8 Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian, Wajib Dibawa Pulang!

March 3, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Surabaya

Daftar Isi

Apakah kamu punya rencana untuk berkunjung ke Surabaya dalam waktu dekat? Jika iya, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya sebelum pulang ke rumah. Hal ini karena Surabaya terkenal dengan berbagai jenis kuliner kekinian yang lezat.

Jajanan khas Surabaya pun sangat beragam, ada yang punya rasa manis, asin, gurih, pedas, dan rasa-rasa lainnya. Penasaran apa saja makanan yang bisa kamu coba? Ini daftar rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya khusus unukmu!

1. Lapis Kukus Pahlawan

kue lapis khas Surabaya

Website/Lapis Kukus Pahlawan

Gak jauh berbeda dengan lapis kukus lain, bahan utama pembuatan Lapis Kukus Pahlawan adalah terigu, telur, dan beberapa bahan lainnya. Hanya saja, ada yang spesial dari lapis kukus ini, yaitu pilihan rasanya yang sangat bervariasi.

Selain rasa original, kamu akan menemukan lapis kukus rasa lain yang kekinian, seperti red velvet. Lalu, ada juga lapis kukus kemasan mini atau minipack bagi kamu yang ingin mencoba lebih dari satu rasa.

Menariknya, oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini memiliki banyak cabang, salah satunya ada di Ciliwung.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Surabaya, Jalan Ciliwung Nomor 76, Darmo, Kecamatan Wonokromo
Harga: Rp18.000 – Rp36.000 (tergantung ukuran dan varian)

2. Surabaya Patata

oleh-oleh khas Surabaya kekinian

Website/Surabaya Patata

Seiring dengan tren cake artis, kakak beradik Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis mendirikan Surabaya Patata. Dengan cepat, cake ini menjadi oleh-oleh khas Surabaya kekinian yang wajib kamu bawa pulang. Hal ini karena cake tersebut berbahan dasar kentang.

Menariknya, cake ini punya filling yang bisa meleleh di dalam mulut. Tekstur cakenya pun lembut dan cocok untuk kamu jadikan teman ngeteh atau teman ngopi. Rasa yang bisa kamu pilih sangat bervariasi, mulai dari keju, green tea, nutella, tiramisu, dan lain-lain.

Tertarik untuk mencoba cake yang terbuat dari kentang ini? Kamu bisa langsung datang ke outletnya. Ada banyak pilihan outlet yang bisa kamu datangi, salah satunya outlet di dekat Stasiun Gubeng.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Surabaya, Jalan Gubeng Masjid Nomor 35, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari
Harga: Rp80.000 – Rp85.000 (tergantung ukuran dan varian)

3. Almond Crispy Wisata Rasa

camilan khas Surabaya

Blibli/Indraprastha

Sama seperti namanya, tekstur camilan khas Surabaya ini krispi, gak jauh berbeda dengan keripik. Hanya saja, rasanya akan berbeda karena kudapan ini bukan terbuat dari ubi atau ketela, namun dari terigu, gula, margarin, dan beberapa bahan yang lain.

Di atasnya ada potongan almond. Itu kenapa nama kudapan ini adalah almond crispy. Rasanya manis dan gurih. Ketahanannya pun cukup lama, yaitu sekitar 2 minggu di suhu ruangan. Jadi, jika kamu tinggal di luar kota atau pulau, kudapan ini cocok untuk dibawa pulang ke rumah sebagai buah tangan.

Karena termasuk buah tangan yang populer, kamu bisa dengan mudah menemukan almond crispy di pusat oleh-oleh khas Surabaya. Namun, jika kamu ingin langsung membeli dari pionernya, kamu bisa datang ke Wisata Rasa.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Surabaya, Jalan Basuki Rahmat Nomor 72, Tegalsari, Kecamatan Tegalsari
Harga: Rp65.000 (per bungkus)

4. Spikoe Resep Kuno

kue khas Surabaya

Google Review/Dwi Lie

Sekilas, layering cake ini memang gak terlihat jauh berbeda dengan layering cake yang lain. Namun ternyata, seperti namanya, Spikoe Resep Kuno menggunakan resep lapis tradisional dari zaman dulu. Bahan-bahan yang digunakan pun berada dalam kelas premium, sehingga rasanya legit dan lezat.

Ada empat pilihan rasa berbeda yang bisa kamu eksplorasi, yaitu rasa original, plum, kismis, dan speculaas. Jadi, sudah siap untuk mencoba kue lapis khas Surabaya yang satu ini?

Lokasi: Jalan Rungkut Madya Nomor 41, Rungkut Kidul, Kecamatan Rungkut
Harga: Rp95.000 – Rp325.000 (tergantung ukuran dan varian)

5. Cakue Peneleh

kuliner legendaris di Surabaya

Google Review/Tanjung Herman

Jika kamu sedang berburu kuliner legendaris di Surabaya, Cakue Peneleh patut dicoba. Kudapan ini terletak di dalam Pasar Atom dan sudah eksis sejak tahun 1988 silam. Meski begitu, kedainya gak pernah sepi pembeli karena rasanya yang gurih dan nikmat.

Rasa yang tersedia gak cuma rasa original saja, namun juga ada cacake rasa ayam dan rasa udang. Inilah yang membedakannya dengan cacake yang lain.

Lokasi: Jalan Bunguran Nomor 45, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan
Harga: Rp70.000 (10 pcs)

6. Almond Tart Pahlawan

oleh-oleh khas Surabaya murah

Instagram/Kue Lapis Pahlawan

Selain layering cake, Surabaya juga punya pastry yang gak kalah enak, salah satunya adalah almond tart. Tekstur tart-nya renyah saat digigit. Hal ini bertolak belakang dengan tekstur lembut cake bolu yang berada tepat di atas tart. Lalu, ada potongan almond yang memperkaya tekstur kudapan ini.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Bagi kamu yang mencari oleh-oleh khas Surabaya murah, pastry ini juga bisa jadi pilihan. Sebab, harganya hanya berkisar di Rp21.000 hingga Rp23.000 saja per 4 pcs.

Lokasi: Jalan Ciliwung Nomor 76, Darmo, Kecamatan Wonokromo
Harga: Rp21.000 – Rp23.000 (4 pcs)

7. Pentol Cempaka

pusat oleh-oleh khas Surabaya

Google Review/Alvin Gunawan

Jika kamu lebih suka makanan asin dan pedas, Pentol Cempaka worth it untuk dicoba. Gak cuma makan langsung di tempat, namun kamu juga bisa membeli pentol frozen untuk dibawa pulang. Jadi, kamu hanya tinggal mengukusnya kembali saat sudah sampai di rumah sebelum menyantapnya.

Pilihannya pun beragam, mulai dari pentol halus, kasar, siomay, tahu isi, dan lain-lain. Bahkan, jika kamu ingin lebih puas, ada pilihan pentol dengan ukuran yang lebih besar yang bisa kamu coba. Semuanya ada di kedai pentol yang ada di Jalan Cempaka.

Lokasi: Jalan Cempaka Nomor 9, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng
Harga: Rp40.000 (50 pcs)

8. Sambal Bu Rudy – Oleh-Oleh Khas Surabaya Terpopuler

jajanan khas Surabaya

Google Review/Delivery Sambal Bu Rudy

Sebagai orang Indonesia, sangat wajar jika kamu suka makan sambel. Salah satu sambel yang populer dan menjadi ikon Kota Surabaya adalah Sambal Bu Rudy. Di sini, kamu bisa menemukan sambel bawang, sambel ijo, sambel pecel, sambel terasi, dan lain-lain.

Lokasi: Jalan Dharmahusada Nomor 144, Mojo, Kecamatan Gubeng
Harga: Rp27.000 – Rp30.000 (tergantung varian)

Jadi, apakah kamu sudah menentukan oleh-oleh khas Surabaya kekinian mana yang akan kamu bawa pulang? Selain makanan-makanan tersebut, masih ada banyak kuliner khas Kota Pahlawan ini yang wajib kamu coba.

Eksplorasi pilihan kuliner Surabaya di aplikasi Horego sekarang juga! Unduh aplikasinya melalui Play Store atau App Store!