Daftar 13 Makanan Khas Purbalingga yang Unik dan Lezat

January 2, 2024

Share to:

makanan khas purbalingga

Daftar Isi

Indonesia, dengan beragam suku, budaya, dan tradisi, memiliki kekayaan kuliner yang tak terbatas. Salah satu daerah yang menawarkan kelezatan khasnya sendiri adalah Purbalingga. Makanan khas Purbalingga terkenal dengan cita rasa yang bisa menggoda lidah para penikmat kuliner.

Makanan Khas Purbalingga

Berikut adalah beberapa makanan khas Purbalingga yang wajib masuk dalam daftar kuliner yang harus dicoba ketika berkunjung.

1. Gecot

Gecot merupakan makanan khas Purbalingga yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggigit. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar tahu yang dipotong kecil dan digoreng. Keunikan Gecot terletak pada saus kacang pedas yang melimpah, serta dilengkapi dengan ketupat dan beberapa jenis sayuran rebus.

2. Buntil

Buntil adalah hidangan khas Purbalingga yang terbuat dari campuran kelapa parut, ikan teri, dan daging yang dibungkus dengan daun pepaya. Keunikan Buntil Purbalingga terletak pada isian yang gurih dan cita rasa yang khas. Proses membungkus menggunakan daun pepaya memberikan hidangan ini aroma alami dan cita rasa yang lezat.

3. Sate Blater

Sate Blater merupakan makanan khas Purbalingga yang terkenal dengan cita rasa daging ayam lezat dan bumbu yang khas. Daging ayam dipotong tipis dan ditusukkan ke tusukan bambu sebelum dipanggang dengan arang. Keistimewaan Sate Blater terletak pada daging ayam yang sudah diolah terlebih dahulu sebelum dibakar.

4. Nopia

Nopia adalah kue tradisional khas Purbalingga yang terkenal dengan rasa manisnya yang lezat. Terbuat dari bahan-bahan seperti kelapa parut, gula, dan tepung terigu, kue ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Nopia biasanya diisi dengan campuran kelapa parut dan gula kelapa.

5. Gulai Melung

Gulai Melung adalah hidangan khas Purbalingga yang menggabungkan cita rasa khas gulai dengan sentuhan lokal yang unik. Gulai Melung terbuat dari daging kambing yang dimasak dalam kuah gulai berbumbu rempah, santan, dan daun melung yang khas. Daun melung memberikan aroma dan rasa khusus pada hidangan ini.

6. Soto Bancar

Soto Bancar merupakan varian soto khas Purbalingga yang memiliki cita rasa istimewa. Hidangan ini terbuat dari kaldu ayam yang kaya rempah, disajikan dengan daging ayam atau sapi yang empuk, tauge, wortel, daun bawang dan ketupat. Keunikan Soto Bancar terletak pada bumbu khas yang menyajikan cita rasa nikmat dan unik.

7. Kacang Umpet

Kacang Umpet adalah camilan tradisional khas Purbalingga yang terbuat dari kacang tanah, tepung terigu, kulit pangsit, dan gula. Keunikan dari kacang umpet terletak pada bentuknya yang terlihat seperti kacang diselimuti. Camilan ini menjadi favorit banyak orang karena memiliki cita rasa perpaduan gurih dan manis yang lezat.

8. Kue Toso

Kue Toso merupakan salah satu kue tradisional khas Purbalingga yang menonjolkan cita rasa manis dengan ciri khas tertentu. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti kelapa parut, gula kelapa, dan tepung beras. Keunikan Kue Toso terletak pada proses pembuatannya yang melibatkan teknik khusus dalam membentuk dan mengolah adonan.

9. Sroto Kriyik

Sroto Kriyik adalah makanan khas Purbalingga yang memikat dengan cita rasa kriuk-kriuk di setiap suapannya. Hidangan ini terdiri dari kuah kaldu ayam yang kaya rempah, daging ayam yang empuk, tauge, dan nasi. Keunikan sroto kriyik terletak pada taburan kriyik, yaitu kerupuk udang yang memberikan sensasi renyah.

10. Manco Wijen

Kue Manco Wijen adalah salah satu kue tradisional khas Purbalingga yang menawarkan rasa gurih dan kelembutan. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, dan wijen yang memberikan sentuhan khusus. Proses pembuatannya melibatkan adonan yang dibentuk dan dipanggang hingga matang.

11. Sroto Klamud

Sroto Klamud adalah varian soto khas Purbalingga yang menggoda selera dengan cita rasa khasnya. Hidangan ini terdiri dari kuah kaldu yang kaya rempah dan bahan unik yaitu daging kelapa muda. Keunikan Sroto Klamud terletak pada wadah penyajiannya yang tidak menggunakan mangkuk namun menggunakan batok kelapa.

12. Mendoan

Mendoan adalah camilan khas Purbalingga yang terbuat dari tempe berbentuk sangat tipis dan digoreng. Keunikan mendoan terletak pada adonan tepung yang dilumuri sebelum digoreng, menciptakan lapisan renyah di luar dan kelembutan di dalam tempe.

13. Es Durian

Es Durian adalah minuman khas Purbalingga yang memanfaatkan durian, buah raja yang melegenda, sebagai bahan utama. Daging durian yang lembut dan beraroma kuat dicampur dengan es serut dan gula sirup, menciptakan minuman yang segar dan lezat.

Nah itulah beberapa daftar makanan khas Purbalingga yang tak hanya lezat, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang memperkaya pengetahuan tentang kekayaan budaya Indonesia. Mencicipi makanan khas Purbalingga seolah-olah mengajak kita untuk menjelajahi sejarah dan keindahan daerah ini melalui setiap suapannya.

Selain Purbalingga, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya di Horego Guide, seperti makanan khas Ngawi, makanan khas Mojokerto, dan makanan khas Boyolali.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.