10 Rekomendasi Bakso Enak di Solo yang Paling Badabest

February 20, 2024

Share to:

Daftar Isi

Ngomongin kulineran di Solo udah pasti gak lepas dari bakso. Kota yang terletak di Jawa Tengah ini emang dikenal sebagai surganya pecinta bakso sejati. Mulai dari bakso rusuk, bakso goreng, hingga bakso sapi yang ngedaging banget, semuanya bisa kamu temuin di sini. Kalau kamu lagi nyari tempat makan bakso enak di Solo, baca rekomendasinya dari Horego ini, ya!

1. Bakso Kadipolo

Bakso Kadipolo, bakso enak di solo

Tiniek Sri Sunartini/Google Review

Salah satu tempat makan bakso enak di Solo yang wajib kamu datengin adalah Bakso Kadipolo. Tempatnya ada di Jl. Ronggowarsito No. 163, Kecamatan Banjarsari. 

Menu favorit yang bisa kamu cobain di Bakso Kadipolo adalah bakso balungannya. Seporsinya, kamu bakal dapetin bakso sapi, iga sapi, bakmi, tetelan, dan pangsit goreng.

Kuahnya maknyus pol dan baksonya kenyal. Kalau udah diracik sama kecap, saos, dan sambelnya, dijamin pengen nambah lagi dan lagi!

Uniknya, tempat makan bakso di Solo ini juga menyediakan prasmanan dengan berbagai macam menu masakan khas Jawa. Jadi kalau seporsi bakso belom bikin kamu kenyang, kamu bisa nambah menu lain yang udah disediain di prasmanannya. 

Lokasinya gak jauh dari Monumen Pers Nasional. Dari situ, kamu bisa jalan kaki sejauh 350 meteran aja buat sampai di Bakso Kadipolo. 

Alamat: Jl. Ronggowarsito No. 163, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 21.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Bakso balungan
Telepon: 0815-6750-005

2. Bakso Titoti

Bakso Titoti, bakso enak di solo

Moch Ihsan/Google Review

Ngomongin bakso enak di Solo, gak lengkap kalau kita gak ngebahas Bakso Titoti. Tempat makan bakso ini cabangnya ada di mana-mana!

Pilihan baksonya pun bermacam-macam, seperti bakso spesial, bakso urat, dan bakso telor. Menu lainnya juga gak kalah enak, sebut aja mie ayam bakso, sop daging sapi, sampai somay goreng. 

Gak heran kalau salah satu bakso terenak di solo ini selalu rame didatengin pengunjung. Soalnya, baksonya ngedaging banget dan rasa tepungnya gak dominan! Udah gitu, rasa kaldu pada kuahnya kuat banget. Gurihnya pol-polan! 

Untuk hidangan penutupnya, tempat makan bakso enak di Solo ini menyediakan berbagai macam jus yang nyegerin, seperti jus alpukat, jus melon, jus jambu, dan jus sirsak. 

Ada juga menu es campur, es jeruk, es teh lemon, dan soda gembira yang cocok banget buat diminum setelah makan bakso. 

Alamat: Jl. Honggowongso No. 35, Serengan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 20.00 (Jumat pukul 12.30 – 20.00)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Bakso
Telepon: 0813-2626-8668

3. Bakso Remaja

Bakso Remaja, bakso enak di solo

Dwi Suparto/Google Review

Kalau mau makan bakso enak di Solo yang ada irisan daging sapinya, kamu bisa dateng ke Bakso Remaja yang berlokasi di Jl. Kartopuran No. 8, Kecamatan Serengan.

Selain irisan daging sapi, seporsi bakso terkenal di Solo ini juga dilengkapi dengan tahu dan sawi yang disajikan terpisah. 

Pilihan baksonya juga variatif, kamu bisa pesen mulai dari bakso urat, bakso halus, sampai bakso isi telor utuh. 

Oh iya, kamu juga bisa cobain bakso komplit dengan pangsit goreng. Cocok banget dipesen buat kamu yang suka makan bakso dengan sensasi kriuk. 

Tempatnya gak terlalu jauh dari destinasi wisata Kampung Batik Kauman. Kalau naik kendaraan pribadi atau ojol, kamu cuma perlu menempuh jarak 1 kilometer atau sekitar 3 menitan aja buat sampai di Bakso Remaja. 

Alamat: Jl. Kartopuran No. 8, Serengan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 19.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Bakso komplit

4. Bakso Pak Ruk

Bakso Pak Ruk, bakso enak di solo

Elisa Septian/Google Review

Bakso Pak Ruk merupakan tempat makan bakso enak di Solo yang cukup legendaris. Bayangin aja, tempat ini udah berjualan sejak tahun 1952 dan masih ada sampai sekarang!

Seporsi Bakso Pak Ruk dilengkapi dengan bakso, bihun, mie kuning, pangsit goreng, tahu rebus, tetelan, dan juga kuah yang kaldu sapinya berasa banget. 

Selain bakso-baksoan, kamu juga bisa request bakso dengan topping balungan atau olahan tulang sapi. 

Buat kalian yang gak bisa makan bakso tanpa sensasi kriuk, jangan khawatir. Soalnya, bakso enak di Solo ini menyediakan lumpia dengan isi rebung yang nikmat banget. 

Alamat: Jl. Jamsaren No. 20, Serengan, Solo
Jam buka: Selasa – Minggu, pukul 10.00 – 21.30 (Senin tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Bakso

5. Bakso Mblenger

Bakso Mblenger, bakso enak di solo

Bakso Mblenger/Google Review

Lagi ngidam bakso yang rasanya pedes dan porsinya jumbo? Langsung aja mampir ke Bakso Mblenger yang ada di Jl. MT Haryono No. 38, Kecamatan Banjarsari. 

Salah satu menu yang recommended buat dicobain di tempat makan bakso enak di Solo ini adalah bakso mblenger spesialnya. Seporsinya dilengkapi sama bakso granat, bakso keju, bakso urat, dan bakso goreng. Lengkap banget!

Kalau mau yang pedesnya pol-polan, pesen aja bakso cincang spesial membaranya. Bakso yang satu ini diisi sama daging cincang dengan bumbu super pedes. Dijamin bikin bibir dower!

Tempat makan bakso jumbo di Solo ini juga menyajikan bakso beranak spesial yang ukurannya barbar. Pas kamu buka bakso jumbonya, kamu bakal ‘dikagetin’ sama banyaknya bakso kecil di dalamnya. 

Jika pengen yang lebih unik lagi, kamu bisa cobain bakso cincang spesial blackpeppernya. Bakso jumbo yang satu ini diisi sama daging cincang dengan bumbu blackpepper yang menggugah selera. 

Alamat: Jl. MT Haryono No. 38, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 21.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Bakso mblenger spesial
Telepon: 0895-0530-6754

6. Bakso Alex

Bakso Alex, bakso enak di solo

Hariyanto Boris/Google Review

Tempat makan bakso enak di Solo lainnya yang wajib kamu datengin adalah Bakso Alex

Seporsi bakso di sini disajikan dengan bakso halus, bakso urat, mie, dan pangsit goreng. Salah satu daya tarik dari tempat makan bakso ini adalah bakso yang halus dan ngedaging banget. 

Gak cuma itu, kuah kaldu sapinya juga berasa maksimal. Jadi rasa gurihnya maksimal!

Selain bakso-baksoan, Bakso Alex juga menjual mie ayam bakso, ayam kampung goreng, dan siomay yang gak kalah enak. 

Setelah makan berat, ada banyak pilihan jus, es buah, dan es jeruk yang bisa nyegerin tenggorokanmu. 

Lokasi tempat makan bakso enak di Solo ini cukup gampang ditemuin karena gak jauh dari taman Pracima Tuin milik Mangkunegoro VII. Dari situ, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 210 meteran aja buat sampai di Bakso Alex. 

Alamat: Jl. Yosodipuro No. 12B, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 21.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Bakso
Telepon: 0815-6780-0004

7. Bakso Urat Pak Samiyo

Bakso Urat Pak Samiyo, bakso enak di solo

Zuhdi Azmi Fauzi/Google Review

Buat pecinta bakso khas Wonogiri, jangan sampai gak nyobain Bakso Urat Pak Samiyo yang ada di Jl. Slamet Riyadi No. 324, Kecamatan Kartasura. 

Di tempat makan bakso enak di Solo ini, ada beberapa menu yang bisa kamu pesen, yaitu bakso urat dan bakso campur. Kalau pesen bakso urat, kamu bakal dikasih 2 bakso urat berukuran besar. Jika bakso campur, kamu bakal dapet 1 bakso urat dan 3 bakso biasa. 

Sebagai pelengkapnya, seporsi Bakso Urat Pak Samiyo juga dilengkapi sama sayur sawi hijau, mie/bihun, dan gorengan kulit pangsit yang nambah sensasi kriuk. 

Bakso urat di sini terkenal empuk. Gak seperti kebanyakan bakso urat yang alot kalau dikunyah. 

Udah gitu, harga seporsinya merakyat banget, yaitu mulai dari Rp15.000-an aja. Gak bikin kantong bolong!

Horego Aplikasi Cari Makanan

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 324, Kartasura, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 20.30
Harga: Rp15.000/orang
Menu favorit: Bakso urat, bakso campur

8. Bakso Kalilarangan

Bakso Kalilarangan, bakso enak di solo

Jefry Setiawan/Google Review

Pecinta bakso goreng wajib cobain Bakso Kalilarangan yang ada di Jl. Yos Sudarso No. 129, Kecamatan Pasar Kliwon. 

Bakso goreng di sini disajikan sama kuah yang ngaldu banget. Potongan bakso gorengnya juga gede-gede, dijamin puas banget makannya!

Seporsi bakso enak di Solo ini pun dilengkapi sama bakso urat dan bihun putih yang bakal bikin sensasi makannya jadi lebih nikmat. 

Gak susah, kok, buat nyari lokasi Bakso Kalilarangan. Soalnya, tempat makan bakso ini deket sama Kampung Batik Kauman. Dari destinasi wisata yang terkenal di Solo itu, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 650 meteran aja buat sampai di Bakso Kalilarangan.

Alamat: Jl. Yos Sudarso No. 129, Pasar Kliwon, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 21.00 (Jumat tutup)
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bakso goreng
Telepon: 0271-652980

9. Bakso Patung Kuda

Bakso Patung Kuda, bakso enak di solo

Eko Budi Utomo/Google Review

Lagi nyari bakso enak di Solo yang letaknya di sekitaran Manahan? Kamu bisa dateng ke Bakso Patung Kuda. 

Ada banyak jenis bakso yang bisa kamu pesen di sini, mulai dari bakso halus dan bakso yang isinya telor puyuh. Tapi, bakso spesial yang selalu jadi incaran pengunjung di Bakso Patung Kuda adalah bakso uratnya.

Seporsi bakso di sini juga dilengkapi sama sawi hijau yang fresh dan gorenga kulit pangsit. 

Gak cuma itu, kamu pun bisa request gajih atau tetelannya yang krenyel-krenyel dan bikin ketagihan. 

Alamat: Jl. Banyuanyar Selatan, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 21.30
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bakso urat
Telepon: 0857-1377-7084

10. Bakso Rusuk Palur

Bakso Rusuk Palur, bakso enak di solo

Burhanz Abdeelah/Google Review

Salah satu tempat makan bakso enak di Solo yang menyajikan tulang rusuk sapi dan tetelan sapi yang melimpah adalah Bakso Rusuk Palur. Lokasinya ada di Jl. Solo-Karang Anyar/Jl. Solo-Tawang Mangu No. 7, Kecamatan Mojolaban. 

Seporsi baksonya dilengkapi sama tulang rusuk dan tetelan sapi yang royal banget. Bakso halusnya juga gak kalah enak, apalagi kalau udah diracik sama kecap manis, saos, dan sambelnya yang pedas. 

Biar makin nikmat, jangan lupa minta bihun putih dan sawi hijaunya juga. Dijamin gak cukup satu mangkok!

Alamat: Jl. Solo-Karang Anyar/Jl. Solo-Tawang Mangu No. 7, Mojolaban, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 21.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Bakso rusuk
Telepon: 0812-2503-6668

Itu dia rekomendasi bakso enak di Solo yang bisa kamu datengin bareng keluarga atau temen. Kalau kamu lagi nyari kulineran di Solo lainnya, seperti restoran Korea di Solo, cafe di Solo, atau destinasi kuliner malam di Solo, langsung aja cek di Horego, ya!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.