9 Rekomendasi Angkringan di Solo Paling Enak dan Murah Meriah

February 21, 2024

Share to:

Daftar Isi

Angkringan, atau yang lebih populer dengan julukan wedangan di Solo, adalah kuliner malam yang menunya bermacam-macam dan harganya merakyat. Kamu bisa menyantap sate-satean atau gorengan dengan dengan nasi kucing yang nikmatnya tiada tara. Nah, buat kamu yang lagi nyari angkringan di Solo, baca rekomendasinya dari Horego ini, ya!  

1. Wedangan Nala Gareng

Wedangan Nala Gareng, angkringan di solo

Wedangan Nala Gareng/Google Review

Salah satu angkringan di Solo yang paling populer adalah Wedangan Nala Gareng. Tempatnya nyaman banget dan cukup luas buat menampung banyak pengunjung sekaligus. 

Buat kamu yang lagi pengen menghangatkan badan, kamu bisa pesen wedang di angkringan Gareng Solo. Biar makin nikmat, jangan lupa pesen tape ketannya juga, ya!

Kalau pengen makan yang gurih-gurih, Wedangan Nala Gareng menyajikan nasi bungkus teri yang sambelnya pedes pol. Cita rasanya bakal lebih enak lagi kalau dimakan sama sate-sateannya. 

Cara pesen makanan di angkringan ini cukup unik. Kamu harus ambil piring yang udah disediain, terus tinggal pilih nasi dan lauknya. Terus, pelayan bakal menghangatkan lauk yang kamu pilih. 

Alamat: Jl. Basuki Rahmat No. 6, Laweyan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 16.00 – 23.00 (Rabu tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi sambal teri, tape ketan, wedang
Telepon: 0813-8605-5025

2. Wedangan Pendhopo

Wedangan Pendhopo, angkringan di solo

Lahiq Murtadia/Google Review

Angkringan atau wedangan emang identik sama gerobak dorong. Tapi jangan salah, ada juga angkringan di Solo yang tempatnya estetik dan mengingatkan kita dengan rumah khas zaman kolonial. Nama tempatnya Wedangan Pendhopo!

Begitu kamu masuk ke Wedangan Pendhopo, kamu bakal disambut sama musik gamelan dan bau dupa yang membuat suasana Jawanya makin kental.

Salah satu menu paling favorit di angkringan terdekat dari Solo Paragon Mall ini adalah jangan ndeso alias sayur lombok ijonya. Sajian berkuah ini cocok banget buat disantap bareng nasi kucing atau gorengan. 

Segala jenis gorengan, sate-satean, dan lauk yang disajikan sama angkringan di Solo ini bisa dibakar agar mengeluarkan cita rasa smokey. 

Kalau kamu berangkat dari arah Solo Paragon Mall, kamu cuma perlu menempuh jarak sekitar 450 meteran aja buat sampai di Wedangan Pendhopo. 

Alamat: Jl. Srigading I No. 20, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 15.00 – 22.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Jangan ndeso

3. Wedangan Mantap

Wedangan Mantap, angkringan di solo

Ntiin Wardjojo/Google Review

Gak melulu buka di malam hari, ada juga angkringan di Solo yang udah jualan sejak jam 7 pagi, yaitu Wedangan Mantap. 

Tapi ingat, angkringan terkenal di Solo ini punya menu yang berbeda kalau di pagi hari. Buat kamu yang pengen sarapan, Wedangan Mantap menyediakan nasi soto, nasi sayur, sampai garang asem.

Beberapa menu paling recommended yang bisa kamu cobain di Wedangan Mantap adalah roti bakar cokelat keju, nasi sayur campur, pisang owol raja, ote-ote, jejak (jeruk jahe kencur), dan sate tahu talu. 

Pilihan nasinya pun variatif, seperti nasi ikan bandeng, nasi teri, nasi tumpang, nasi bakar, nasi pecel, sampai nasi goreng. 

Ada juga menu bubur yang bisa kamu cobain di sini, kayak bubur lemu, bubur sayur, hingga bubur bandeng. 

Kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 800 meter atau sekitar 11 menitan dari Pura Mangkunegaran buat sampai di Wedangan Mantap. Strategis banget, kan, angkringan di Solo yang satu ini?

Alamat: Jl. Sugiyopranoto No. 12, Pasar Kliwon, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 12.30 – 16.00 – 22.30 (Minggu pukul 16.00 – 22.30)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi sayur campur, ote-ote, roti bakar cokelat keju
Telepon: 0818-0259-2816

4. Wedangan Mbah Wiryo

Wedangan Mbah Wiryo, angkringan di solo

San San/Google Review

Wedangan Mbah Wiryo menyandang predikat angkringan di Solo yang legendaris karena udah berjualan sejak tahun 1956 dan masih eksis hingga sekarang. 

Menu yang dihidangkan juga sederhana, seperti sego kucing yang dilengkapi sama sambal dan lauk, tempe bacem, sate-satean, hingga tahu goreng. 

Karena rasanya enak dan harganya murah meriah, bangku-bangku di angkringan di Solo ini hampir gak pernah kosong. Bahkan, Wedangan Mbah Wiryo bisa menghabiskan sekitar 20 kilogram beras setiap akhir pekan!

Salah satu menu yang paling worth to try di sini adalah jadah atau gemblongnya. Rasanya gurih banget, cocok buat disantap sambil nyeruput wedang jahenya. 

Angkringan di Solo ini cukup gampang buat ditemuin karena lokasinya gak jauh dari Stasiun Purwosari. Dari stasiun itu, kamu bisa jalan kaki sejauh 650 meteran aja buat sampai di Wedangan Mbah Wiryo.

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No. 25, Laweyan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 16.00 – 00.30
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Jadah, wedang jahe
Telepon: 0856-4231-8080

5. Wedangan Basuki Sondakan

Wedangan Basuki Sondakan, angkringan di solo

Herliena Sari/Google Review

Wedangan Basuki Sondakan bisa jadi tempat yang cocok didatengin kalau kamu lagi pengen menghangatkan badan di tengah dinginnya cuaca malam Solo. 

Angkringan di Solo ini punya wedang jahe yang khas dan enak banget. Pilihan wedangnya juga banyak yang bisa kamu pilih. 

Kalau pengen makan nasi, kamu bisa cobain nasi sambel teri dan nasi sambel bandengnya yang mantap. Kelezatannya gak ada lawan, apalagi kalau udah disantap bareng kikil, koyor paru, uritan, sate brutu ayam, sampai gorengannya. 

Tempatnya cukup strategis karena gak jauh dari Stasiun Purwosari. Dari situ, kamu bisa jalan kaki sejauh 450 meteran aja buat sampai di Wedangan Basuki Sondakan. 

Alamat: Jl. Agus Salim No. 17, Laweyan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 00.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi sambel teri, nasi sambel bandeng
Telepon: 0852-9073-9299

6. Omah Londo

Omah Londo, angkringan di solo

Omah Londo/Google Review

Omah Londo merupakan angkringan di Solo yang konsepnya vintage banget. Walaupun tempatnya udah didesain secara modern agar bisa menyesuaikan dengan zaman sekarang, cita rasa jadul dari makanannya tetap terjaga!

Sebagai informasi, angkringan di Solo ini terletak di dalam bangunan tua bekas rumah salah seorang petinggi di zaman kolonial Belanda. 

Pilihan makanannya juga banyak, kayak bihun goreng, sego bakar, sego goreng, bakmi goreng, dan berbagai macam lauknya yang nagihin banget!

Untuk minumannya, Omah Londo punya es jahe tape cokelat hingga es teh kampul yang cocok banget buat nemenin momen nongkrongmu di angkringan ini. 

Gak heran kalau angkringan di Solo ini hampir gak pernah sepi. Soalnya, lokasinya strategis banget, cuma 170 meteran doang dari Stasiun Purwosari. 

Alamat: Jl. Agus Salim No. 2A, Laweyan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 23.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi kucing, wedang jahe
Telepon: 0271-713741

7. Angkringan Omah Semar

Angkringan Omah Semar, angkringan di solo

Farid Hendro Adiyanto/Google Review

Angkringan Omah Semar adalah angkringan di Solo yang bangunannya terlihat kayak kafe-kafe kekinian. 

Kalau dari luar, tempat ini gak nampak kayak angkringan. Tapi begitu kamu masuk ke dalamnya, kamu bakal disambut dengan sate-satean yang tertata rapih, mirip seperti yang sering terlihat di angkringan kaki lima!

Kamu bisa nyobain menu seperti nasi berkat, tape goreng, dan nasi krawu empal yang siap memanjakan lidahmu. 

Sate-satean dan gorengannya juga ditaruh berjejer dengan rapih. Jadi kamu tinggal milih dan ambil aja langsung kalau mau makan.

Kamu pun bakal nemuin sederet minuman dengan nama yang unik-unik di Angkringan Omah Semar, sebut aja wedang anti virus dan wedang jokowi. 

Alamat: Jl. Duku 1 No. 2A, Laweyan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 14.00 – 24.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Mie godog Jawa, pisang owol, susu jahe
Telepon: 0817-257-767

8. Wedangan Radjiman Plus

Wedangan Radjiman Plus, angkringan di solo

Wedangan Radjiman Plus/Google Review

Buat kamu yang pengen nonton bola bareng banyak orang sambil nongkrong di angkringan, dateng aja ke Wedangan Radjiman Plus di Jl. Dr. Rajiman No. 554, Kecamatan Laweyan.

Angkringan di Solo ini terkenal sering mengadakan acara nobar kalau ada pertandingan bola yang seru. Ditambah lagi, suasananya nyaman banget, jadi orang-orang bisa nonton tim bola kesayangannya dengan betah. 

Kalau mau makan, pilihan menu dari angkringan di Solo ini cukup banyak, seperti sosis bakar, roti bakar, dan mie instan goreng atau rebus.

Pilihan minumannya juga unik-unik. Kamu bisa cobain tape susu putih, es kapal rasa stroberi, sampai wedang susu uwuh. 

Alamat: Jl. Dr. Rajiman No. 554, Laweyan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 24.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Wedang susu uwuh, roti bakar
Telepon: 0857-2828-3293

9. Cafe Tiga Tjeret

Cafe Tiga Tjeret, angkringan di solo

San Stanis/Google Review

Angkringan di Solo gak melulu berupa gerobak dorong yang jualan di pinggir jalan aja. Tapi ada juga angkringan yang konsepnya modern kayak kafe kekinian, salah satunya Cafe Tiga Tjeret. 

Biarpun suasananya modern dan kekinian, angkringan ini tetap menjaga cita rasa dan konsep penataan makanannya. Kamu bisa milih berbagai jenis nasi kucing dan sate-satean yang udah ditata rapih di meja. 

Pilihan gorengannya banyak banget, mulai dari tahu, tempe, sampai pisang. Untuk sate-sateannya, kamu bisa pesen sate udang, sate usus, sampai sate bakso. 

Kalau mau yang pedes-pedes, angkringan di Solo yang modern ini menyajikan nasi granat. Pas banget buat disantap bareng gorengan dan sate-satean yang disajikan di sini!

Letak angkringan ini gak jauh dari Pura Mangkunegaran. Dari gedung bersejarah itu, kamu tinggal jalan kaki sejauh 150 meter lewat Jl. Ronggowarsito buat sampai di Cafe Tiga Tjeret. 

Alamat: Jl. Ronggowarsito No. 97, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 12.00 – 23.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi granat
Telepon: 0271-630078

Dari daftar angkringan di Solo dalam artikel ini, mana kira-kira yang bakal kamu samperin duluan, nih? Jangan lupa ajak temen atau keluarga biar momen nongkrongmu makin asyik, ya!

Kalau kamu mau nyari rekomendasi kulineran di Solo lainnya, seperti restoran Korea di Solo, cafe di Solo, atau destinasi kuliner malam di Solo, langsung aja cek di Horego, ya!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.