8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Thailand yang Wajib Dibeli

March 4, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Thailand

Daftar Isi

Thailand, khususnya Bangkok, adalah salah satu destinasi liburan luar negeri favorit orang Indonesia. Selain karena biaya hidupnya yang relatif murah, kamu juga gak perlu mengurus visa saat akan berkunjung ke sana. Di samping itu, oleh-oleh khas Thailand pun sangat banyak dan beragam.

Bahkan, meskipun bukan negara mayoritas muslim, ada banyak oleh-oleh khas Thailand halal yang bisa kamu bawa pulang. Penasaran apa saja? Yuk kita ulik daftarnya!

1. Dried Mango

makanan khas Thailand

Wikimedia Commons/Pannet

Belum ke Thailand rasanya jika belum mencoba dried mango atau manisan mangga keringnya. Snack khas Thailand ini punya rasa yang enak dan unik, dengan rasa manis yang mendominasi. Di samping tekstur kering, ada juga mangga kering dengan tekstur yang lebih soft atau lembut.

Karena hanya terbuat dari mangga dan gula, dried mango Thailand halal untuk dikonsumsi muslim. Kamu bisa menemukan snack ini di berbagai pusat oleh-oleh khas Thailand. Salah satunya di JJ, yang berada di belakang Chatuchak Weekend Market.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Thailand, 333 Kamphaeng Phet 3 Road, Lat Yao, Chatuchak, Bangkok
Harga: THB 300 / Rp130.000 (500 gram)

2. Dried Shredded Squid

snack khas Thailand

Wikimedia Commons/ChildofMidnight

Selain dried mango, Thailand juga punya dried shredded squid atau cumi parut kering. Cumi ini sudah matang karena sudah dimasak berkali-kali saat dikeringkan. Jadi, sebenarnya kamu bisa langsung memakannya, walaupun rasanya akan lebih enak jika kamu mengolahnya terlebih dahulu.

Selain versi parut yang bisa kamu temukan di supermarket, ada juga cumi kering dalam bentuk utuh. Biasanya, kamu akan menemukan dried squid versi ini di pasar tradisional atau di toko oleh-oleh khas Thailand seperti di Central Food Hall.

Lokasi: Pusat Oleh-Oleh Khas Thailand, 7th floor, 999/9 Rama I Road, Pathum Wan, Bangkok
Harga: THB 45 / Rp19.500 (22 gram)

3. Crispy Seaweed

kudapan khas Thailand

Wikimedia Commons/Alice Wiegand

Bagi kamu pecinta rumput laut, Thailand adalah salah satu surganya. Di sini, kamu bisa menemui banyak snack yang terbuat dari rumput laut, termasuk crispy seaweed. Gak cuma enak, snack ini juga halal karena hanya terbuat dari rumput laut dan tepung saja.

Pilihan rasanya cukup bervariasi, mulai dari rasa original, pedas, cumi bakar, dan lain-lain. Snack ini juga termasuk oleh-oleh khas Thailand murah, sehingga ramah di kantong kamu.

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menemukan snack yang satu ini di berbagai minimarket maupun pusat oleh-oleh khas Thailand. Salah satunya di Gourmet Market, Siam Paragon.

Lokasi: Pusat Oleh-Oleh Khas Thailand, Ground Floor, Siam Paragon, 991 Rama I Road, Pathum Wan, Bangkok
Harga: THB 59 / Rp25.500 (per bungkus)

4. Thai Tea – Oleh-Oleh Khas Thailand Terfavorit

minuman khas Thailand

Wikimedia Commons/GeeJo

Gak cuma makanan khas Thailand saja yang menggugah selera, namun juga minumannya. Salah satu minuman khas Thailand yang paling populer adalah thai tea, yang merupakan campuran antara teh dan susu.

Jika thai tea yang sudah jadi bisa kamu coba sambil jalan-lain, maka Thai tea instan bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Bahkan, Karena termasuk minuman yang sangat populer di Thailand, kamu bisa menjumpai thai tea instan di mana-mana, termasuk di FoodLand Supermarket.

Lokasi: 139 Ratchadaphisek Road, Khwaeng Din Daeng, Din Daeng, Bangkok
Harga: THB 140 / Rp60.700 (10 pcs)

5. Dehydrated Guava

pusat oleh-oleh di Thailand

Website/Fair Lane Organic

Makanan halal lain yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Thailand adalah dehydrated guava. Bahkan, ada beberapa produk yang sudah pasti punya sertifikasi halal dari lembaga yang berwenang. Jadi, kamu gak perlu khawatir lagi.

Jambu kering ini punya rasa yang manis dengan tekstur sedikit keras. Karena terbuat dari jambu yang dikeringkan, daya tahannya pun cukup lama, yaitu hingga 1-2 bulan. Karena itu, kudapan khas Thailand ini sangat cocok untuk kamu bawa pulang ke Indonesia sebagai buah tangan.

Lokasi: Ground Floor, Siam Paragon, 991 Rama I Road, Pathum Wan, Bangkok
Harga: THB 75 / Rp32.500 (140 gram)

6. Milkbun After You

pusat oleh-oleh di Thailand

Website/After You Dessert Cafe

Ingin mencoba makanan kekinian yang sedang viral di Thailand? Milkbun After You bisa jadi pilihan. Dari tampilan luarnya, kudapan ini memang gak jauh berbeda dengan roti sobek biasa. Namun, tekstur rotinya lebih lembut dan rasanya lebih mantap dengan taburan susu di atasnya.

Selain rasa original, kamu juga bisa mencoba rasa coklat, stoberi, dan beberapa pilihan rasa lain, lho. Kudapan ini juga mudah ditemukan karena punya banyak toko cabang, terutama di mall-mall besar. Salah satu tokonya ada di Siam Paragon.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Lokasi: 991 Ground floor Pathum Wan, Bangkok
Harga: THB 100 – THB 120 / Rp43.500 – Rp52.000 (tergantung varian)

7. Keripik Durian 

makanan khas Thailand

Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata

Gak cuma mangga dan jambu, Thailand juga terkenal dengan duriannya, yaitu durian montong. Jika kamu bandingkan dengan durian lokal, durian montong punya ukuran yang jauh lebih besar. Beratnya bisa mencapai 10 kg dengan daging durian yang besar dan tebal.

Gak cuma dari segi ukuran, durian montong juga punya rasa yang lebih manis dan legit. Hanya saja, durian ini kurang cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh, karena ukuran, tampilan, dan baunya. Jadi, kamu bisa membawa pulang durian dalam bentuk keripik.

Lokasi: Ground Floor, Siam Paragon, 991 Rama I Road, Pathum Wan, Bangkok
Harga: THB 290 / Rp125.800 (100 gram)

8. Kacang Koh Kae

oleh-oleh khas Thailand murah

Tokopedia/S Derby Shop

Sama seperti namanya, kudapan ini terbuat dari kacang. Menariknya, kacang ini dibalut oleh lapisan renyah nan gurih. Pilihan rasanya pun cukup variatif, mulai dari rasa telur, kopi, santan, nori wasabi, dan lain-lain. Semua rasanya memang unik dan jarang kamu temukan di kudapan kacang yang lain.

Selain itu, kudapan ini juga sudah punya sertifikasi halal dari lembaga yang berwenang. Jadi, kamu gak perlu khawatir lagi karena gak sengaja menyantap makanan yang mengandung bahan-bahan haram selama di Thailand.

Lalu, Kacang Koh Kae juga mudah untuk kamu temukan, lho. Produk ini banyak tersedia di minimarket dan supermarket yang ada di Bangkok.

Lokasi: 139 Ratchadaphisek Road, Khwaeng Din Daeng, Din Daeng, Bangkok
Harga: THB 65 / Rp28.200 (225 gram)

Jadi, oleh-oleh khas Thailand mana yang akan kamu bawa pulang? Di samping camilan di atas, kamu juga bisa menemukan daftar rekomendasi kuliner khas Thailand lain di aplikasi Horego. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo unduh aplikasinya sekarang juga via Play Store atau App Store!