Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang, Cocok untuk Dibawa Pulang

March 4, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Tanjung Pinang

Daftar Isi

Rasanya kurang afdol jika kamu bertandang ke Tanjung Pinang tanpa berburu oleh-olehnya. Hal ini karena oleh-oleh khas Tanjung Pinang terkenal jago menggoyang lidah. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai camilan di perjalanan pulang atau sebagai buah tangan untuk orang-orang di rumah.

Karena lokasinya yang gak terlalu jauh dengan Batam, kuliner khas Tanjung Pinang dan kuliner Batam itu gak jauh berbeda. Supaya gak penasaran, yuk simak apa saja oleh-oleh khas Tanjung Pinang!

1. Otak-Otak Bakar

kuliner khas Tanjung Pinang

Wikipedia Commons/Serenity

Secara garis besar, camilan khas Tanjung Pinang ini gak jauh berbeda dengan otak-otak lain yang terbuat dari ikan tenggiri. Namun, bukannya digoreng, cara memasak otak-otak ini adalah dengan cara dibakar. Hal ini jelas membuat aromanya semakin keluar.

Daun kelapa yang membalut kudapan ini pun memperkaya aroma dan membuat otak-otak bakar menjadi lebih menggugah selera. Inilah yang membedakan otak-otak khas Tanjung Pinang dengan daerah lain. Sebab, di daerah lain daun pembungkusnya memakai daun pisang.

Tertarik untuk mencoba? Kamu gak perlu khawatir karena kudapan ini hampir ada di setiap sudut jalan di Kota Tanjung Pinang, termasuk di Jalan Tanjung Unggat.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang, Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari
Harga: Rp1.000 (per pcs)

2. Kerupuk Siput Gonggong – Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang Terpopuler

kerupuk khas Tanjung Pinang

Shopee/Kyria Rezeki

Selain kaya akan ikan, Tanjung Pinang juga kaya akan komoditi siputnya. Jadi, gak heran kalau Kota Gurindam Dua Belas ini punya banyak kreasi kuliner dari siput, salah satunya Kerupuk Siput Gonggong.

Kerupuk ini punya tekstur yang renyah. Dengan perpaduan rasa asin, gurih, dan pedas, kerupuk khas Tanjung Pinang ini bisa jadi teman ngemil yang sempurna. Kamu bisa menyantapnya di perjalanan, ketika menonton film, atau bahkan saat bekerja.

Karena popularitasnya, kamu bisa menemukan kerupuk ini di banyak pusat oleh-oleh khas Tanjung Pinang, termasuk yang di Tanjung Pinang Barat.

Lokasi: WCFQ+7XR, Tanjung Pinang Barat, Kecamatan Tanjung Pinang Barat
Harga: Rp65.000 (100 gram)

3. Cake Paleo

camilan khas Tanjung Pinang

Website/Pinang Paleo

Bila kamu sedang mencari oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang kekinian, Cake Paleo bisa kamu coba. Kue ini terbuat dari cream cheese, sehingga rasanya gurih dan legit. Gak cuma rasa original, ada juga rasa lain yang bisa kamu eksplorasi, seperti durian, red velvet, green tea, hazelnut, dan lain-lain.

Bahkan, gak cuma varian kue paleo saja yang bisa kamu buru, namun juga kue-kue lainnya. Jika kamu ingin kue yang punya rasa yang lebih light dan harga yang lebih murah, kue bolunya juga sangat worth it untuk dicoba.

Lokasi: Batu IX, Kecamatan Tanjung Pinang Timur
Harga: Rp60.000 (per loyang)

4. Luti Gendang

makanan khas Tanjung Pinang

Tokopedia/jastip_dikitaaja

Kudapan ini berbentuk roti goreng dengan isian ikan tuna suwir atau salai tuna. Perpaduan rasa manis, asin dan gurih pada roti dan rasa pedas manis dari ikan pastinya bisa menggoyang lidahmu. Jadi, jangan lupa untuk menyicip makanan khas Tanjung Pinang yang satu ini.

Menariknya, kamu bisa membeli luti gendang Tanjung Pinang setengah matang untuk oleh-oleh khas Tanjung Pinang ke rumah. Jadi, kamu dan keluarga bisa menyantapnya selagi hangat. Jika ingin lebih mantap, kamu bisa menyantap kudapan ini sambil ditemani teh atau kopi.

Karena termasuk jajanan tradisional yang populer di Kepulauan Riau, kamu bisa menemukan banyak penjual luti gendang di pinggir jalan. Salah satunya di Jalan Arah Tanjung Uban Batu 10.

Lokasi: Pusat Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang, Jalan Arah Tanjung Uban Batu 10, Kecamatan Tanjung Pinang Timur
Harga: Rp1.000 (per pcs)

5. Tepung Gomak

pusat oleh-oleh Tanjung Pinang

Wikimedia Commons/Wiki Farazi

Belum ke Tanjung Pinang rasanya jika kamu belum mencoba tepung gomak. Bahan utama pembuatannya adalah tepung ketan dengan isian kelapa parut serta kacang hijau. Rasanya manis dan legit, sehingga mampu membuat siapa saja ketagihan saat mencicipinya.

Popularitas kudapan ini sebagai oleh-oleh cukup tinggi, sehingga kamu bisa menemukannya di pusat oleh-oleh khas Tanjung Pinang.

Lokasi: WCFQ+7XR, Tanjung Pinang Barat, Kecamatan Tanjung Pinang Barat
Harga: Rp4.000 (per pcs)

6. Banana Coklat

camilan khas Tanjung Pinang

Wikimedia Commons/Hariadhi

Ingin jajanan yang lebih modern? Banana coklat bisa jadi pilihannya. Sama seperti namanya, kudapan ini terbuat dari pisang dengan toping coklat. Pisang dan coklat tersebut dibalut dengan kulit lumpia, sehingga kamu akan merasakan tekstur renyah di luar dan lumer di dalam saat menggigitnya.

Gak berhenti sampai di situ, kamu juga akan mendapatkan berbagai jenis topping di atas kudapan ini. Ada yang rasa matcha, oreo, dan lain sebagainya. Hal ini pastinya membuat rasa banana coklat lebih kaya.

Lokasi: Jalan Basuki Rahmat Nomor 14, Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari
Harga: Rp2.000 (per pcs)

7. Teh Obeng

minuman khas Tanjung Pinang

Wikimedia Commons/Takeaway

Bila kamu ingin mencoba minuman khas Tanjung Pinang, teh obeng bisa jadi pilihan. Secara garis besar, teh ini memang terlihat seperti es teh manis biasa. Namun, teh asal Kepulauan Riau ini memiliki aroma yang lebih wangi, lalu teksturnya lebih kental dan pekat.

Jika ingin membawa pulang teh ini ke rumah sebagai oleh-oleh, kamu bisa mencoba merk Teh Prendjak yang merupakan teh legendaris khas Tanjung Pinang. Pilihan variannya cukup lengkap, dari teh biasa hingga teh celup.

Lokasi: Jalan D.I. Panjaitan Nomor 15 Km 8, Air Raja, Kecamatan Tanjung Pinang Timur
Harga: Rp6.500 – Rp7.500 (per bungkus)

8. Angko Bilis

camilan khas Tanjung Pinang

Shopee/ratnasaridewi00

Sama seperti namanya, kudapan ini memang terbuat dari ikan bilis yang diberi angko, yang berarti selimut dalam bahasa Indonesia. Selimutnya terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan lain sebagainya.

Tekstur angko yang renyah, dan dipadukan dengan rasa ikan bilis yang gurih membuat kudapan ini terasa lebih mantap. Biasanya, kamu akan menyantap angko bilis sebagai camilan. Camilan ini bisa kamu temukan di warung-warung atau di toko yang menjual buah tangan khas Tanjung Pinang.

Lokasi: WCFQ+7XR, Tanjung Pinang Barat, Kecamatan Tanjung Pinang Barat
Harga: Rp60.000 (per kg)

Jadi, apakah kamu sudah memutuskan untuk mencoba oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang mana? Gak cuma makanan di atas, Tanjung Pinang juga punya banyak oleh-oleh lain yang bisa kamu buru. Kamu bisa menemukannya dengan mudah melalui aplikasi Horego.

Aplikasi tersebut sudah tersedia di Play Store atau App Store. Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Segera unduh aplikasinya sekarang juga!