5 Tips dan Contoh Plating Makanan dengan Visual yang Estetik

May 2, 2024

Share to:

plating makanan

Daftar Isi

Ketika menikmati sebuah hidangan di restoran mewah atau kafe yang nyaman, mata kamu pasti sering dimanjakan dengan tampilan estetis dari hidangan tersebut. Nah, itu merupakan seni plating makanan yang udah jadi bagian penting dalam dunia kuliner modern. Mau tau lebih lanjut lagi? Simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Plating Makanan?

Plating adalah seni dan teknik penyajian makanan yang menarik secara visual di atas piring atau wadah lainnya sebelum disajikan kepada pelanggan.

Praktik ini gak cuma menyangkut tata letak makanan di atas piring, tapi juga melibatkan pemilihan piring, dekorasi, dan penggunaan saus atau hiasan lain untuk meningkatkan estetika dan presentasi makanan.

Tujuan utama dari plating makanan adalah membuat hidangan terlihat menarik dan menggugah selera. Selain itu, konsumen juga diharapkan mendapatkan pengalaman makan yang menyenangkan dan berkesan. Gak cuma untuk pelanggan, plating juga jadi suatu hal yang berkaitan dengan koki.

Plating makanan biasanya digunakan para koki untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan mencerminkan gaya, tema restoran, atau tema acara tertentu.

Prinsip Plating Makanan

Ada beberapa prinsip dasar yang biasanya diperhatikan dalam plating. Penasaran ‘kan? Berikut penjelasannya:

1. Keseimbangan dan Kontras

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penyusunan eleman makanan dengan proporsi yang seimbang, kontras, dan menarik. Mulai dari warna, tekstur, hingga bentuknya.

2. Harmoni Warna

Para koki biasanya menggunakan warna-warna makanan yang cocok dan menarik secara visual. Contohnya, menyusun sayuran berwarna-warni atau menghidangkan buah-buahan segar.

3. Penggunaan Ruang

Ruang yang dimaksud pada prinsip ini adalah space pada piring yang dimanfaatkan secara efisien dan estetis. Para koki biasanya akan meletakkan makanan di tengah piring atau menyusunnya secara melingkar.

4. Kreativitas

Plating harus dilakukan dengan percaya diri. Para koki dituntut untuk berani bereksperimen dengan bentuk, susunan, dan hiasan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan presentasi yang unik dan menarik.

5. Konsistensi

Prinsip terakhir dalam plating adalah menjaga konsistensi penyajian untuk mencipatakan kesan profesional dan terorganisir.

Tips Plating Makanan yang Estetik

Berikut merupakan beberapa tips plating yang bisa kamu terapkan agar visual makanan yang disajikan lebih estetik dan cantik:

1. Gunakan Piring yang Sesuai

Hal paling pertama dan penting yang harus diperhatikan adalah memilih piring yang sesuai dengan jenis hidangan yang akan disajikan. Piring yang lebih besar akan cocok untuk hidangan porsi besar juga, kayak nasi tumpeng atau nasi kuning. Piring kecil bisa digunakan untuk plating hidangan lain, kayak sate atau gado-gado.

2. Perhatikan Warna

Gunakan berbagai warna alami dari bahan makanan untuk menciptakan kontras yang menarik. Misalnya, tambahkan irisan sayuran berwarna-warni atau saus berwarna cerah sebagai hiasan di atas hidangan.

3. Susun dengan Rapi

Susun komponen-komponen hidangan dengan rapi dan simetris untuk menciptakan tampilan yang menarik. Gunakan bentuk dan tekstur yang berbeda untuk menciptakan variasi dalam penyajian.

4. Hias dengan Sederhana

Gunakan hiasan sederhana, kayak irisan cabai, daun hijau, atau bawang goreng untuk menambahkan detail dan rasa pada hidangan.

5. Hindari Overcrowding

Jangan menumpuk terlalu banyak komponen di atas piring. Biarkan setiap komponen punya ruang sendiri untuk bernapas agar tampilan hidangan jadi lebih menarik.

Contoh Plating Makanan Tradisional

Kalau dengan kata plating, yang terlintas dipikiran pasti makanan Western yang mewah. Tapi, jangan salah! Plating makanan Indonesia yang gak kalah cantik. Cari tau yuk lewat ulasan berikut ini!

1. Nasi Tumpeng

Contoh plating makanan tradisional yang paling populer adalah nasi tumpeng. Hidangan tradisional Jawa yang disajikan dalam bentuk kerucut ini umumnya dilengkapi dengan berbagai lauk-pauk yang dihias dengan cantik. Penyajian nasi tumpeng memberikan kesan megah dan meriah, cocok untuk acara-acara spesial.

2. Pecel

Pecel adalah hidangan khas Jawa Timur yang terdiri dari sayuran rebus, kayak kacang panjang, bayam, dan kangkung, lalu disiram dengan sambal kacang.

Hidangan tradisional ini bisa lho disajikan dengan menerapkan tips serta prinsi plating makanan sehingga membuatnya sederhana namun menarik. Perpaduan warna-warna cerah dari sayuran serta bumbu kacang yang melimpah membuat visual hidangan ini jadi lebih estetik.

Welcome Reward Horego

3. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan makanan tradisional yang kini telah mendunia, membuatnya sering kali melalu proses plating yang menarik.

Nasi yang dibentuk bulan dihiasi dengan irisan timun, tomat, serta telur mata sapi yang disusun dengan rapi dengan memperhatikan kontras warna dan bentuk. Hal ini menjadikan nasi goreng jadi punya kesan visual yang menarik dan lezat.

4. Pisang Ijo

Siapa yang gak kenal pisang ijo? Hidangan khas Makassar ini udah populer banget di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Gak cuma enak, pisang ijo punya tampilan yang memanjakan mata karena perpaduan warnanya.

Pisang yang dibalut dengan adonan hijau dipadukan dengan siraman santan berwarna putih dan sirup cocopandan merah di atasnya, membuat visual cantik dari hidangan ini gak pernah gagal buat menggugah selera.

5. Klepon

Plating makanan juga bisa lho diterapkan untuk camilan kecil dan manis khas Jawa bernama klepon. Warna hijaunya yang cantik jadi semakin menarik dengan tambahan taburan kelapa parut di atasnya.

Plating makanan satu ini bisa dilakukan dengan menyusun beberapa buah klepon lalu membelah salah satunya agar cairan gula merah yang ada di dalamnya bisa terlihat meleleh. Menambahkan poin estetik yang bisa memanjakan mata.

Itu dia ulasan menarik seputar plating yang mungkin belum kamu tau. Plating makanan bisa lho kamu jadikan sarana untuk menambah nafsu makan. Selamat mencoba, ya!

Masih penasaran soal ulasan makanan lainnya? Kamu bisa cek artikel kue tradisional, makanan kontinental, dan makanan mewah di Horego!

Tulis review di Horego banyak untungnya, lho! Dapatkan voucher makanan sampai smartphone terbaru cuma dengan bikin review yang bagus. Yuk, download Horego dan buat review sebanyak-banyaknya!