5 Ayam Goreng Enak di Jogja, Legendaris dan Selalu Laris!

January 12, 2024

Share to:

Daftar Isi

Ayam goreng emang gak pernah gagal. Gak ada musim tertentu untuk menentukan kapan kamu bisa makan hidangan enak satu ini. Kalau kamu lagi ngebet pengen makan ayam goreng sekarang, berikut adalah rekomendasi restoran ayam goreng enak di Jogja yang bisa kamu kunjungi!

1. Ayam Goreng Bu Tini

Feby Arzoeady/Google Review

Kalau dilihat sekilas, restoran ayam goreng ini terkesan sama dengan resto lain. Tapi kalau kamu datang di jam sibuk, kamu bakal tau kalau Ayam Goreng Bu Tini ini laku banget. Kalau kamu datang telat sedikit aja, pasti harus menunggu lama.

Tapi gak apa-apa, ayam goreng enak di Jogja ini emang top rasanya. Kamu yang suka ayam goreng bacem dengan rasa yang manis pasti suka dengan menu di sini. Daging ayamnya lembut, juicy, dan rasa bumbunya meresap banget. Pencinta berbagai makanan bacem pasti suka.

Oh iya, di sini gak cuma jual ayam goreng dan nasi aja, lho. Kamu yang suka nyemil jajanan pasar bisa beli di sini juga. Jadi habis makan ayam goreng yang manis dan gurih, kamu bisa langsung nikmati dessert yang gak kalah enaknya.

Alamat: Jl. Sultan Agung No.17, Gunungketur, Pakualaman
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.30 – 21.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Ayam goreng bacem, ayam goreng gurih
Telepon: (0274) 543670

2. Ayam Goreng Co-De

Sartika Rachmad/Google Review

Masih dengan ayam goreng enak di Jogja, kalau kamu stay di Pakualaman, bisa nih mampir ke Ayam Goreng Co-De. Space restorannya lumayan besar dan bangkunya banyak, bisa buat makan sekeluarga.

Ayam Goreng Co-De ini cocok untuk kamu yang suka ayam goreng manis. Di sini, ayam kampung dibumbu bacem sampai marinasi dan menyerap, lalu di goreng. Kalau kamu makan ayamnya pas lagi panas, rasanya jadi lebih enak. Bumbu ayam gorengnya juga wangi banget, kamu yang makan di tempat pasti bisa cium aromanya yang merebak di toko.

Nggak cuma ayam, mereka jual burung puyuh juga, lho. Menu yang ini pasti agak asing untuk banyak orang. Karena itu, jangan lupa untuk coba makanannya kalau kamu berkunjung!

Alamat: Jl. Jagalan – Beji No.19, Purwokinanti, Pakualaman
Jam buka: Senin – Minggu , pukul 08.30 – 21.00
Harga: Rp20.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Ayam 1/2 tanpa kepala, es teh
Telepon: (0274) 549947

3. Ayam Goreng Mbok Sabar

Alifia Jihan/Google Review

Ayam goreng enak di Jogja ini bisa dibilang legendaris karena sudah berdiri dari dulu. Ayam Goreng Mbok Sabar ini sudah berdiri sejak tahun 80-an. Beberapa pengunjung mungkin sudah ke sini dari kecil bersama orangtuanya hingga mereka membawa anaknya sendiri.

Bagi warga lokal, mungkin mereka pernah coba ayam goreng enak di Jogja ini seenggaknya sekali. Bumbu dari Ayam Goreng Mbok Sabar khas dengan rasa manis, tidak banyak lemak, dan daging empuknya. Sambil makan ayam, kamu juga diberikan sambal yang ada sedikit rasa manisnya juga.

Bukan cuma soal rasa, tapi restoran Ayam Goreng Mbok Sabar ini juga masih terjangkau harganya. Dengan 30 ribu kamu bisa nikmati ayam, sambal, dan lalapan lengkap.

Jangan lupa untuk mampir, ya!

Alamat: Jl. Jagalan – Beji No.23, Purwokinanti, Pakualaman
Jam buka: Senin – Minggu , pukul 08.00 – 21.00
Harga: Rp30.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi gendhing paha, teh sereh
Telepon:  (0274) 588467

4. Ayam Goreng Bugisan Yogyakarta

ayam goreng enak di Jogja

Benedict/Google Review

Kamu lagi cari tempat makan ayam goreng enak di Jogja yang cukup luas untuk makan rame-rame? Kamu bisa coba cek Ayam Goreng Bugisan Yogyakarta. Tempatnya mudah ditemukan, punya space yang lumayan besar, dan ada 2 lantai. Di atas lebih diutamakan para tamu yang memang ingin membuat acara. Di sini juga ada mushola dan toilet yang cukup bersih.

Soal rasa, Ayam Goreng Bugisan Yogyakarta dikenal enak. Daging ayamnya empuk dan bumbunya meresap dengan baik. Ayam ini sudah pasti bakal makin enak kalau disantap saat masih panas.

Sambal yang disuguhkan untuk cocol ayamnya juga manis, cocok untuk orang yang gak bisa makan makanan pedas. Tapi kalau kamu prefer yang lebih pedas, mereka juga ada kok.

Kalau kamu penasaran, restoran ayam goreng ini jaraknya cuma sekitar 5 menit dari SMK Seni 2 atau sekitar 300meter aja. Selamat mencoba!

Alamat: Bugisan St No.42, Jomegatan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul
Jam buka: Senin – Minggu , pukul 07.00 – 21.00
Harga: Rp26.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi ayam, lalapan, gorengan
Telepon: (0274) 378110

5. Ayam Goreng Ny. Suharti

Empoe Hartanto/Google Review

Kalau yang ini pasti sudah gak asing lagi. Masalahnya restoran ayam goreng enak di Jogja  ini emang sudah punya beberapa branch di tempat lain dan sama larisnya seperti di kota asal.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Restoran ayam goreng enak di Jogja yang satu ini memang sudah berdiri sejak 1961. Nah, restoran yang berdiri di Gedong Kuning ini adalah restoran Ayam Goreng Ny. Suharti yang pertama.

Resepnya masih asli sejak awal dibuka. Menunya yang khas adalah ayam goreng kampung yang asin dan gurih, lalu ditambah kremesnya yang renyah. Kamu tinggal tambahkan sambal deh biar hidanganmu lengkap. Kamu juga bisa beli tahu atau tempe agar lebih kenyang.

Kamu yang berkunjung ke sini harus sabar karena restoran ayam goreng enak di Jogja yang satu ini nyaris nggak pernah sepi pembeli. Selamat mencoba!

Alamat: Jl. Gedongkuning No.187, Pringgolayan, Banguntapan
Jam buka: Senin – Minggu , pukul 08.30 – 21.00
Harga: Rp50.000 – Rp75.000/orang
Menu favorit: Ayam goreng kremes
Telepon: (0274) 383765

Nah itu dia beberapa rekomendasi ayam goreng enak di Jogja yang wajib kamu coba! Ada rekomendasi ayam goreng di Bandung dan ayam goreng di Bogor juga yang bisa kamu kunjungi!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.