10 Rekomendasi Tempat Sarapan di Surabaya yang Enaknya Tiada Tara

January 30, 2024

Share to:

sarapan di surabaya

Daftar Isi

Ada banyak tempat sarapan di Surabaya yang menunya enak-enak. Mulai dari pecel, bubur ayam, sampai rawon, semuanya bisa kamu santap buat isi perut dan memulai hari. Pengen tau apa di mana aja tempatnya? Simak rekomendasinya dari Horego, ya!

1. Bubur Ayam Spensix “Bang Salim”

Bubur Ayam Spensix "Bang Salim", bubur ayam surabaya, sarapan di surabaya

Nayah Ny/Google Review

Salah satu tempat sarapan sarapan pagi di Surabaya yang hampir gak pernah sepi adalah Bubur Ayam Spensix “Bang Salim”

Bubur yang disajikan di sini tipenya gak berkuah. Toppingnya pun cukup lengkap, seperti suwiran daging ayam, cakwe, daun selederi, kerupuk udang, dan bawang goreng. 

Sebagai menu pelengkapnya, tempat sarapan di Surabaya ini menyediakan usus goreng, sate usus, dan sate telor puyuh yang ukurannya gede-gede. Gak bikin nyesel, deh!

Udah gitu, Bubur Ayam Spensix “Bang Salim” juga menyediakan kacang dan sambel di meja yang bisa kamu ambil sepuasnya. 

Lokasinya cukup strategis karena deket sama Harris Hotel & Conventions Gubeng. Dari situ, kamu bisa jalan kaki sejauh 350 meter atau 5 menitan aja buat sampai di Bubur Ayam Spensix “Bang Salim”.

Alamat: Jl. Jawa No. 33, Gubeng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 11.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Bubur ayam
Telepon: 0812-1770-3698

2. Warung Kuning

Warung Kuning, sarapan di surabaya

Jaya Saputro/Google Review

Kalau kamu lagi nyari tempat sarapan di Surabaya yang menyajikan menu makanan berat, kamu bisa dateng ke Warung Kuning di Jalan Kalibokor Selatan, Gubeng. 

Kuliner pagi Surabaya dengan sistem “touch screen” alias nunjuk dari kaca kayak warteg ini menghidangkan menu yang didominasi masakan khas Jawa, seperti rawon, sayur lodeh, sampai ayam panggang bumbu rujak. 

Cita rasanya lebih ke gurih, asin, dan sedikit pedas. Khas Jawa Timuran banget!

Selain nasi putih, kamu bisa pesen nasi kuning dengan berbagai lauk di sini. Ada juga aneka gorengan yang cocok jadi menu pelengkapnya. 

Tempatnya gak jauh dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Kampus Manyar), yaitu sekitar 200 meter atau 3 menitan jalan kaki. 

Alamat: Jl. Kalibokor Selatan, Gubeng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 19.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Sayur lodeh, sayur asem, dadar jagung
Telepon: 0812-3365-6899

3. Pecel Bu Kus

Pecel Bu Kus, sarapan di surabaya

Kenny Jonathan/Google Review

Tempat sarapan di Surabaya selanjutnya adalah Pecel Bu Kus. Gak cuma sayuran aja, pecel di sini bisa disajikan dengan berbagai jenis lauk, seperti empal, babat, paru, ayam, sampai telor. Bumbu kacangnya juara!

Belum lagi tempe mendoannya yang terkenal enak. Ukurannya gak terlalu tipis dan gak berminyak. Tempenya juga udah dipotong-potong sebelum ditaro dimasukin ke pecel. 

Gak cuma nasi pecel aja, Pecel Bu Kus nawarin nasi bandeng goreng, nasi pecel lodeh, nasi sop iga, garang asem ayam, hingga nasi rawon. Lengkap banget, kan?

Tempat ini juga udah buka dari jam 6 pagi. Buat kamu yang pengen ke kantor atau abis olahraga, Pecel Bu Kus bisa jadi pilihan yang tepat!

Alamat: Jl. Barata Jaya XX No. 110, Gubeng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 21.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Nasi pecel
Telepon: 031-5042357

4. Depot Mimi

Depot Mimi, sarapan di surabaya

ChanS/Google Review

Depot Mimi adalah tempat sarapan di Surabaya yang cocok disebut legendaris. Pilihan menunya banyak banget dan worth it buat dikunjungin. 

Sebelum ngomongin makanan beratnya, kita bahas dulu macam-macam snack di sini. Kamu bisa cobain bakpao, lemper, lupis, choipan, pisang goreng, sampai ote-ote!

Untuk makanan beratnya, tempat sarapan enak di Surabaya ini punya ayam penyet, nasi empal, nasi kuning, nasi urap, nasi campur, dan masih banyak lagi!

Selain itu, porsi makanan yang disajikan juga cukup banyak. Cocok buat kamu yang suka sarapan dengan porsi besar!

Alamat: Jl. Darmo Baru Barat XI No. 7, Sukomanunggal, Surabaya
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 06.00 – 15.00 (Minggu tutup)
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Nasi kuning, nasi campur
Telepon: 031-7343984

5. Rawon Pak Pangat Wonokromo

Rawon Pak Pangat Wonokromo, sarapan di surabaya

Inno Yudha/Google Review

Pengen sarapan dengan hidangan yang berkuah? Kamu bisa dateng ke Rawon Pak Pangat Wonokromo yang terletak di Lotus Regency, Jalan Ketintang Baru Selatan, Gayungan. 

Menu spesial di sini udah jelas nasi rawon campur yang isinya ada krengsengan, suwiran empal, toge, kentang, dan tahu. Kuah rawonnya penuh dengan cita rasa yang medok. Rawonnya juga disajikan selagi panas, jadi kamu bisa makan dengan nikmat!

Biar nasi rawon yang kamu makan makin nikmat, tambahin telor asin yang gurih banget. Ada juga tempe goreng dan kerupuk yang bisa kamu pesen. 

Tempatnya juga cukup luas dan bisa menampung banyak pengunjung sekaligus. Jadi, kamu gak perlu takut kehabisan tempat kalau ke tempat sarapan di Surabaya ini!

Alamat: Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Selatan I No. 15, Gayungan, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 20.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Nasi rawon campur
Telepon: 0896-8739-1222

6. Soto Ayam Hartono

Soto Ayam Hartono, soto ayam di surabaya, sarapan di surabaya

Sidik Raharjo/Google Review

Rekomendasi sarapan di Surabaya yang berkuah lainnya adalah Soto Ayam Hartono

Pastikan perut kamu dalam keadaan kosong sebelum ke sini, ya. Soalnya, porsi sotonya terkenal banyak. Gak cuma dikasih nasi, kamu bakal dapet keripik kentang yang dijamin bikin kenyang dan puas. 

Menu soto ayam dari tempat sarapan di Surabaya ini cukup variatif. Gak cuma soto dengan daging ayam biasa aja, kamu juga bisa pesen soto jeroan, soto ceker, atau soto kepala ayam. 

Jangan lupa buat nambahin bumbu koya biar kuah sotonya makin thick dan lezat, ya!

Alamat: Jl. Mas Soenjoto No. 1, Genteng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 23.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Soto ayam campur
Telepon: 0812-1765-9551

7. Lontong Balap Asli Pak Gendut

Lontong Balap Asli Pak Gendut, sarapan di surabaya

Hery/Google Review

Beralih ke lontong balap, kamu bisa cobain Lontong Balap Asli Pak Gendut di Jalan Embong Malang No. 38, Genteng. Lokasinya gak jauh dari Tunjungan Plaza. 

Tempat sarapan di Surabaya yang legendaris ini nawarin lontong balap yang cita rasanya dominan manis. Kamu juga bakal dikasih lentho alias perkedel yang terbuat dari kacang tolo. 

Terus, porsi togenya juga melimpah. Bawang gorengnya pun dikasih banyak sama penjualnya. Nah, biar makin sedap, kamu bisa tambah sate kerang. Dijamin makin maknyus!

Pelayanannya pun cepat, jadi kamu gak perlu nunggu lama setelah duduk di meja buat menyantap lontong balap!

Dari Tunjungan Plaza, kamu cuma perlu jalan kaki sejauh 200 meter atau sekitar 3 menitan buat sampai di Lontong Balap Asli Pak Gendut. 

Alamat: Jl. Embong Malang No. 38, Genteng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Lontong balap
Telepon: 0815-5116-202

8. Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator, sarapan di surabaya

Ufuk Diantho Wibowo/Google Review

Begitu mendengar nama tempatnya, mungkin banyak orang yang penasaran kenapa tempat ini disebut Rawon Kalkulator

Konon katanya, sang penjual punya kemampuan buat menghitung harga makanan dengan cepat. Jadi tempat makan rawon ini disebut dengan nama Rawon Kalkulator!

Daging rawonnya tebel-tebel. Porsi nasinya juga cukup ngenyangin. Sebagai menu pelengkapnya, kamu bisa pesen telor asin, perkedel, sampai tempe goreng. 

Cita rasa kuah rawonnya dominan ke gurih. Kamu bisa minta nasinya dicampur langsung ke kuah rawonnya atau dipisah. Terus, jangan lupa pakai sambelnya yang pedes dan mantap, ya!

Tempat sarapan di Surabaya ini lokasinya gak jauh dari Taman Bungkul yang terkenal di Surabaya. Jadi abis makan rawon, kamu bisa lanjut main atau olahraga di taman ini. 

Alamat: Sentra PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Wonokromo, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 24.00
Harga: Rp25.000/orang
Menu favorit: Rawon, perkedel

9. Soto Ambengan Pak Sadi

Soto Ambengan Pak Sadi, soto ayam di surabaya, sarapan di surabaya

Choky Rice/Google Review

Pengen makan soto ambengan di pusatnya? Kamu bisa dateng ke Soto Ambengan Pak Sadi di Jalan Ambengan No. 3A, Genteng!

Pilihan soto ayam dari tempat sarapan di Surabaya yang legendaris ini cukup banyak, seperti soto daging, soto kulit, soto jeroan, soto brutu, hingga soto rongkong. 

Cita rasa kuahnya kuat banget karena dibuat dengan racikan bumbu tradisional yang konsisten selama puluhan tahun. Kuahnya seger, apalagi kalau udah ditambahin sambel. 

Biar makin mantep rasanya, Soto Ambengan Pak Sadi juga menyediakan jeruk nipis dan koya yang bisa kamu ambil sepuasnya di meja. 

Lokasinya gak jauh dari Museum Pendidikan Surabaya, yaitu sekitar 400 meter aja. 

Alamat: Jl. Ambengan No. 3A, Genteng, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 21.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, soto jeroan
Telepon: 031-5323998

10. Nasi Pecel Bu Joyo

Nasi Pecel Bu Joyo, sarapan di surabaya

Anies Syofyan/Google Review

Cita rasa dari Nasi Pecel Bu Joyo gak perlu diragukan lagi. Warung nasi pecel ini udah buka sejak tahun 1950 dan masih eksis sampai sekarang! 

Salah satu keunikan dan daya tarik dari tempat sarapan di Surabaya ini adalah penggunaan kayu bakar untuk memasak nasi dan sayurannya. 

Ngomongin lauknya, Nasi Pecel Bu Joyo menyediakan empal hingga telor asin yang cocok banget buat dimakan sama nasi pecel. 

Kalau mau ke sini, pastiin kamu dateng lebih awal, ya! Tempat ini buka dari jam 6 pagi, tapi terkadang udah abis dalam waktu 2 jam aja. 

Alamat: Jl. Pandegiling No. 318A, Tegalsari, Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 09.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Nasi pecel empal, nasi pecel telor asin
Telepon: 031-5327131

Cari tempat kuliner lainnya di Surabaya? Kamu juga bisa cek rekomendasi rawon di Surabaya, nasi goreng di Surabaya, mie ayam di Surabaya, hingga soto ayam di Surabaya hanya di Horego!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.