Berburu Oleh-Oleh Khas Sumedang, Bukan Cuma Tahu!

March 3, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Sumedang

Daftar Isi

Jalan-jalan ke Sumedang, jangan lupa membeli tahu. Ternyata, kalimat itu bukan hanya sekadar pantun, lho. Hal ini karena tahu merupakan salah satu oleh-oleh khas Sumedang yang paling populer. Karena itu, wajar jika kudapan ini adalah hal pertama yang kamu cari ketika berkunjung ke kota ini.

Namun selain tahu, ternyata masih ada banyak oleh-oleh khas Sumedang yang bisa kamu bawa ke rumah. Jadi, sudah siap untuk berburu makanan khas Sumedang yang cocok untuk dijadikan buah tangan?

1. Tahu

ciri khas tahu Sumedang

Wikimedia Commons/Serenity

Ketika berbicara tentang oleh-oleh khas Sumedang yang paling populer, tahu pasti akan menjadi juara satu. Kudapan yang terbuat dari kedelai ini sudah populer sejak tahun 1917 karena merupakan kudapan favorit Bupati Sumedang.

Pembuatnya adalah Ong Kino dan bisnis ini dilanjutkan oleh anaknya Ong Bungkeng. Karena itulah tahu Sumedang juga dikenal dengan nama Tahu Bungkeng. Ciri khas tahu Sumedang adalah kulit luarnya yang renyah. Sedangkan isinya hampir kopong dengan perpaduan rasa yang gurih dan asin.

Tahu ini cocok untuk kamu santap bersama dengan cabe kecil (cengek) atau saus tauco. Kamu pun bisa dengan mudah menemukannya di hampir setiap sudut jalan Sumedang. Namun, jika ingin mencoba yang original, kamu bisa mampir ke Tahu Bungkeng 1917.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Sumedang, Jalan Sebelas April Nomor 53, Kotakaler, Kecamatan Sumedang Utara
Harga: Rp10.000 (per 10 pcs)

2. Kadedemes – Oleh-Oleh Khas Sumedang Terunik

makanan khas Sumedang

YouTube/Febby RF

Bila kamu mencari rekomendasi oleh-oleh khas Sumedang selain tahu, kadedemes bisa jadi pilihan alternatif. Kudapan ini terbuat dari singkong. Namun ada plot twist di sini, sebab bagian singkong yang digunakan bukanlah umbinya, tapi kulitnya.

Meskipun terbuat dari kulit singkong, namun kandungan gizi kadedemes sangat tinggi, lho. Makanan ini mengandung vitamin C dan B, serta tanin dan amilum. Rasanya pun enak, dengan perpaduan gurih dan pedas.

Kamu bisa menemukan kudapan ini dengan mudah di berbagai restoran di Sumedang. Namun, yang paling populer adalah Rumah Makan Ceu Een di Jatinangor.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Sumedang, Bumi Perkemahan Kiara Payung, Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor
Harga: Mulai Rp10.000

3. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu Sumedang

Wikimedia Commons/Sakurai Midori

Belum ke Sumedang rasanya jika belum mencicipi ubi Cilembu. Ubi ini berbeda dengan ubi lainnya, karena rasanya yang manis seperti madu. Gizinya pun sangat kaya, dengan kandungan zat besi, magnesium, potassium, hingga vitamin A, B6, C, serta D.

Meskipun manis, namun ubi ini gak akan menyebabkan diabetes, kok. Bahkan, penderita diabetes pun bisa menyantap makanan khas Kabupaten Sumedang ini tanpa rasa takut. Hal ini karena Ubi Cilembu Sumedang sama sekali gak mengandung gula dan pemanis buatan lain, jadi aman untuk kesehatan.

Menariknya, karena popularitasnya, kamu bisa menemukan Ubi Cilembu di hampir setiap sudut Sumedang. Namun, yang paling banyak jelas di daerah asalnya, yaitu di Jalan Raya Cilembu.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Sumedang Kawasan Jalan Raya Cilembu Nomor 53, Cilembu, Kecamatan Pamulihan
Harga: Rp18.000 (per kg)

4. Sawo Citali

makanan khas Kabupaten Sumedang

Wikimedia Commons/Ksbrown

Gak cuma ubi, Sumedang ternyata juga punya sawo spesial yang terasa lebih manis dari sawon jenis lain. Namanya adalah Sawo Citali. Ketika masuk ke dalam mulut, sawo akan lumer dan menciptakan sensasi luar biasa yang pasti akan membuatmu ketagihan.

Selain dimakan langsung, kamu juga bisa membuat berbagai makanan lain dari sawo ini, misalnya seperti wajik. Jadi, buah yang satu ini memang sangat pas untuk kamu bawa ke rumah sebagai buah tangan.

Meskipun gak sepopuler dan gak memiliki kios sebanyak Ubi Cilembu, namun kamu tetap bisa dengan mudah menemukan penjual Sawo Citali di pinggir jalan. Khususnya jika kamu berkunjung ke Desa Sukatali, Kecamatan Situraja.

Lokasi: Desa Sukatali, Kecamatan Situraja
Harga: Rp25.000 (per kg)

5. Peuyeum Sampeu

oleh-oleh khas Sumedang selain tahu

Wikimedia Commons/Midori

Kudapan ini termasuk ke dalam kuliner legendaris di Sumedang. Kehadiran peyeum sampeu atau tape singkong sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Bahkan, ada banyak orang Eropa yang ketagihan dengan rasa manis dan sedikit asam dari fermentasi singkong ini.

Kudapan ini bisa kamu temukan di banyak tempat, terutama di pusat oleh-oleh khas Sumedang. Hanya saja, produsen peuyeum sampeu yang paling populer ada di Tanjungsari.Tanpa diolah pun, rasa tape ini tetap mantul.

Lokasi: Jalan Raya Nomor 112, Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari
Harga: Rp14.000 (per kg)

6. Bolen Ubi

pusat oleh-oleh Sumedang

Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata

Ingin membawa pulang oleh-oleh kekinian namun tetap ada sentuhan ciri khas Sumedang di dalamnya? Bolen ubi adalah jawabannya. Jika biasanya isi bolen adalah pisang, divarian ini kamu akan menemukan ubi ungu.

Rasanya manis karena ubinya berasal dari Ubi Cilembu, namun tidak akan terasa enek dan overwhelming sebab ada campuran pastry dan keju. Bolen ini tersedia di Kartika Sarah Cabang Sumedang. Gak cuma bolen, di sini kamu juga bisa menemukan lapis ubi Cilembu.

Lokasi: Jalam Prabu Geusan Ulun Nomor 92, Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan
Harga: Rp80.000 (per bungkus)

7. Oncom

kuliner legendaris di Sumedang

Wikimedia Commons/Hariadhi

Karena merupakan Kota Tahu, gak heran jika oncom Sumedang juga populer bagi pendatang. Bahkan, ada oncom yang gak cuma terkenal di dalam negeri saja, namun sudah melanglang buana ke Singapura dan Dubai. Oncom tersebut bernama Oncom Pasir Reungit dan sudah eksis sejak tahun 1960.

Jadi, oncom ini termasuk oleh-eh yang legendaris. Sama seperti namanya, oncom ini berasal dari Desa Pasir Reungit, sehingga kamu bisa dengan mudah menemukannya di sini.

Lokasi: 6238+2QV, Pasir Reungit, Kecamatan Paseh
Harga: Rp5.000 (per pcs)

8. Opak Oded

kuliner khas Sumedang

Wikimedia Commons/Lany pirna

Jika kamu mencari teman ngopi atau ngeteh, opak bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kudapan yang terbuat dari ketan ini memiliki tekstur yang renyah. Kamu pun gak perlu khawatir dengan kolesterol, karena cara membuat opak ini adalah dengan dibakar.

Lokasi: 7245+JJ2, Jalan Legok – Conggeang, Conggeang Wetan, Kecamatan Conggeang
Harga: Rp22.500 (180 gram)

Jadi, sudah tahu mana oleh-oleh khas Sumedang yang akan kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah? Selain makanan-makanan tersebut, Sumedang juga menyimpan banyak kekayaan kuliner lain yang bisa kamu eksplorasi.

Karena itu, unduh aplikasi Horego melalui Play Store atau App Store sekarang juga untuk berburu rekomendasi kuliner terbaik yang ada di Sumedang!