5 Warung Sate Klopo di Surabaya, Ada yang Buka dari 1945!

January 29, 2024

Share to:

sate klopo di Surabaya

Daftar Isi

Sate klopo adalah makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba. Yang membedakan sate ini dengan sate lainnya adalah cara memasaknya. Sebelum dibakar, daging sate ayam atau sapi dibaluri bumbu berbahan kelapa alias klopo. Hasilnya, sate punya tekstur yang empuk dan rasa yang gurih.

Sate klopo biasanya disajikan dengan bumbu kacang, bumbu kecap, dan serundeng. Karena cukup populer, warung sate klopo di Surabaya mudah dijumpai.

Nah, kalau kamu pengen nyobain sate unik dan menarik ini, Horego punya rekomendasi warung sate klopo di Surabaya yang uenaakk, rek!

1. Sate Klopo Ondomohen ‘Bu Asih’

Gunawan Dwi Nugroho/Google Review

Pertama ada warung sate klopo di Surabaya yang legendaris. Usianya bahkan sama kayak negara kita. Siapa lagi kalau bukan Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang udah berdiri sejak 1945. Warung ini masih eksis sampai sekarang karena rasanya yang enak dan gak berubah.

Di sini kamu bisa memesan berbagai jenis sate klopo, seperti sate ayam, sate lemak, sate usus, sate otot, dan sate sumsum. Pilihan bumbunya ada kecap dan kacang. Rasanya dijamin maknyus!

Tempatnya emang gak terlalu fancy, tapi tetap nyaman, lho! Sate Klopo Ondomohen Bu Asih berlokasi di Jalan Walikota Mustajab yang dulunya bernama Jalan Ondomohen.

Alamat: Jl. Walikota Mustajab No. 36, Genteng, Surabaya
Jam buka: Setiap hari, 07.30 – 22.00
Telepon: (031) 5474575
Harga: Di bawah Rp50.000
Menu favorit: Sate campur

2. Sate Klopo Kak Mad

Sate Klopo Kak Mad/Google Review

Rekomendasi warung sate klopo di Surabaya berikutnya adalah Sate Klopo Kak Mad. Warung ini terkenal karena satenya yang empuk dan bumbunya meresap ke dalam.

Bumbu kacang Sate Klopo Kak Mad cukup terkenal karena rasanya gurih dan manis. Harganya juga sangat bersahabat. Untuk 10 tusuk sate klopo ayam, kamu cuma perlu merogoh Rp25.000 aja. Sementara itu, 10 tusuk sate klopo daging sapi cuma Rp30.000.

Warung sate klopo di Surabaya ini emang terbilang kecil, sama seperti warung sejenis lainnya, tapi masih terbilang nyaman untuk makan di tempat.

Selain sate klopo, Sate Klopo Kak Mad juga menyediakan gulai kambing, gulai sumsum sapi, dan sop ayam.

Alamat: Jl. Pucang Anom Timur No. 17A, Pucang Sewu, Surabaya
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 12.00
Telepon: 087853471400
Harga: Rp25.000 – Rp75.000
Menu favorit: Sate klopo sapi

3. Sate Klopo Patua

Dony Hardy/Google Review

Rata-rata sate klopo dijual dengan harga yang terjangkau. Tapi, kalau kamu mau nyobain sate yang lebih terjangkau lagi, coba mampir ke Sate Klopo Patua. Seporsi sate klopo ayam dijual dengan harga Rp15.000 aja.

Meski harganya murah, bukan berarti rasanya murahan juga ya, gaes! Sate Klopo Patua terkenal punya bumbu yang enak dan dagingnya empuk. 

Warung ini juga termasuk warung sate kelapa di Surabaya yang legendaris. Soalnya udah berdiri dari 1980 dan masih punya banyak penggemar sampai sekarang.

Saking larisnya, Sate Klopo Patua cuma buka sebentar aja, yaitu dari jam 06.00 sampai 11.30 aja. Beberapa hal yang menjadi kekurangan adalah lokasi parkirnya. Lokasi warung sate klopo di Surabaya ini ada di pinggir jalan, jadi tempat parkirnya terbatas.

Alamat: Jl. Tentara Genie Pelajar No. 26, Sawahan, Surabaya
Jam buka: Setiap hari, 06.00 – 11.30
Telepon: 081284484504
Harga: Rp35.000 – Rp100.000
Menu favorit: Sate klopo

4. Sate Kelopo Tiara

Adi Y. Sitompul

Satu lagi rekomendasi warung sate klopo di Surabaya yang wajib kamu coba adalah Sate Kelopo Tiara. Warung sate ini udah jualan sejak 1960, lho. Cita rasanya pun tetap bertahan sampai sekarang.

Tekstur dagingnya yang lembut, wangi kelapa yang kuat, dan rasanya yang gurih bikin sate ini jadi idaman warga Surabaya. Potongan dagingnya juga cukup besar dan empuk. Pokoknya mantap!

Harga makanan di Sate Kelopo Tiara masih terjangkau, cukup Rp28.000 saja untuk seporsi sate klopo. Pilihan dagingnya ada ayam dan sapi.

Kekurangan dari warung sate klopo di Surabaya ini adalah lokasinya yang agak sulit dijangkau pakai mobil. Soalnya berada di jalan agak sempit dan di pinggir sungai. Padahal banyak yang bilang kalau sate mereka gak kalah enak dengan warung sate legendaris lainnya.

Makanya kamu disarankan untuk motor atau ojek online buat ke Sate Kelopo Tiara. 

Horego Aplikasi Cari Makanan

Alamat: Jl. Pacar Kembang No. 21, Pacar Kembang, Surabaya
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 23.00
Telepon: 087866226600
Harga: Rp25.000 – Rp50.000
Menu favorit: Sate klopo sapi

5. Sate Klopo Bu Misnah

Roes Diyan/Google Review

Mungkin ada benernya kalau street food yang enak itu nyarinya di warung-warung pinggir jalan. Contohnya, warung sate klopo di Surabaya satu ini.

Meski berlokasi di pinggir jalan, punya tempat duduk seadanya, dan jauh dari kata nyaman, pengunjungnya selalu rame. Apalagi alasannya kalau bukan rasanya yang enak.

Berbeda dengan sate sejenis yang cenderung gurih manis, Sate Klopo Bu Misnah punya cita rasa gurih pedas. Bumbu kacangnya juga berlimpah sehingga memuaskan banget.

Sate Klopo Bu Misnah buka dari jam 07.00, cocok banget untuk sarapan. Hindari datang di atas jam 12.00 kalau kamu mau nyobain sate klopo di sini, ya. Soalnya udah pasti kehabisan saking larisnya.

Ada baiknya naik motor kalau kamu mau mampir ke warung sate klopo di Surabaya ini, soalnya mobil gak bisa parkir.

Alamat: Jl. Dinoyo, Keputran, Tegalsari, Surabaya,
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 12.00
Telepon: 083856015615
Harga: Rp15.000 – Rp50.000
Menu favorit: Sate klopo ayam

Itu dia beberapa rekomendasi warung sate klopo di Surabaya yang bisa kamu coba. Jadi, warung sate mana yang mau kamu kunjungin?

Selain sate klopo, ada juga tempat makan lain di Surabaya yang bisa kamu coba. Cek beberapa rekomendasi Horego. seperti warung sushi di Surabaya, es campur di Surabaya, dan banyak lagi.

Mau cari tau tempat makan lainnya di sekitar Surabaya, cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.