10 Rekomendasi Gudeg di Solo yang Paling Enak dan Mantap

February 21, 2024

Share to:

Gudeg Ceker Bu Witri, gudeg di solo

Daftar Isi

Gudeg adalah makanan yang berasal dari Jogja berupa nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam. Kelezatannya membuat kuliner ini terkenal di seantero Indonesia, termasuk di Solo. Buat kamu yang lagi nyari tempat makan gudeg di Solo yang paling enak dan mantap, baca rekomendasinya dari Horego ini, ya!

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum, gudeg di solo

Dedianto Liem/Google Review

Sebenarnya, Gudeg Yu Djum adalah tempat makan gudeg yang berasal dari Jogja. Tapi karena rasanya yang enak dan banyak orang yang mencarinya, akhirnya Gudeg Yu Djum buka cabang di beberapa tempat, salah satunya di Solo. 

Lokasi Gudeg Yu Djum Solo ada di Jl. Ahmad Yani No. 119, Kecamatan Kartasura dan gak jauh dari Tugu Kartasura. Cuma sekitar 800 meteran aja kalau jalan kaki!

Cita rasa dari gudeg di Solo ini dominan manis. Terus, ada banyak paket yang bisa kamu cobain, seperti nasi gudeg krecek, nasi gudeg krecek pake telor, dan nasi gudeg krecek pake dada ayam. 

Sebagai informasi, Gudeg Yu Djum Solo udah buka sejak jam 7 pagi. Jadi buat kamu yang pengen sarapan gudeg, bisa banget dateng ke sini. 

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 119, Kartasura, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 17.00
Harga: Rp60.000/orang
Menu favorit: Gudeg krecek, gudeg telor
Telepon: 0813-9200-8111

2. Adem Ayem Resto 

Adem Ayem Resto, gudeg di solo

Adem Ayem Resto/Google Review

Adem Ayem Resto adalah salah satu tempat makan gudeg terkenal di Solo. Nasi gudegnya terkenal enak dan cita rasanya bikin ngiler banget!

Buat kamu yang gak terlalu suka gudeg manis, gudeg Adem Ayem Solo cocok banget buat kamu datengin. Soalnya, rasa manisnya pas banget dan gak terlalu dominan. 

Terus, kreceknya gak terlalu pedas dan bersantan. Pas banget buat kamu yang gak demen pedas. 

Seporsi gudeg di Solo yang satu ini dilengkapi sama telor bebek, sayur nangka, krecek, ayam suwir, dan ayam potong. Komplit banget, kan?

Tempat makan gudeg di Solo ini lokasinya gak jauh dari Solo Grand Mall. Dari mall itu, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 190 meteran aja buat sampai di Adem Ayem Resto. 

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 342, Laweyan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 21.00
Harga: Rp50.000/orang
Menu favorit: Gudeg
Telepon: 0271-712891

3. Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg Ceker Bu Kasno, gudeg di solo

Aa Vb/Google Review

Gudeg Ceker Bu Kasno adalah tempat makan gudeg di Solo yang udah ada sejak tahun 1970-an. Di sini, kamu bisa makan nasi gudeg pake sayur nangka, ati ampela, tahu kukus, dan ayam kampung. 

Sesuai namanya, salah satu menu paling spesial dari gudeg di Solo ini adalah ceker ayamnya. Gak usah khawatir susah makannya, karena teksturnya empuk dan rasanya maknyus. 

Per porsi gudeg cekernya berisi 10 biji ceker ayam yang enak. Udah gitu, cekernya dibasahin pake kuah santan yang gurihnya pol-polan. 

Selain nasi, ada juga bubur gudeg yang teksturnya kental dan cair. Harganya pun merakyat banget, mulai dari Rp10.000-an aja!

Uniknya, tempat makan gudeg di Solo ini punya dua jam buka, yaitu dini hari sampai pagi hari dan siang hari sampai tengah malam.  

Alamat: Jl. Wolter Mongonsidi No. 41-43, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 01.30 – 07.00 dan 13.00 – 23.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Gudeg ceker
Telepon: 0271-630703

4. Gudeg Bu Mari

Gudeg Bu Mari, gudeg di solo

Gudeg Bu Mari/Google Review

Kalau kamu pengen makan gudeg di Solo yang legendaris banget, kamu bisa mampir ke Gudeg Bu Mari yang udah jualan sejak 1959. 

Kelezatannya terkenal di mana-mana. Bahkan, beberapa tokoh ternama seperti Megawati, Amien Rais, sampai Hatta Rajasa pernah makan di sini!

Topping gudegnya juga bermacam-macam, kamu bisa pesen seperti telor bacem, ayam suwir, hingga gudeg nangka. Ciri khas dari gudeg di Solo ini adalah rasanya yang pedas!

Jika kamu pecinta pedas sejati, lidah kamu bakal dimanjain banget di sini. Soalnya, Gudeg Bu Mari juga menyediakan cabe rawit utuh yang bisa dimakan sama nasi gudegnya. 

Alamat: Jl. Gatot Subroto, Serengan, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.00 – 24.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg
Telepon: 0857-2527-3355

5. Gudeg Mbak Sulandri

Gudeg Mbak Sulandri, gudeg di solo

Deddy Hoeydiono/Google Review

Kalau biasanya nasi gudeg dilengkapin sama ayam suwir, beda ceritanya sama Gudeg Mbak Sulandri. 

Tempat makan gudeg di Solo ini punya ciri khas topping koyor alias urat kaki sapi di nasi gudegnya. 

Koyornya diolah menjadi sambel goreng koyor atau sambel goreng telur koyor yang nikmatnya tiada tara!

Jika kamu gak suka koyor, kamu gak perlu khawatir. Soalnya, Gudeg Mbak Sulandri juga menyediakan topping lain, kayak ayam, telor, sambel goreng krecek, sampai tahu. 

Untuk pilihan karbonya, kamu bisa milih nasi dan bubur di tempat makan gudeg terdekat dari Stasiun Solo Balapan ini. 

Lokasinya cukup strategis karena gak jauh dari Stasiun Solo Balapan. Dari stasiun ikonik di Solo itu, kamu cuma perlu jalan kaki sekitar 550 meteran buat sampai di Gudeg Mbak Sulandri. 

Alamat: Jl. Hasanudin No. 109C, Banjarsari, Solo
Jam buka: Selasa – Minggu, pukul 08.00 – 16.00 (Senin tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Gudeg koyor
Telepon: 0821-3486-8666

6. Gudeg Mbak Yus

Gudeg Mbak Yus, gudeg di solo

Gudeg Mbak Yus/Google Review

Biarpun tempatnya sederhana, Gudeg Mbak Yus ternyata jadi tempat makan gudeg di Solo yang jadi langganannya Presiden Jokowi, lho!

Kamu bisa makan nasi gudeg dengan topping yang bermacam-macam, kayak ceker ayam yang pedas, uritan, ati ampela, dan masih banyak lagi. 

Cita rasa dari gudegnya dominan manis. Tekstur ayam kampungnya pun empuk banget. Kamu bisa makan nasi gudeg di sini pake berbagai macam menu pelengkap, salah satunya sate koyornya yang terkenal pedas!

Sebagai hidangan penutupnya, Gudeg Mbak Yus menyajikan ketan yang sayang banget buat dilewatin. 

Tempat makan gudeg di Solo ini lokasinya gak jauh dari Pura Mangkunegaran. Dari situ, kamu tinggal jalan kaki sejauh 450 meter atau 6 menitan aja lewat Jl. Ronggowarsito dan Jl. Kartini buat sampai di Gudeg Mbak Yus. 

Alamat: Jl. RA Kartini No. 12, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 10.00 – 00.30 (Selasa tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg
Telepon: 0812-8020-5859

7. Gudeg Ayu

Gudeg Ayu, gudeg di solo

Akbar Sampurno/Google Review

Gudeg Ayu adalah tempat makan gudeg di Solo yang rasa manisnya pas. Terus, topping telornya pake telor bebek yang bikin rasanya makin maknyus. 

Gak cuma itu aja, topping ayamnya pun besar dan empuk, terus kreceknya empuk. Kuah gudegnya pun pedas dan menggugah selera banget!

Tempat makan gudeg di Solo yang udah jualan sejak tahun 2000 ini juga menyediakan ceker ayam manis yang rasanya manis dan pedas. Lengkap banget toppingnya!

Letaknya gak jauh dari Stasiun Solo Balapan. Dari stasiun itu, kamu bisa jalan kaki sejauh 400 meteran aja buat sampai di Gudeg Ayu. 

Alamat: Jl. Gajahmada No. 152, Banjarsari, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.45 – 20.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg
Telepon: 0895-3200-98181

8. Gudeg Setabelan Mbok Nyamik

Gudeg Setabelan Mbok Nyamik, gudeg di solo

Vasayo Parfum/Google Review

Kalau kamu tertarik buat makan di Gudeg Setabelan Mbok Nyamik, pastiin kamu cobain juga sambak rambak alias kreceknya. Rasa pedas dan kelezatannya nagihin banget!

Ngomongin cita rasanya, tempat makan gudeg di Solo yang satu ini gak dominan manis. Jadi kamu masih bisa ngerasain gurih dan asin dari kuahnya. 

Topping lain yang bakal kamu dapetin dalam seporsi Gudeg Setabelan Mbok Nyamik adalah suwiran ayam dan telor pindang utuhnya. Nikmatnya kebangetan!

Kalau kamu mau ngerasain cita rasa makan gudeg pake bubur, Gudeg Setabelan Mbok Nyamik pun menyajikannya, lho. 

Tempat ini tergolong legendaris karena udah berjualan selama lebih dari 50 tahun dan resepnya turun-temurun selama 3 generasi. Jadi kualitas dan rasa nasi gudegnya gak perlu diraguin lagi. 

Alamat: Jl. Abdul Muis, Jebres, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.00 – 10.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg krecek, bubur gudeg
Telepon: 0813-2965-5556

9. Nasi Gudeg Mas Hari

Nasi Gudeg Mas Hari, gudeg di solo

Regita Prameswari/Google Review

Topping nasi gudeg gak melulu suwiran ayam dan krecek doang, kok. Kalau gak percaya, dateng aja ke Nasi Gudeg Mas Hari!

Tempat makan gudeg di Solo ini menyajikan nasi gudeg dengan pilihan topping yang ‘berani’, seperti lele goreng, ayam goreng, paru, babat, limpa, sampai ati ampela ayam. 

Ada juga topping ayam opor, tahu dan telor opor, sampai kepala ayam. Komplit banget, kan?

Biarpun warung makannya sederhana dan harganya murah, banyak pengunjung yang ngakuin kalau Nasi Gudeg Mas Hari punya cita rasa yang mahal. Jadi, never judge a book by its cover, ya!

Alamat: Jl. Dr. Rajiman No. 414, Laweyan, Solo
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 18.00 – 24.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg

10. Gudeg Ceker Bu Witri

Gudeg Ceker Bu Witri, gudeg di solo

Yosafat Ari Wibowo/Google Review

Gak usah khawatir kalau kamu ngidam makan gudeg di Solo pas tengah malam. Soalnya, ada warung gudeg yang buka 24 jam. Nama tempatnya Gudeg Ceker Bu Witri!

Cita rasa gudegnya gak terlalu manis, lebih ke gurih dan asin dari kuah santannya. Terus, porsinya lumayan banyak dan ngenyangin. Kamu pun bisa makan nasi gudeg dengan berbagai macam topping, salah satunya ceker. 

Topping cekernya terkenal empuk banget. Soalnya, cekernya dimasak dengan cara diungkep atau dipresto. Jadi kamu gak bakal kesulitan ketika menyantapnya. Ukurannya juga gede-gede, lho!

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 6, Jebres, Solo
Jam buka: Senin – Minggu, buka 24 jam
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg ceker
Telepon: 0813-9283-1652

Mau nyari kuliner di Semarang lainnya gak kalah nikmat? Gak cuma tempat makan gudeg di Solo aja yang bisa kamu temuin. Kamu juga bisa cari tau rekomendasi restoran Korea di Solo, cafe di Solo, atau destinasi kuliner malam di Solo.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.