12 Makanan Khas Sumedang yang Nikmat untuk Memanjakan Lidah

January 5, 2024

Share to:

makanan khas sumedang

Daftar Isi

Sumedang, sebuah kabupaten di Jawa Barat, Indonesia, tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga karena kekayaan budaya dan kuliner yang memikat.  Tak hanya tahu, makanan khas Sumedang lainnya juga mencerminkan kearifan lokal dan kekayaan budaya kota tersebut.

Kuliner Sumedang menawarkan hidangan-hidangan yang lezat dan otentik. Daerah ini memiliki berbagai makanan khas yang mencerminkan warisan tradisional dan keanekaragaman rempah-rempah. Penasaran apa saja makanan khas Sumedang yang kelezatannya bisa bikin ketagihan? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Makanan Khas Sumedang

Berikut adalah beberapa kuliner khas Sumedang yang patut dicicipi:

1. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu adalah varietas ubi jalar khas Sumedang yang terkenal akan kelembutannya dan rasa manis alaminya. Ubi Cilembu sering diolah menjadi hidangan manis, seperti ubi bakar, es campur, atau kue-kue tradisional. Ubi Cilembu merupakan camilan yang lezat dan populer di berbagai acara atau sebagai oleh-oleh khas Sumedang.

2. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang terkenal karena kekenyalan dan kelembutan teksturnya. Dipadu dengan kuah kacang atau kecap, tahu ini menjadi hidangan yang ringan namun memuaskan. Tahu Sumedang sering diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, dibakar, atau direbus.

3. Asinan Sukasari

Asinan Sukasari adalah makanan khas Sumedang yang terdiri dari potongan buah-buahan, seperti nanas, bengkoang, dan ketimun, yang direndam dalam campuran air gula aren, air asam, dan bumbu lainnya. Asinan Sukasari memiliki cita rasa yang unik, yaitu manis, asam, dan pedas secara bersamaan.

4. Soto Bongko

Soto bongko adalah variasi soto khas Sumedang yang berbeda dengan soto pada umumnya. Kuah soto bongko cenderung lebih kental, mirip seperti kuah kari. Isiannya pun tergolong unik karena tidak menggunakan ayam ataupun mie bihun, melainkan tahu, tauge, lontong, dan kerupuk.

5. Oncom Pasireungit

Oncom Pasireungit merupakan makanan khas Sumedang yang memiliki cita rasa khas, dengan kelembutan dan kekenyalan berbeda dari oncom lainnya. Oncom Pasireungit sering diolah menjadi berbagai hidangan, seperti oncom goreng, oncom rebus, atau digunakan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai masakan tradisional.

6. Kadedemes

Makanan khas Sumedang satu ini cocok buat kamu para pecinta makanan tradisional unik. Kadedemes terbuat dari kulit singkong yang ditumis bersamaan dengan bawang, cabai, dan tomat. Hidangan ini memiliki rasa gurih nikmat serta tekstur yang unik. Kadedemes cocok disajikan bersamaan dengan nasi putih.

7. Salak Bongkok

Salak bongkok merupakan salah satu varietas buah salak yang khas dari daerah Sumedang. Salak Bongkok memiliki kulit yang tebal dan keras, berwarna cokelat kehitaman dengan sisik-sisik yang menutupi permukaannya. Rasa buah salak bongkok sangat manis dengan sedikit keasaman, serta memiliki tekstur yang kenyal dan renyah.

8. Opak Conggeang

Opak conggeang adalah makanan khas Sumedang yang terbuat dari campuran bahan utama seperti ketan, kelapa parut, dan gula kelapa. Proses pembuatannya melibatkan pemanggangan hingga matang. Opak conggeang memiliki bentuk pipih, dan sering dihidangkan sebagai camilan tradisional atau sebagai oleh-oleh khas Sumedang.

9. Nasi Tutug Oncom

Salah satu ikon kuliner Sumedang yang tidak boleh dilewatkan adalah nasi tutug oncom. Nasi ini dimasak dengan cara ditutug (digeprek) bersama dengan oncom, hasil fermentasi dari biji kacang kedelai. Paduan antara nasi yang harum dan lembut dengan oncom yang gurih menciptakan hidangan yang unik dan lezat.

10. Sawo Citali

Sawo Citali adalah varietas sawo atau sapodilla yang khas dari daerah Citali, Sumedang. Buah ini memiliki ciri khas bentuk yang lebih kecil dan warna kulit yang cenderung kecokelatan. Daging buah sawo Citali memiliki warna yang bervariasi antara putih hingga kekuningan, dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

11. Emplod

Emplod adalah makanan khas Sumedang yang terbuat dari olahan singkong. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat emplod selain singkong adalah minyak goreng, garam, dan kelapa. Emplod merupakan camilan favorit masyarakat Sumedang yang memiliki tekstur renyah dan cita rasa manis yang khas.

Horego Aplikasi Cari Makanan

12. Sambal Oncom

Sambal Oncom adalah makanan khas Sumedang yang terbuat dari bahan utama oncom yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang, terasi, dan garam. Sambal Oncom memiliki cita rasa pedas, gurih, dan beraroma khas oncom. Hidangan ini sering dijadikan pelengkap dalam makanan nasi atau lauk lainnya.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Sumedang , mulai dari camilan, makanan berat, hingga buah-buahan yang tumbuh di kota tersebut. Keunikan cita rasa dan kekayaan rempah yang terkandung dalam setiap hidangan menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Jadi, jika kamu berkunjung ke Sumedang, pastikan untuk menyelusuri kelezatan makanan khasnya yang memikat selera.

Selain Sumedang, kamu juga bisa cek makanan khas daerah Indonesia lainnya di Horego Guide, seperti makanan khas Sumbawa, makanan khas Bima, dan makanan khas Demak.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.