Daftar Oleh-Oleh Khas Purwokerto yang Banyak Diburu Turis

March 3, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Purwokerto

Daftar Isi

Ketika berkunjung ke Purwokerto, kira-kira apa saja yang kamu cari? Sebagian besar dari kamu pasti memburu keindahan alamnya yang seakan gak ada dua. Namun selain itu, ternyata ada banyak oleh-oleh khas Purwokerto yang banyak diburu turis, lho.

Karena itu, setelah selesai healing, jangan lupa untuk berburu makanan khas Purwokerto yang bisa kamu bawa pulang ke rumah sebagai buah tangan. Mulai dari kudapan ringan hingga berat bisa kamu temukan di Kota Pendidikan ini. Jadi, sudah siap untuk mengulik apa saja yang dapat kamu beli?

1. Kopi Gunung Slamet

minuman khas Purwokerto

Google Review/Hernawan Susilo

Sudah menjadi rahasia umum jika Gunung Slamet adalah salah satu tujuan wisata utama di Kota Pelajar ini. Nah, jika kamu bertandang ke sana, jangan lupa untuk mencoba kopi khasnya. Kopi ini adalah minuman khas Purwokerto yang punya rasa unik dan enak.

Ketika kamu menyeruput kopinya, akan ada aftertaste dark chocolate, cocoa, nutty, dan rasa manis yang pas. Selain itu, kopi ini juga punya caffeine yang gak terlalu kuat. Jadi, kopi ini cocok buat kamu yang gak terlalu suka rasa pahit yang muncul dari kopi.

Lokasi: Pusat Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Seberang Sate Martawi, Jalan Kalibener Proliman Nomor 9, RT.04/RW.02, Purwokerto Kulon
Harga: Rp205.000 – Rp245.000 (per kg, tergantung varian)

2. Mendoan

jajanan khas Purwokerto

Wikimedia Commons/Hersy ardianty a

Jika kamu sedang mencari oleh-oleh Purwokerto murah, maka mendoan adalah pilihan terbaiknya. Kudapan yang terbuat dari tempe ini punya harga yang sangat terjangkau. Jadi, kamu bisa sekaligus membeli banyak untuk buah tangan orang-orang di rumah.

Gak cuma murah, mendoan juga punya rasa yang enak. Rasanya dominan asin dan gurih. Jadi, kamu bisa menyantapnya di hampir segala situasi. Dengan tambahan sausnya, rasa tempe mendoan pasti akan jauh lebih enak.

Menariknya, kamu gak cuma bisa mencoba mendoan yang sudah jadi. Namun, kamu juga bisa membeli mendoan mentah untuk kamu masak di rumah. Bahkan, ada mendoan raksasa yang sempat viral di media sosial.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Jalan Mayjend. Sutoyo Nomor 21, Sawangan, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat
Harga: Rp5.000 – Rp125.000 (per pc, sesuai ukuran dan varian)

3. Getuk Goreng

getuk goreng khas Purwokerto

Wikimedia Commons/Midori

Selain mendoan, getuk goreng juga termasuk jajanan khas Purwokerto yang gak kalah terkenal. Karenanya, gak heran kalau kamu bisa dengan mudah menemukan penjual getuk goreng khas Purwokerto di hampir setiap sudut jalan. Harganya pun nyaman di kantong hampir semua orang.

Gak jauh berbeda dengan getuk varian lainnya, getuk goreng juga terbuat dari singkong. Hanya saja, jika proses pembuatan varian getuk lain dikukus, maka getuk khas Kota Pendidikan ini dibuat dengan cara digoreng. Jadi, teksturnya garing di luar dan lembut di dalam.

Lokasi: H6CR+QF4, Jalan Jenderal Sudirman, Kongsen, Purwokerto Kulon, Kecamatan Sokaraja
Harga: Rp20.000 (500 gram)

4. Lanting – Oleh-Oleh Khas Purwokerto Terfavorit

makanan ringan khas Purwokerto

Wikimedia Commons/Midori

Masih seputar kudapan yang terbuat dari singkong, kamu juga bisa lho mencoba lanting. Makanan ringan khas Purwokerto ini punya rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Jadi, kamu bisa menjadikan kudapan ini sebagai teman ngemil di perjalanan pulang sekaligus buah tangan untuk orang rumah.

Menariknya, ada banyak varian rasa yang bisa kamu pilih. Selain rasa bawang atau original, kamu juga bisa mencoba lanting rasa balado, keju, BBQ, dan rasa-rasa lainnya.

Sebagai kudapan ringan yang punya popularitas tinggi, kamu juga bisa menemukan lanting di banyak toko oleh-oleh khas Purwokerto.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Jalan Situmpur Nomor 85, Karangbawang, Purwokerto Kulon, Kecamatan Purwokerto Selatan
Harga: Rp20.000 – Rp35.000 (per kg, tergantung varian)

5. Nopia

oleh-oleh khas purwokerto kekinian

Google Review/Nopia & Mino Pak Narwan

Bosan dengan makanan asin dan gurih? Kamu gak perlu khawatir karena Kota Pelajar juga punya nopia. Sekilas, kudapan ini terlihat seperti bakpia. Hal ini wajar, karena kedua kudapan ini memakai terigu sebagai bahan utamanya. Namun, isian nopia adalah gula merah dan ukurannya lebih kecil.

Menariknya, meski kudapan ini terkenal sebagai kue tradisional, namun kini nopia dianggap sebagai oleh-oleh khas purwokerto kekinian, lho. Sebab, kini isiannya gak terbatas pada gula merah saja, namun ada juga nopia isi durian, coklat, dan lain-lain.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Jalur Gumilir – Purwokerto, Sawangan, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat
Harga: Rp15.000 (per bungkus)

6. Telur Asin

oleh-oleh Purwokerto murah

Wikimedia Commons/Lalalalabpi

Telur bebek asin khas Kota Pelajar gak cuma enak untuk kamu santap sebagai kudapan. Kamu juga bisa menyantapnya dengan nasi panas atau menyampurnya dengan bahan masakan yang lain. Gak heran kalau oleh-oleh ini sangat populer dan menjadi favorit keluarga yang datang ke Kota Pendidikan.

Lokasi: Jalan Pejagalan Nomor 1, Pertabatan, Purwokerto Kidul, Kecamatan Purwokerto Selatan
Harga: Rp7.500 (per pcs)

Horego Aplikasi Cari Makanan

7. Keripik Tempe

toko oleh-oleh khas Purwokerto

Wikimedia Commons/Midori

Rasanya kurang afdol jika kamu berkunjung ke Kota Pelajar tanpa membawa keripik tempe sebagai oleh-oleh. Meskipun kudapan ini ada di hampir seluruh Indonesia, namun ada yang spesial dari keripik tempe khas Kota Pendidikan.

Hal ini karena keripik tersebut terbuat dari kedelai lokal yang terkenal lezat. Gak cuma itu saja, potongannya pun sangat tipis dan renyah. Jadi, gak heran kalau ada banyak orang yang gak mau melewatkan kesempatan untuk jajan keripik tempe saat ada di daerah Kota Pelajar.

Bahkan, karena kudapan ini sangat populer, kamu hanya perlu datang ke pusat oleh-oleh khas Purwokerto untuk memburu jajanan ini.

Lokasi: Jalan Pramuka Nomor 221a, Pertabatan, Purwokerto Kidul, Kecamatan Purwokerto Selatan
Harga: Rp22.500 (per bungkus)

8. Tempe Gembus

pusat oleh-oleh khas Purwokerto

Wikimedia Commons/Wibowo Djatmiko

Masih berkaitan dengan tempe, tempe gembus juga sangat layak untuk kamu coba. Sebab, tempe ini sangat unik karena terbuat dari ampas tahu, gak seperti tempe yang lain. Karena itu, wajar jika kandungan proteinnya gak sebanyak tempe pada umumnya.

Hanya saja, kurangnya protein ini dibayar tuntas karena tempe gembus punya kandungan serat yang tinggi. Bahkan, tempe ini ampuh untuk mengatasi diare dan juga gangguan pencernaan yang lain.

Lokasi: Jalan Mayjend. Sutoyo Nomor 21, Sawangan, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat
Harga: Rp500 – Rp5.000 (per bungkus, tergantung ukuran)

Jadi, apakah kamu sudah tahu akan membawa pulang oleh-oleh khas Purwokerto yang mana? Ternyata, selain makanan di atas, Kota Pelajar masih punya banyak kuliner yang bisa kamu buru, lho. Kamu pun bisa mengeksplornya dengan mudah via aplikasi Horego.

Jadi, tunggu apa lagi? Unduh Horego sekarang juga melalui Play Store atau App Store!