Pilihan Oleh-oleh Khas Ternate dari Pala Hingga Kopi Rempah

March 4, 2024

Share to:

Oleh-oleh Khas Ternate

Daftar Isi

Ternate tuh sebuah pulau di Indonesia yang asik banget buat jalan-jalan! Gak cuman punya alam yang indah, tapi budaya lokalnya juga seru banget buat diselami! Apalagi soal makanan khasnya sangat lengkap dari yang asin sampai manis ada semua. Kalo kamu lagi maen ke Ternate, yuk bawa pulang oleh-oleh khas Ternate berikut ini.

1. Dodol Pala

Dodol Pala

Instagram/Gampongblangbladeh

Kalo lagi di Ternate, jangan lupa bawa pulang dodol buah pala ya sebagai oleh-oleh khas Ternate. Mirip-mirip dodol di tempat lain, tapi ini dodolnya ada rasa pala yang khas dan teksturnya kenyal banget.

Cara bikinnya dengan menggiling buah pala sampai halus, trus dicampur gula sampai merata. Abis itu, adonannya dipotong-potong terus dikemas dalam plastik biar bisa dibawa pulang sama turis. Kamu bisa beli di pusat oleh-oleh khas Ternate.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Ternate, Tara No Ate, Jl. Tapak Raya II, Gamalama
Harga: Rp15.000

2. Kopi Rempah

Kopi Rempah

Google Review/Kopi Rempah Cengkeh

Dulu Ternate terkenal banget karena rempahnya, jadi gak heran banyak makanan yang pake rempah. Tapi gak Cuma makanan, orang Ternate juga suka nambahin rempah ke minuman, termasuk kopi.

Kopi rempah Ternate terbuat dari kopi yang dihalusin terus dicampurin sama jahe merah Halmahera, kayu manis, gula aren, dan kenari. Rasanya agak pedes, pas buat bikin badan hangat.

Lokasi: Toko Oleh-Oleh Khas Ternate, Tara No Ate, Jln. Tapak Raya II, Gamalama
Harga: Rp35.000-Rp47.000

3. Pisang Mulut Bebek

Pisang Mulut Bebek

Google Review/Fahria Albar
Alt text:

Salah satu cemilan yang unik dan punya ciri khas sendiri adalah pisang mulut bebek. Bentuknya mirip paruh bebek gitu loh.

Biasanya kan keripik pisang tuh manis, tapi yang ini malah dimakan kayak lauk berat. Nah, yang bikin makin keren lagi, cemilan ini bisa kamu makan sama sambal colo-colo yang pedes segar, ikan teri asin, atau kacang kenari.

Kalo lagi di Ternate, wajib banget cobain keripik pisang pisang mulut bebek ini, bro. Jadi kalo lagi penasaran pengen nyoba camilan yang beda dan berani, jangan lupa mampir ke Ternate dan cari pisang mulut bebek ini, deh! Tertarik beli? Cuss ke toko oleh-oleh khas Ternate, borong aja!

Lokasi: UMKM Pakesang, Kelurahan Kasturian, Ternate Utara, Kota Ternate.
Harga: Rp25.000

4. Sirup Pala – Oleh-Oleh Khas Ternate

Sirup pala

Google Review/Ali Abubakar

Ternyata, pala dari Ternate gak cuma diolah jadi kue kering aja loh guys. Mereka juga bikin sirupnya sendiri, langsung dari pohon pala. Nah, kalo lagi cari oleh-oleh khas Ternate, selain kue kering, bisa juga coba sirup pala ini. Rasanya manis dengan aroma khas pala yang kuat, bikin minuman jadi lebih spesial.

Sirup pala ini juga cocok banget buat dibuat minuman hangat atau dingin, sesuai selera. Jadi, kalo lagi di Ternate, jangan lupa bawa pulang sirup pala sebagai oleh-oleh khas Ternate yang unik dan spesial!

Lokasi: Swalayan Tara No Ate, Jl. Tapak Raya II, Gamalama
Harga: Rp35.000

5. Manisan Buah Pala

Manisan buah pala

Google Review/Neng Herawati

Nah, guys, selain bisa jadi sirup, buah bulat lonjong ini juga bisa dijadikan manisan, loh. Prosesnya gak ribet, tinggal direndam dalam larutan gula atau sirup sebentar aja sampe meresap. Tapi, inget ya, manisannya gak bakal tahan lama. Biasanya cuma sekitar seminggu sampai sebulan doang, abis itu bisa berubah rasanya dan jadi lembek gitu.

Jadi, meskipun rasanya menggiurkan buat dicoba sebagai oleh-oleh khas Ternate, tapi harus diinget juga soal masa simpannya. Buat yang mau nyobain kelezatan manisan dari buah bulat lonjong ini, mending langsung dinikmati setelah dibeli biar tetep enak dan segar rasanya.

Lokasi: UMKM Pakesang, Kelurahan Kasturian, Ternate Utara, Kota Ternate.
Harga: Rp13.000-Rp28.000

6. Biskuit Kenari

Biskuit Kenari

Wikimedia Commons/Naval Scene

Masih di dunia kenari. Ada satu kue kering khas ternate yang unik banget, beda dari yang lain. Gak Cuma soal rasanya aja, tapi dari bahan dasarnya juga unik. Jadi, mereka gak pake adonan tepung basah kayak biskuit biasanya, mereka malah pake roti tawar!

Trus, roti tawarnya disiram sama selai kenari, trus dipanggang sampai terasa renyah banget, setelah kering, biskuit ini dikemas dengan keren dalam berbagai ukuran wadah. Gimana, menarik, kan? Langsung bikin ngiler!

Lokasi: UMKM Ifamory, Kelurahan Tabona, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate
Harga: Rp40.000

7. Halua Kenari

Halua Kenari

Google Review/Halua Kenari Khas Ternate Falja

Berikutnya, ada kue khas Ternate yang pake kenari dan diolesin sirup gula merah tebel banget, guys. Pas dimakan, teksturnya agak lengket gitu tapi enak abis. Rasanya campur manis dan gurih. Nah, teksturnya juga agak kasar dan berongga, jadi makanannya kerasa beda dan bikin nagih banget.

Kalo lagi di Ternate, wajib cobain kue khas ini, deh! Pasti langsung ketagihan sama manis, gurih, dan uniknya teksturnya. Rasanya yang khas bakal bikin pengalaman makan kamu gak terlupakan!

Welcome Reward Horego

Lokasi: Tara No Ate, Jl. Tapak Raya II, Gamalama
Harga: Rp25.000-Rp50.000

8. Makron Kenari

Makron Kenari

Facebook/Retro Kenari

 

Bukan cuma biskuit atau halua aja yang jadi primadona, guys. Makron kenari juga gak kalah mantap! Bentuknya kayak cookies gitu, terbuat dari terigu, kenari yang dihancurkan, mentega, gula, telur, dan vanili. Nah, rasanya? Bikin nagih! Makron ini renyah dan manis banget.

Serunya lagi, ada beberapa varian rasa, misalnya yang asli atau yang cokelat. Jadi bisa pilih sesuai selera, manis pol atau cokelat banget! Makanan ringan yang oke nih buat temenin waktu senggang atau buat jadi oleh-oleh pas liburan! Enak-enak nih! Penasaran? Ada banyak di toko oleh-oleh Ternate, cuss borong!

Lokasi: Tara No Ate, Jl. Tapak Raya II, Gamalama
Harga: Rp25.000-Rp75.000

9. Kue Bagea

Kue Bagea

Google Review/Bagea Kenari Biskuit Garing

Kue ini emang juara banget rasanya, guys! Ada dua varian, ada yang dari kenari dan yang dari tepung terigu. Rasanya enak banget, teksturnya juga kriuk-kriuk gitu, bikin nagih abis! Buat para ibu yang mau bawa oleh-oleh, kue bagea ini pas banget dinikmati sama kopi panas atau teh hangat, pas banget buat ngemil sambil bersantai.

Yang seru, sekarang kemasannya udah lebih kekinian, gak cuma pake daun kering, tapi juga ada kemasan cantiknya. Jadi, cocok banget buat dijadiin oleh-oleh buat keluarga atau temen-temen di rumah!

Lokasi: Tara No Ate, Jl. Tapak Raya II, Gamalama
Harga: Rp20.000

Itulah daftar oleh-oleh khas Ternate yang bisa kamu bawakan buat teman dan keluarga. Kalo kamu mau cari oleh-oleh khas Makassar, oleh-oleh khas Manado, dan sebagainya bisa loh nyarinya di Horego.

Nah, biar makin mudah yuk langsung download aplikasi Horego di Google Play Store atau Apple App Store!