9 Oleh-Oleh Khas Nganjuk yang Banyak Dicari Wisatawan

February 23, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Nganjuk

Daftar Isi

Nganjuk, sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur, menyimpan kekayaan kuliner yang patut untuk kamu jelajahi. Selain keindahan alamnya, kota ini juga terkenal dengan beragam oleh-oleh khas Nganjuk yang menggugah selera.

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota Angin ini, jangan lewatkan untuk membawa pulang oleh-oleh khas dari kota ini sebagai kenang-kenangan atau sebagai buah tangan untuk orang tersayang di rumah.

Yuk, kita simak 9 oleh-oleh khas Nganjuk yang banyak dicari wisatawan berikut ini!

1. Sate Kenul

sate kenul

Canva/Mielphotos2008

Buat yang suka makan sate, ada satu kuliner legendaris dari Nganjuk yang bisa jadi oleh-oleh khas Nganjuk. Namanya sate kenul. Jadi, sate kenul ini terbuat dari daging kambing yang udah diolah dengan bumbu-bumbunya. Bumbunya sendiri adalah campuran gula pasir, kelapa muda parut dan cabe.

Sate ini enak juga jika kamu sajikan bersama sayur usik. Sayur usik ini makanan berkuah dari potongan daging kambing sama tulang sapi yang dikasih bumbu rempah.

Kamu bisa mampir di Sate Kenul Nasi Usik Mbak Ni.

Lokasi: Jln. Dusun Lumpang Kuwik RT.02 RW.01, Kelurahan Gampeng, Lumpang Kuwik, Kec. Jatikalen
Harga: Rp20.000 per porsi.

2. Beras Kencur

beras kencur

Instagram/beraskencurnirwana_id

Beras Kencur adalah minuman khas Nganjuk yang menyegarkan. Minuman tradisional ini punya banyak manfaat lho. Seperti, bisa buat mengobati penyakit maag, menyembuhkan sariawan, menambah nafsu makan, dan lain-lain.

Selain manfaatnya, beras kencur ini juga jadi oleh-oleh khas Nganjuk yang awet, bisa tahan lebih dari seminggu. Nah, beras kencur ini terbuat dari bahan-bahan sederhana kayak beras, kencur, jahe, dan gula merah. Terus, diolah jadi minuman yang manis dengan sentuhan rempah yang khas. Rasanya yang manis ini bisa makin sempurna, apalagi kalo kamu tambahin es batu.

Kalau mau beli beras kencur, kamu bisa ke Toko Beras Kencur Nirwana.

Lokasi: Jln. Gatot Subroto No. 2, Kauman, Kec. Nganjuk
Harga: Rp100.000 per dus.

3. Tepo Mbah Umbruk

Tepo Mbah Umbruk

Instagram/herry_moto

Selain sate kenul, ada makanan khas dari Nganjuk namanya Tepo Mbah Umbruk. Gak cuma ada di Nganjuk, kamu juga bisa jumpai oleh-oleh khas Nganjuk ini di Ngawi dan Magetan, lho!

Nah, yang bikin beda di tiap tempat adalah cara penyajiannya. Kalau di Nganjuk, cara kukus berasnya menggunakan daun pisang. Biasanya, tepo ini disajikan dengan tahu, kacang panjang yang udah direbus, dan kecambah.

Kalau mau coba, kamu bisa dateng ke warung Tepo Mbah Umbruk di Jln Sumberkepuh, ya!

Lokasi: Jln. Sumberkepuh Sumberejo, Sumberejo, Dadapan, Kec. Ngronggot
Harga: Rp15.000 per porsi

4. Dumbleg

dumbleg

Instagram/asli.nganjuk

Dumbleg Nganjuk ini jadi salah satu oleh-oleh khas Nganjuk favorit yang sering banget diburu wisatawan. Kue dumbleg ini ada dua macam, ada yang warnanya merah dan putih. Terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana, yaitu tepung beras, santan, dan gula jawa. Rasanya lembut, manis dan gurih.

Selain itu, kemasannya juga unik karena menggunakan pelepah pinang. Cocok untuk dinikmati sebagai camilan di saat bersantai bersama keluarga atau teman-teman.

Cemilan ini bisa kamu beli di Pasar Pon Gondang, Nganjuk.

Lokasi: Pasar Pon Gondan, Dusun Karangpedat, GondangKulon, Kec. Gondang.
Harga: Mulai dari Rp8.000 per biji.

5. Gethuk Pisang

gethuk pisang

Instagram/Jualgethukpisang

Getuk pisang bukan cuma oleh-oleh khas Kediri, di Nganjuk banyak pedagang yang jual jajanan ini untuk dibawa pulang wisatawan.

Sesuai namanya, getuk ini bahan dasarnya dari pisang. Pisang yang digunakan pun bukanlah pisang biasa, melainkan pisang nangka. Itulah kenapa getuk pisang Nganjuk ini punya tekstur yang agak keras dan rasa yang unik.

Pisang nangka ini diolah bersama dengan gula pasir dan garam. Kemudian, dibungkus pakai daun pisang yang ditusuk dengan lidi di dua ujungnya. Setelah itu, baru dikukus, dipotong, dan jadilah getuk pisang yang siap dimakan. Belinya di Pak To Getuk Pisang.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.73, Banaran, Kec. Kertosono
Harga: Mulai dari Rp8.000 per bungkus.

6. Bawang Goreng khas Nganjuk

bawang goreng Nganjuk

Google Review/Ariean

Nganjuk terkenal sebagai salah satu penghasil bawang terbesar di Jawa Timur. Makanya gak heran kalau di sini banyak banget penjual bawang, terutama bawang goreng.

Biasanya, bawang goreng dari Nganjuk terbuat dari bawang putih atau bawang merah. Beda dari bawang goreng biasanya, bawang goreng di sini punya banyak varian rasa. Mulai dari sapi panggang, pedas manis, ayam bakar, BBQ hingga balado.

Jangan lupa buat mampir di Toko Bawang Goreng Mbok Yati.

Lokasi: Jln. Mayjen Sutoyo, Jatirejo, Kec. Nganjuk
Harga: Mulai dari Rp30.000 per kemasan.

7. Onde-onde Ketawa

onde-onde ketawa

Canva/Reezky Pradata

Welcome Reward Horego

Ini adalah Onde-Onde khas Nganjuk yang beda dari yang lain. Onde-onde ini mirip gestur ketawa manusia di bagian luarnya. Itulah kenapa namanya Onde-onde ketawa.

Selain itu, kalau onde-onde lain biasanya ada isian, tapi onde-onde satu ini gak punya isian sama sekali. Dari segi tekstur dan rasanya, onde-onde ini agak keras dan rasanya manis-gurih.

Kamu bisa beli cemilan ini di Toko Oleh-oleh Khas Nganjuk, Keluarga Madina.

Lokasi: Jl. Prambon-Tanom No.12, Jetis, Warujayeng, Kec. Tanjunganom
Harga: Rp13.000 per kemasan.

8. Kerupuk Upil – Oleh-Oleh Khas Nganjuk Terunik

kerupuk upil

Canva/Ika Rahma

Buat kamu yang doyan kerupuk, kamu bisa mampir ke Toko Krupuk Bakar Padang Pasir. Di sana ada cemilan unik yang namanya kerupuk upil. Selain ukurannya yang kecil, cara pembuatannya juga jadi daya tarik kerupuk ini.

Biasanya, kerupuk digoreng pake minyak, tapi beda sama yang dari Nganjuk, mereka gak pakai minyak, tapi pakai pasir. Meskipun pakai pasir, tapi rasanya tetep gurih dan enak lho, gak kalah sama yang digoreng pake minyak.

Kerupuk upil ini gak cuma jadi oleh-oleh khas Nganjuk, namun juga beberapa daerah lain di Jawa Timur.

Lokasi: Jln. Citarum II No.18. B, Begadung Barat, Begadung, Kec. Nganjuk
Harga: Mulai dari Rp7.000 per bungkus.

9. Sambel Pecel

sambel pecel

Google Review/Sambel Pecel Nganjuk Mbah Sailem

Pecel memang sudah jadi salah satu makanan khas yang identik di Indonesia. Nah, pecel dari Nganjuk ini punya keunikan tersendiri, loh. Terutama dari segi rasa sambel pecelnya yang gurih dan gak terlalu pedas.

Terbuat dari kacang, oleh-oleh khas Nganjuk yang satu ini dikemas dengan praktis dan awet. Jadi aman bagi kamu yang berasal dari luar kota. Kalau mau beli, bisa langsung order di Sambel Pecel Nganjuk Mbah Sailem.

Lokasi: Jln. Pemuda Gang Delima, Gondang Wetan, Kec. Jatikalen
Harga: Mulai dari Rp7.000 per toples kecil.

Itulah 9 oleh-oleh khas Nganjuk yang banyak dicari wisatawan. Pastinya kamu ingin segera mencicipinya, bukan? Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Horego di Play Store atau App Store untuk mendapatkan rekomendasi tempat makan dan berburu kuliner khas Nganjuk serta makanan favorit lainnya!