Wajib Coba! Ini 14 Makanan Khas Purwokerto yang Lezat dan Beragam

February 12, 2024

Share to:

makanan khas purwokerto

Daftar Isi

Purwokerto adalah ibukota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang kaya akan budaya dan kulinernya. Makanan khas Purwokerto sering dijadikan destinasi kuliner dan oleh-oleh incaran bagi banyak orang. Yuk cari tau apa aja hidangan Purwokerto yang wajib dicicipi!

Makanan Khas Purwokerto

Berikut adalah beberapa makanan khas Purwokerto yang wajib dicoba kalau berkunjung:

1. Sroto Sokaraja

Makanan satu ini adalah soto khas dari Purwokerto yang biasanya berisi daging ayam kampung. Gak cuma enak, soto ini juga unik karena menggunakan bumbu sambal kacang dan potongan ketupat di dalam mangkuknya. Sroto Sokaraja biasanya disajikan dengan mendoan hangat untuk menambah kenikmatan cita rasanya.

2. Kraca

Kalau suka seafood unik dengan cita rasa tradisional, kamu gak boleh ngelewatin yang namanya kraca kalau berkunjung ke Purwokerto.

Makanan ini terbuat dari siput atau keong sawah yang dimasak dengan bumbu dan rempah khas Purwokerto. Rasanya gurih dan cocok banget buat dimakan bareng nasi putih hangat.

3. Gethuk Goreng

Gethuk goreng adalah jajanan tradisional Purwokerto yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula merah. Adonan tadi kemudian digoreng hingga matang dan berwarna kecokelatan. Rasanya manis dan gurih dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

4. Mendoan

Makanan ringan satu ini gak cuma populer di Purwokerto tapi juga di berbagai daerah lain di Indonesia. Mendoan terbuat dari tempe yang dibaluri dengan adonan tepung terigu, lalu digoreng dalam minyak panas. Rasanya yang gurih bikin mendoan cocok buat dijadikan camilan atau lauk pendamping untuk hidangan apapun.

5. Tegean

Tegean adalah makanan khas Banyumas yang merupakan Kabupaten dari Purwokerto. Makanan ini sebenarnya sayur bening yang umum diketahui banyak orang, cuma namanya aja yang beda. Terdiri dari bayam, wortel, dan jagung yang disajikan dengan rendaman kuah bening, tegean cocok banget buat dimakan bareng nasi hangat.

6. Kampel

Kampel adalah makanan khas Purwokerto berupa gorengan gurih yang jadi favorit banyak orang. Makanan ini terbuat dari dage, ketupat, dan sambal yang digoreng setelah dibaluri dengan adonan tepung. Rasanya gurih pedas dan biasanya dimakan bareng cabai.

7. Lumpia Boom

Makanan khas Purwoketo satu ini punya tekstur yang renyah dan rasa yang gak kalah enak. Beda dari lumpia legendaris Semarang yang punya isian rebung, lumpia boom berisi daging ayam cincang yang sudah dibumbui.

Ukurannya cukup besar dan rasa gurihnya dijamin bikin nagih. Makanan ringan ini cocok buat dijadikan oleh-oleh atau camilan santai.

8. Gesret

Kuliner Purwokerto satu ini juga dikenal sebagai makanan khas Banyumas yang punya cita rasa unik. Gesret terbuat dari singkong parut sebagai bahan utamanya.

Singkong parut tadi dicampur dengan gula Jawa lalu dikukus hingga matang. Gesret biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

9. Cimplung

Cimplung adalah makanan khas Purwokerto yang terbuat dari dua bahan simple, yaitu singkong dan gula merah yang dimasak bersama-sama hingga matang. Rasa makanan ringan ini manis dan cocok banget buat dijadikan camilan santai atau teman ngopi.

10. Sahoun Ayam

Makanan khas Purwokerto satu ini punya tampilan yang mirip kayak kwetiau. Sahoun ayam terbuat dari campuran adonan tepung beras dan tepung aci yang dimasak hingga bertekstur kenyal.

Sahoun ayam disajikan dengan kuah sup segar yang dengan suwiran ayam sebagai topping-nya. Cocok banget buat dimakan saat cuaca sedang dingin.

11. Sate Bebek Tambak

Meskipun berasal dari Kecamatan Tambak di Banyumas, sate bebek tambak juga populer di Purwokerto. Sama kayak namanya, makanan ini terbuatd dari potongan daging bebek muda yang ditusuk dan dibakar. Sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kecap dan sambal kacang yang menggugah selera.

12. Nopia

Camilan satu ini punya tampilan yang hampir mirip dengan bakpia, tapi rasanya berbeda. Nopia adalah makanan khas Purwokerto yang terbuat dari adonan tepung terigu. Camilan ini biasanya berisi gula merah, jadi rasanya manis. Nopia cocok buat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tersayang.

13. Jenang Jaket

Jenang ini bukan terbuat dari jaket, ya! Nama makanan ini adalah singkatan dari Jenang Asli Ketan. Jenang jaket terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan gula merah dan santan hingga matang dan bertesktur kenyal.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Makanan ini berwarna cokelat dan populer banget di Purwokerto karena rasanya yang manis. Jenang jaket cocok buat camilan santai di sore hari atau untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

14. Lembutan

Lembutan adalah makanan khas Purwokerto berupa ikan berukuran kecil yang dimasak dengan bumbu dan rempah khas. Makanan ini sering digoreng garing dengan balutan tepung yang gurih. Cocok untuk dijadikan lauk pendamping nasi putih hangat dan sambal.

Nah, itulah ragam makanan khas Purwokerto yang enak dan patut dicoba! Selamat bereksplorasi kekayaan kuliner Purwokerto!

Selain Purwokerto, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya di Horego Guide, kayak makanan khas Toraja, makanan khas Gresik, dan makanan khas Purbalingga.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.