itu lho, roti legendaris dari Sarangan yang udah ngehits banget di kalangan pecinta oleh-oleh khas Sarangan.

Ngomongin soal harga, harga bolu Sarangan itu bervariasi tergantung dari ukuran dan tempat pembeliannya. Biasanya, kalo kamu beli langsung dari produsennya, harganya lebih terjangkau dibanding kalo beli di tempat lain.

Kalo kamu lagi ke Sarangan, jangan lupa mampir ke Bolune Sarangan buat nyicipin kue bolu khas Sarangan ini ya, siapa tau jadi salah satu oleh-oleh khas Sarangan favorit.

Lokasi: Bolune Sarangan, Jalan Bulugunung Rt 08 RW 01, Buket, Bulugunung, Plaosan
Harga: Mulai dari Rp5.000 per bungkus

2. Donat Kentang

Oleh-oleh khas Sarangan

Google Review/Donat Kentang Khas Semarang

Donat Kentang khas Sarangan ini beda banget sama donat biasa. Karena, donat ini terbuat dari campuran tepung terigu dan kentang yang bikin teksturnya jadi lebih lembut dan kenyal. Rasanya? Wah, gak kalah enak dari bolu atau makanan khas Sarangan lainnya.

Harga oleh-oleh khas Sarangan juga bervariasi, tergantung dari tempat pembelian dan ukuran donatnya. Tapi kamu bisa juga beli dalam paketan atau jumlah yang lebih banyak dengan harga yang lebih murah per donatnya.

Lokasi: Donat Kentang Khas Sarangan, Jalan Bantarangin 7 Nomor 1, Telaga Pasir, Sarangan, Kec. Plaosan
Harga: Rp5.000-Rp15.000 per buah

3. Keripik Sayur

oleh-oleh khas Sarangan

Google Review/OLEH OLEH RAHMATIKA

Ini dia camilan yang gak boleh dilewatkan kalau lagi berkunjung ke Sarangan. Keripik sayur adalah camilan yang terbuat dari irisan tipis sayuran segar yang kemudian digoreng hingga renyah. Biasanya, sayuran yang digunakan antara lain adalah kentang, wortel, labu, dan lain sebagainya.

Proses penggorengannya yang tepat menjadikan keripik ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Selain itu, keripik sayur ini juga lebih sehat karena menggunakan bahan-bahan alami dan minim penggunaan bahan pengawet.

Jadi, saat berkunjung ke Sarangan, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas Sarangan berupa keripik sayur ini ya! Kalo kamu lagi cari oleh-oleh khas Sarangan yang unik dan sehat dari Sarangan, keripik sayur ini bisa jadi pilihan yang oke banget!

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Rahmatika, Nitikan Rt 08 Rw 02, Kec, Plaosan
Harga: Rp10.000-Rp20.000 per bungkus

4. Busa Kepiting

Makanan khas Sarangan

Google Review/Idi Rahyono

Makanan khas Sarangan lainnya yang wajib kamu masukkan list yaitu busa kepiting. Ini dia salah satu camilan yang bikin lidah bergoyang dan perut ngiler.

Busa Kepiting terbuat dari daging kepiting yang diolah dengan bumbu rempah-rempah khas daerah itu. Teksturnya yang lembut dan rasa rempah yang meresap bikin kamu gak bisa berhenti ngemil. Apalagi kalo disantap pas lagi hangout bareng temen-temen atau keluarga, pasti langsung ludes!

Soal harga, biasanya Busa Kepiting ini dijual dalam kemasan kecil dengan harga mulai dari Rp15.000 per bungkusnya. Pokoknya, kalo lagi di Sarangan, jangan lupa untuk nyicipin Busa Kepiting. Gak bakal nyesel deh, rasanya yang unik dan lezat bakal bikin kamu pengen bawa pulang banyak-banyak!

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Rahmatika, Nitikan Rt 08 Rw 02, Kec, Plaosan
Harga: Rp15.000-Rp25.000

5. Keripik Talas

oleh-oleh khas Sarangan

Google Review/OLEH OLEH RAHMATIKA

Keripik Talas ini terbuat dari talas segar yang dipotong tipis, kemudian digoreng hingga menjadi keripik yang renyah. Proses penggorengannya dilakukan dengan teknik khusus sehingga menjaga tekstur talas tetap renyah dan rasanya menjadi khas.

Dengan cita rasa yang gurih dan sedikit manis, keripik talas ini menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang, baik sebagai oleh-oleh maupun untuk camilan sehari-hari.

Jadi, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh Keripik Talas saat berkunjung ke Sarangan. Kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh oleh Rahmatika atau yang lainnya.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Rahmatika, Nitikan Rt 08 Rw 02, Kec, Plaosan
Harga: Rp10.000-Rp20.000 per bungkus

Oleh-Oleh Khas Sarangan Selain Makanan

Selain makanan, kamu juga bisa bawa pulang tenun khas Sarangan dan kerajinan tangannya.

Horego Aplikasi Cari Makanan

1. Tenun Khas Sarangan 

oleh-oleh khas Sarangan

Google Review/Mojito

Selain oleh-oleh makanan, Sarangan juga punya keunikan lain yang sayang banget buat kamu lewatkan, yaitu tenun khasnya. Tenun khas Sarangan ini bukan cuma sekadar kain, tapi juga merupakan warisan budaya yang sangat berharga.

Para perajin lokal di Sarangan telah menjaga tradisi menenun dengan sangat baik, dan hasil karya mereka sungguh memukau. Motif-motif pada kain tenun khas Sarangan ini seringkali terinspirasi dari alam sekitar, seperti motif bunga, daun, atau binatang.

Keindahan kain tenun Sarangan ini juga terletak pada penggunaan warna-warna yang cerah dan kontras, membuatnya terlihat begitu memesona. Kain tenun ini gak hanya menjadi pakaian tradisional, tapi juga seringkali menjadi bahan untuk berbagai produk kerajinan seperti tas, dompet, atau hiasan dinding.

Lokasi: Toko Rapi I, Jalan Bali Nomor 24, Karanganyar, Kepolrejo, Kec. Magetan
Harga: Mulai dari Rp50.000 per potong

2. Kerajinan Tangan

oleh-oleh khas Sarangan

Google Review/Aneka kerajinan besek bambu

Selain tenun khasnya, Sarangan juga terkenal dengan kerajinan tangan yang memikat hati. Para pengrajin di Sarangan menghasilkan beragam produk kerajinan yang unik dan mempesona. Salah satu contoh kerajinan tangan khas Sarangan adalah anyaman bambu.

Para pengrajin mengolah bambu menjadi berbagai produk seperti keranjang, tempat penyimpanan, hingga aksesoris dekoratif. Keunikan dari anyaman bambu ini terletak pada pola-pola yang rumit dan detail, mencerminkan keahlian dan ketelitian para pengrajinnya.

Lokasi: Aneka Kerajinan Besek Bambu, Sumber Agung Rt 04 Rw 01, Banran, Plaosan
Harga: Mulai dari Rp15.000

Ternyata oleh-oleh khas Sarangan ada banyak kan? Yuk, jangan sampai ketinggalan momen buat berburu oleh-oleh di Sarangan. Selain makanan khas, kamu juga bisa bawa pulang tenun khas Sarangan dan juga kerajinan tangan anyaman bambunya.

Nah, biar gak bingung buat nyari oleh-oleh khas Sarangan, gunakan aja aplikasi Horego. Aplikasi ini bisa membantu kamu buat cari rekomendasi kuliner juga lho. Segera unduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store sekarang juga!