14 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Bercita Rasa Unik

December 22, 2023

Share to:

makanan khas Sulawesi Tengah

Daftar Isi

Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dikenal dengan keindahan alamnya. Kekayaan budaya daerah ini juga menjadi salah satu faktor keragaman kulinernya. Yuk kita eksplorasi makanan khas Sulawesi Tengah!

Makanan Khas Sulawesi Tengah

Inilah beberapa makanan khas Sulawesi Tengah yang memiliki cita rasa unik.

1. Kaledo

Kaledo adalah makanan khas Sulawesi Tengah, tepatnya dari Kota Palu. Hidangan ini berupa sup yang terbuat dari jeroan sapi yang dimasak dengan kuah kaldu dan bumbu khusus. Dengan tambahan ketupat atau nasi, Kaledo memberikan kehangatan dan kelezatan yang memanjakan pencinta sup.

2. Palumara

Palumara adalah soto yang terbuat dari ikan cakalang yang dimasak dengan kuah santan nikmat kaya rempah. Makanan khas Sulawesi Tengah ini biasanya disajikan dengan ketupat atau nasi. Kelezatan kuah santan yang berpadu dengan rempah-rempah membuat Palumara menjadi hidangan yang sangat dicari di Sulawesi Tengah.

3. Sayur Kelor Santan (Uta Kelo)

Daun kelor merupakan tanaman yang cukup mudah ditemukan di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, masyarakat sekitar memanfaatkannya menjadi hidangan lezat berbentuk sayur. Sayur kelor santan memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih. Makanan ini juga kaya akan nutrisi, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan.

4. Kue Paranggi

Kue Paranggi terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula kelapa, kemudian dibentuk bulat kecil. Kue ini memiliki tekstur kenyal dari tepung ketan dan cita rasa manis dari gula kelapa. Pembungkusannya yang menggunakan daun pisang memberikan aroma alami pada Kue Paranggi.

5. Onyop

Jika Maluku dan Papua punya Papeda, Sulawesi Tengah juga punya hidangan yang hampir mirip bernama Onyop. Hidangan ini terbuat dari sagu yang berbentuk seperti bubur. Memiliki tekstur yang kenyal, Onyop biasa disajikan bersama ikan kuah Segara atau atau kuah asam. Kombinasi ini membuat Onyop memiliki rasa yang luar biasa.

6. Lalampa

Lalampa merupakan makanan khas Sulawesi Tengah yang memiliki tampiran mirip dengan Lemper, yakni dibuat dari bahan utama nasi ketan dan dibungkus daun pisang. Hal yang membedakan keduanya adalah isiannya. Bukan ayam, Lalampa menggunakan ikan cakalang sebagai isiannya.

7. Uta Dada

Makanan khas Sulawesi Tengah satu ini tidak boleh kamu lewatkan kalau sedang berkunjung. Uta Dada memiliki arti kuah santan, yang merupakan salah satu komponen utama dalam hidangan ini. Uta Dada biasa disajikan dengan daging ayam ataupun ikan-ikanan, seperti ikan tongkol.

8. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta atau yang juga diketahui sebagai Milu Siram, merupakan makanan khas Sulawesi Tengah yang terbuat dari jagung sebagai bahan utamanya. Dicampur dengan makanan laut, seperti udang dan ikan, hidangan ini disajikan bersama kuah lezat yang dapat menggugah selera.

9. Sagu Dange

Sama seperti namanya, makanan khas Sulawesi Tengah ini terbuat dari sagu yang dibentuk setengah lipatan seperti bulan sabit. Makanan ini memiliki tampilan yang mirip dengan leker, yang membedakan adalah bahan utamanya. Memiliki rasa yang lezat, Sagu Dange sering dijadikan sebagai kudapan bagi masyarakat sekitar.

10. Duo Sale

Makanan khas Sulawesi Tengah satu ini sangat cocok bagi kamu pecinta hidangan pedas. Duo Sale merupakan sambal khas dari Kota Palu yang dicampur dengan ikan teri kering di dalamnya. Kenikmatan pedas dari sambal ini biasanya disajikan dengan sepiring nasi putih hangat.

11. Kacang Goyang

Makanan khas Sulawesi yang berbahan dasar kacang tanah ini dibuat dengan dilapisi tepung untuk memberikan sensasi renyah saat digigit. Memiliki rasa yang lezat dan gurih, Kacang Goyang sering kali dijadikan kudapan favorit bagi masyarakat sekitar.

12. Tombouat

Tombouat adalah makanan khas Sulawesi Tengah, tepatnya dari daerah Buol dan Toli-Toli. Hidangan ini  dibuat dari bahan dasar sagu yang dicampur dengan daging ayam atau lemak kulit ayam serta bumbu-bumbu, seperti bawang merah, jahe merah, dan bawang putih.

Welcome Reward Horego

13. Sambal Ikan Roa

Tak hanya Manado, Sulawesi Tengah juga punya hidangan Sambal Ikan Roa. Memiliki tekstur kering dan gurih, Sambal Ikan Roa sering disajikan berdampingan dengan nasi putih. Kombinasi ikan roa yang kering dan sambal yang kaya rasa membuat hidangan ini menjadi favorit di kalangan pecinta makanan pedas.

14. Tinutuan

Tinutuan merupakan makanan khas Sulawesi Tengah yang mirip dengan bubur Manado. Hidangan ini biasanya dicampurkan dengan berbagai macam sayuran, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, labu siam, dan jagung dipakai untuk memberikan warna dan rasa yang beragam. Ikan atau daging juga kerap dijadikan lauk tambahan.

Nah itulah beberapa makanan khas Sulawesi Tengah yang bisa memanjakan lidah kamu. Tak hanya lezat, cita rasa uniknya juga mencerminkan keanekaragaman dan kekayaan alam Sulawesi Tengah. Kamu mau coba yang mana?

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.

Kamu juga bisa cek rekomendasi makanan khas daerah lainnya di Horego, seperti makanan khas Banjarmasin, makanan khas Sulawesi Barat, dan makanan khas Pontianak.