9 Oleh-Oleh Khas Berau Kalimantan Timur Lengkap dengan Harganya

February 26, 2024

Share to:

oleh-oleh khas Berau

Daftar Isi

Berau, sebuah kabupaten di Kalimantan Timur ini memang populer dengan pesona bawah lautnya. Nah, setelah puas mengeksplor Pulau Derawan dan objek wisata lainnya, sempatkan dulu buat berburu oleh-oleh khas Berau.

Biar gak bingung mau beli apa aja sebelum balik ke kota asalmu, cek dulu beberapa oleh-oleh khas Berau dan harganya di bawah ini.

1. Kue Sarang Semut

oleh-oleh khas Berau Kaltim

Website/Kemenparekraf

Meskipun namanya sama, oleh-oleh khas Berau Kaltim ini beda banget dengan kue sarang semut di Jawa. Kalau di Jawa, kue sarang semut merupakan sejenis bolu karamel berwarna cokelat. Sementara itu, kue sarang semut khas berau berbentuk seperti serabut yang digulung.

Bahan baku dan proses pembuatannya juga sudah jelas berbeda. Kue Sarang Semut Berau atau disebut juga Kue Jaa terbuat dari tepung beras dan gula. Proses pembuatannya dengan cara digoreng dengan cetakan dari batok kelapa.

Kue manis dengan tekstur renyah ini bisa kamu peroleh di Toko Basinang.

Lokasi: Jln. Pulau Sambit, Tanjung Redeb, Kec. Tanjung Redeb
Harga: Rp15.000

2. Pia Berau – Oleh-Oleh Khas Berau Terunik

pia oleh-oleh khas Berau

Instagram/piamutiara88

Pia oleh-oleh khas Berau ini sebenarnya sama aja kayak pia di kota lainnya. Kue ini adalah pia dengan tipe kulit tipis dan isian yang full dan padat.

Varian rasa isiannya juga beragam. Selain isian kacang hijau, ada juga varian ubi, coklat, keju, dan nanas. Nah, salah satu produsen pia yang paling terkenal di Berau adalah Pia mutiara 88. Kamu bisa mendapatkan pia ini di sentra oleh-oleh khas Berau atau di Solo Swalayan Berau.

Lokasi: Jln. Jenderal Sudirman, Bugis, Kec. Tanjung Redeb
Harga: Rp35.000

3. Terasi Batu Putih

toko oleh-oleh khas Berau Basinang

Instagram/umbaringberau

Oleh-oleh khas Berau yang satu ini cocok banget buat keluarga atau teman yang hobi masak. Terasi khas Batu Putih ini aroma dan rasanya sangat nikmat saat dicampurkan ke sambal atau masakan lainnya. Ini karena bahan bakunya merupakan udang berkualitas.

Uniknya, bentuk terasi ini berupa bubuk. Beda banget kayak terasi pada umumnya yang bentuknya padat. Terasi dalam kemasan botol ini bisa kamu peroleh di toko oleh-oleh khas Berau Basinang.

Lokasi: Jln. Pulau Sambit, Tanjung Redeb, Kec. Tanjung Redeb
Harga: Rp28.000

4. Talinga Sagayi

oleh-oleh khas Berau Kaltim

Instagram/rumah_basinang

Oleh-oleh khas Berau Kalimantan Timur ini unik banget karena bentuknya kayak telinga. Jajanan jadul ini terbuat dari tepung beras dan juga gula aren sehingga rasanya manis.

Adonan tersebut dibentuk kayak simpul angka 8 dan digoreng. Karena teksturnya kering, kue tanpa bahan pengawet ini bisa tahan sampai beberapa bulan lho.

Tertarik buat memborong kue Talinga Sagayi? Kamu bisa membelinya di Toko oleh-oleh khas Berau, Basinang.

Lokasi: Jln. Jenderal Gatot Subroto, Sungai Bedungun, Kec. Teluk Bayur
Harga: Rp33.000

5. Madu Hutan

oleh-oleh khas Kabupaten Berau

Instagram/rumah_basinang

Madu yang biasa kamu temukan di supermarket adalah madu hasil budidaya. Nah, kalau madu Berau ini berbeda karena merupakan madu hutan asli yang diambil dari lebah liar di hutan. Itulah alasan kenapa madu ini lebih mahal daripada madu di pasaran.

Biasanya madu ini ditemukan di Pohon Akar Suling atau Bunga Meranti sehingga rasa dan aromanya sangat khas. Selain itu, madu ini juga mengandung bee polen dan royal jelly sehingga lebih berkhasiat untuk kesehatan.

Oleh-oleh khas Berau Kalimantan Timur ini bisa kamu peroleh di Toko Madu Sanggam asli berau.

Lokasi: Gayam, Kec. Tanjung Redeb
Harga: Rp150.000

6. Buah Elai

oleh-oleh khas Berau

Instagram/Susie_agung

Buah yang pohonnya cuma tumbuh di Kalimantan ini sekilas mirip banget kayak durian. Tapi, warna daging, rasa, dan juga aromanya sangat berbeda.

Buah Elai atau Lai ini ukurannya lebih kecil dan dagingnya berwarna oranye. Aromanya juga tak begitu menyengat seperti durian. Selain itu, buah ini tekstur dagingnya lebih padat dan rasanya juga manis banget.

Sayangnya, buah ini cuma tersedia musiman aja yaitu sekitar bulan Januari sampai Maret. Kamu bisa dapatkan buah ini di pasar tradisional di Berau.

Lokasi: Jln. Pulau Panjang, Tanjung Redeb, Kec. Tanjung Redeb
Harga: Rp35.000

7. Abon Ikan

oleh-oleh khas Berau

Tokopedia/basinang

Hasil laut Berau sangat melimpah. Oleh sebab itu, selain dijual secara langsung, beberapa jenis ikan seperti tuna dan cakalang juga diolah menjadi abon. Selain menjadi lebih awet, olahan ikan ini tentu aja bernilai jual lebih tinggi.

Abon ikan ini sangat gurih karena terbuat dari daging ikan berkualitas dan bumbu pilihan. Selain abon ikan original, tersedia juga varian abon pedas yang nikmat disantap dengan nasi hangat.

Welcome Reward Horego

Abon ikan tuna dan cakalang ini bisa kamu peroleh di toko Fafa Food.

Lokasi: Gang Wiro, Gunung Panjang, Kec. Tanjung Redeb
Harga: Rp30.000

8. Udang Papai Kering

oleh-oleh khas Kabupaten Berau

Instagram/rumah_basinang

Kalau pengen bawa pulang hasil laut Berau, mending pilih aja ikan atau udang yang udah dikeringkan. Sehingga produk ini bisa kamu simpan lebih lama dan mengolahnya kapan saja.

Salah satu produk yang recommended banget buat oleh-oleh adalah udang papai kering. Ebi ini bisa kamu jadikan campuran masakan sehingga cita rasanya jadi lebih gurih.

Ada 2 macam ebi yang tersedia yaitu udang kecil dan agak besar. Untuk udang besar ini super bersih karena kulit dan kepalanya udah dibuang. Oleh-oleh khas Kabupaten Berau ini bisa kamu peroleh di berbagai sentra oleh-oleh seperti di Toko Basinang.

Lokasi: Jln. Jenderal Gatot Subroto, Sungai Bedungun, Kec. Teluk Bayur
Harga: Rp25.000

9. Keripik Pisang Batu Bara

makanan khas Berau

Tokopedia/rumahkemasbatiwakkal

Terinspirasi dari tambang yang ada di Berau, warga lokal menciptakan keripik pisang batu bara. Dinamakan demikian karena keripik ini berlapis dark chocolate asli Berau.

Keripik ini menggunakan jenis pisang tanduk yang manis dan berukuran besar. Soal rasa, tentu aja keripik pisang batu bara ini manis dan juga renyah. Meskipun tanpa pengawet, keripik ini bisa tahan sampai 4 bulan lho.

Tertarik mencoba kelezatan makanan khas Berau ini? Kamu bisa mendapatkannya di Pusat Oleh-oleh Rumah Kemas Batiwakkal.

Lokasi: Jln. Pemuda, Tanjung Redeb, Kec. Tanjung Redeb
Harga: Rp25.000

Ternyata Berau gak cuma memiliki alam yang indah tapi juga aneka kuliner khas yang bisa kamu bawa pulang untuk buah tangan. Oleh sebab itu, sebelum balik ke kota asalmu, luangkan waktu sebentar buat memborong oleh-oleh khas Berau seperti yang telah disebutkan di atas.

Nah biar lebih mudah mencari tempat buat beli oleh-oleh di Berau atau daerah lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Horego. Segera dapatkan aplikasinya secara gratis di Google Play Store dan App Store sekarang juga.