Daftar 8 Oleh-Oleh Khas Trenggalek yang Recommended

March 5, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Trenggalek

Daftar Isi

Berkunjung ke Trenggalek tanpa berburu oleh-oleh memang terasa kurang afdol. Hal ini karena ada banyak oleh-oleh khas Trenggalek yang recommended. Kebanyakan buah tangan yang paling populer dari kota ini berbentuk camilan. Namun, gak sedikit yang bisa kamu santap dengan nasi panas.

Karena kedekatan daerahnya secara geografis, secara garis besar ada beberapa kesamaan di antara kuliner khas Tulungagung dan kuliner khas Trenggalek. Penasaran buah tangan apa saja yang bisa kamu buru di Kota Gaplek? Ini daftar lengkapnya!

1. Keripik Tempe – Oleh-Oleh Khas Trenggalek Terfavorit

kuliner khas Trenggalek

Sebenarnya, keripik tempe bukan termasuk jajanan yang asing, karena kudapan ini bisa kamu temukan di hampir semua daerah di Indonesia. Namun tetap saja, ada yang beda dengan keripik tempe Trenggalek.

Selain gurih dan renyah, jajanan khas Trenggalek ini juga punya aroma jeruk purut yang unik. Cara penyajiannya pun menarik, karena di samping memakai plastik ada juga keripik tempe yang dikemas dengan besek.

Keripik tempe juga akan sangat mudah kamu temukan di banyak toko oleh-oleh khas Trenggalek, termasuk yang di Jalan Nasional III.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Trenggalek, Jalan Nasional III, RT.33/RW.14, Kranding, Bendorejo, Kecamatan Pogalan
Harga: Rp48.000 (per kg)

2. Alen Alen

alen alen khas Trenggalek

Website/Desa Ngares Kabupaten Trenggalek

Jika berbicara tentang oleh-oleh khas Trenggalek yang paling ikonik, maka alen alen adalah jawabannya. Alen alen khas Trenggalek terbuat dari campuran tepung singkong, bawang putih, kunyit, dan berbagai bumbu yang lain. Bentuknya bulat seperti cincin besar, dengan tekstur yang agak keras.

Karena termasuk jajanan yang paling populer, alen alen bisa kamu buru di hampir semua pusat oleh-oleh khas Trenggalek yang ada di sepanjang jalan. Ini termasuk toko oleh-oleh khas Trenggalek di Jalan Yos Sudarso.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso Nomor 54, Sosutan, Ngantru, Kecamatan Trenggalek
Harga: Rp26.000 (500 gram)

3. Manco Wijen

manco wijen khas Trenggalek

Pinterest/dapoersikoko

Jika kamu bosan dengan jajanan gurih dan asin, manco wijen khas Trenggalek juga sangat worth it untuk dicoba. Jajanan ini punya rasa yang manis, karena ada balutan gula merah di luarnya. Namun, kamu gak perlu khawatir soal kelengketan kue, karena ada baluran wijen yang bisa mencegah hal itu.

Kudapan ini terbuat dari beras ketan dan punya komposisi yang cukup mengenyangkan. Bila kamu ingin menikmati manco wijen dengan lebih mantap, kamu bisa menyantapnya dengan teh kopi panas.

Menariknya, selain berburu manco wijen di toko oleh-oleh khas Trenggalek, kamu pun bisa langsung datang ke rumah produksinya yang ada di Jalan Basuki Rahmat.

Lokasi: Jalan Basuki Rahmat Nomor 44, Sosutan, Ngantru, Kecamatan Trenggalek
Harga: Rp17.000 (250 gram)

4. Sale Pisang

pusat oleh-oleh khas Trenggalek

Wikimedia Commons/Midori

Hal yang membedakan sale pisang khas Trenggalek dengan sale pisang di daerah lain adalah bahan utama pembuatannya. Jika di daerah lain pisang yang digunakan adalah pisang pisang bulu, raja, atau kepok, orang Trenggalek memakai pisang kawak. Itu kenapa rasanya lebih manis dan gurih.

Karena popularitasnya yang tinggi, kamu bisa menjumpai kudapan ini di pusat oleh-oleh khas Trenggalek. Namun, kamu juga bisa mencarinya langsung ke rumah produksinya, seperti yang terletak di Krajan Kulon.

Lokasi: RT.09/RW.04, Krajan Kulon, Widoro, Kecamatan Gandusari
Harga: Rp55.000 (per kg)

5. Geti

jajanan khas Trenggalek

Wikimedia Commons/Arnaud 25

Sekilas, makanan khas Trenggalek yang terkenal ini memang mirip dengan manco. Hal ini karena kehadiran sangrai biji wijen yang melumuri geti. Hanya saja, bahan pembuatannya berbeda, karena geti menggunakan campuran gula aren dan kacang tanah.

Selain perbedaan bahan, kamu bisa membedakan geti dan manco dari teksturnya. Jika manco punya tekstur yang legit, tekstur geti sedikit lebih keras. Kudapan ini punya tekstur, rasa, dan bentuk yang mirip dengan nougat khas Italia dengan dominasi rasa karamel yang pastinya ampuh menggugah selera.

Lokasi: Jalan Raya Kranding, Bendorejo, Kecamatan Pogalan
Harga: Rp26.000 (500 gram)

6. Sambel Pecel

pusat oleh-oleh khas Trenggalek

Shopee/Toko Riokio

Gak jauh berbeda dengan daerah di Jawa Timur lainnya, Trenggalek juga punya sambel pecel yang istimewa. Sambel ini punya cita rasa yang kaya, dengan campuran antara rasa pedas, asam, manis, dan gurih.

Aromanya pun lebih keluar karena di dalamnya ada campuran kacang sangrai, jeruk purut, kencur, daun jeruk, dan kecombrang. Biasanya, sambel ini paling enak jika kamu campurkan dengan sayur-sayuran. Selain itu, kamu juga bisa memakai sambel ini untuk cocolan bengkoang, mangga, dan buah lain.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Lokasi: Dusun Gajah RT04/RW02, Desa Duren, Kecamatan Tugu
Harga: Rp55.000 (per kg)

7. Ikan Asap

makanan khas Trenggalek yang terkenal

Wikimedia Commons/Sakurai Midori

Makanan ini sangat pas untuk kamu bawa ke rumah sebagai buah tangan. Sebab, setelah diasapi, ikan bisa bertahan lebih lama lagi. Jika ikan segar hanya bertahan 1-2 hari, ikan asap bisa bertahan hingga 7 hari di suhu ruangan dan 14 hari jika kamu menyimpannya di kulkas.

Sebenarnya, ikan asap ini sudah matang sehingga bisa kamu santap secara langsung. Namun, rasanya akan lebih enak jika kamu bumbui dengan bumbu kuning atau bumbu merah. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi panas agar rasanya lebih mantap.

Lokasi: WP5G+5G9, Ngetal, Kecamatan Pogalan
Harga: Rp35.000 – Rp100.000 (per kg, tergantung jenis ikan)

8. Kopi Trenggalek 

minuman khas Trenggalek 

Wikimedia Commons/Jeff Kubina

Selain makanan, ada juga minuman khas Trenggalek yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Itu adalah kopi Trenggalek, khususnya yang berasal dari Lereng Gunung Sengungklung. Kualitas kopinya sangat mantap dan punya aroma yang kuat. Tingkat keasamannya pun pas, jadi kopi ini cocok di lidah semua orang.

Kopi Sengungklung termasuk kopi robusta dan pernah menjuarai Lomba Manual Brewing dan Cita Rasa Kopi di Kabupaten Trenggalek. Kopi ini hampir mendapat nilai sempurna dari segi aroma, rasa, aftertaste, balance, acid, salt, sweet, bitter, mouthfeel, dan overall.

Lokasi: RHPH+R5R, RT.01/RW.01, Krajan, Sumberbening, Kecamatan Dongko
Harga: Rp160.000 (per kg)

Jadi, dari berbagai oleh-oleh khas Trenggalek, mana yang paling menarik perhatian kamu? Selain berbagai jenis buah tangan tersebut, Trenggalek juga masih punya banyak buah tangan yang bisa kamu buru.

Temukan rekomendasi kuliner, cafe, restoran, dan toko oleh-oleh di Kabupaten Trenggalek di aplikasi Horego. Unduh aplikasinya sekarang juga melalui Play Store atau App Store!