Mengenal Gochujang, Saus khas Korea dan 6 Hidangannya yang Populer

February 23, 2024

Share to:

gochujang

Daftar Isi

Bagi penggemar kuliner Korea, pasti udah gak asing lagi sama saus khas berwarna merah yang berasal dari negeri ginseng ini. Ya, betul, gochujang namanya! Buat yang suka makanan pedas dan suka bereksplorasi rasa baru dari berbagai macam saus, yuk simak ulasan menarik soal gochujang berikut ini!

Apa Itu Gochujang?

Gochujang adalah saus khas Korea yang terbuat dari hasil fermentasi beberapa macam bahan, kayak cabai merah, beras, kedelai, dan garam.

Proses fermentasi tersebut membuat saus ini punya rasa yang kompleks, yaitu pedas, manis, dan sedikit asin. Aroma dari saus ini juga khas dan menggugah selera.

Tekstur dari saus Korea ini kental dan berwarna merah pekat. Saus gochujang sering digunakan dalam berbagai macam masakan Korea sebagai bumbu untuk memberikan rasa khas dan mendalam. Dengan keunikannya, saus ini jadi salah satu bumbu yang paling populer di Korea dan bahkan kini mendunia.

Hidangan yang Menggunakan Gochujang

Kalau mau coba saus Korea ini, kamu bisa mencicipinya melalui beberapa hidangan populer berikut ini:

1. Kimchi

Kimchi adalah salah satu makanan Korea yang paling terkenal. Ini adalah sayuran yang difermentasi dengan bumbu gochujang, bawang putih, garam, jahe, dan bahan lainnya. Punya rasa pedas, manis, dan asam yang unik, makanan ini sering disajikan sebagai pelengkap dalam hidangan Korea lainnya.

2. Bibimbap

Selain nasi, bahan utama yang memberikan sentuhan rasa spesial pada bibimbap adalah saus merah Korea ini. Rasanya yang kaya dari campuran berbagai bahan membuat bibimbap sering disajikan sebagai makanan utama dengan tambahan kimchi dan banchan (hidangan pelengkap) lainnya.

3. Tteokbokki

Hidangan satu ini populer banget, gak cuma di Korea tapi hampir di seluruh dunia. Terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan saus pedas manis, tteokbokki gak lengkap rasanya kalau dimakan tanpa saus Korea yang berwarna merah pekat ini.

4. Jjigae

Kalau mau ngerasain saus Korea ini dalam hidangan yang menghangatkan tubuh, kamu bisa cobain jjigae. Sup khas Korea ini terdiri dari kimchi, daging atau seafood, dan bahan lainnya yang dimasak bersama dengan gochujang dan bumbu lainnya.

5. Samgyeopsal

Hidangan daging babi panggang satu ini biasanya dimakan bersamaan dengan saus merah pedas manis Korea. Samgyeopsal biasanya disajikan dengan daun selada, bawang putih, lada, dan bumbu lainnya.

6. Bulgogi

Penyuka hidangan daging sapi dan makanan pedas pasti bakalan ketagihan kalau cobain bulgogi. Makanan ini terbuat dari potongan tipis daging sapi yang dimarinasi dengan kecap asin, bawang putih, gochujang, dan bumbu lainnya. Setelah dipanggang, bulgogi biasanya disajikan dengan nasi dan kimchi.

Manfaat Gochujang untuk Kesehatan

Gak cuma bisa memanjakan lidah dengan rasa pedas manisnya, bumbu atau saus Korea satu ini juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran ‘kan? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Kaya Antioksidan

Saus Korea ini mengandung antioksidan, kayak vitamin C dan flavonoid yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit kronis, kayak kanker dan penyakit jantung.

2. Probiotik Alami

Proses fermentasi dalam pembuatan saus merah khas Korea ini menghasilkan probiotik alami yang baik untuk kesehatan pencernaan. Probiotik ini bekerja dengan membantu untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Sumber Nutrisi Penting

Nutrisi yang terkandung dalam saus Korea ini beragam dan punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Nutrisi tersebut adalah protein, serat, vitamin B, dan mineral kayak besi, selenium, dan zinc. Kandungan nutrisi-nutrisi ini penting buat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Metabolisme

Saus Korea ini dianggap bisa meningkatkan metabolisme tubuh karena mengandung capsaicin di dalamnya. Kandungan ini adalah senyawa yang memberikan rasa pedas pada cabai merah.

Gak cuma meningkatkan metabolisme tubuh, mengonsumsi capsaicin yang ada dalam gochujang juga bisa membantu membakar lemak dan mengurangi nafsu makan. Jadi, cocok juga buat kamu yang lagi menjalankan program diet.

5. Sumber Energi

Menggunakan beras atau beras ketan sebagai salah satu bahan utamanya, membuat saus khas Korea ini mengandung karbohidrat kompleks yang bisa memberikan energi tahan lama untuk tubuh. Kandungan ini penting buat menjaga stamina dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara Membuat Gochujang

Untuk membuat gochujang sendiri di rumah, kamu bisa menyiapkan beberapa bahan utamanya, yaitu cabai merah, beras yang udah dihaluskan, kedelai fermentasi, dan garam dalam sebuah wadah bersih.

Kamu bisa mencampurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Setelah itu, diamkan campuran tadi selama beberapa minggu atau bahan bulan agar berfermentasi.

Untuk membuat gochujang halal, hindari penggunaan alkohol dalam proses fermentasinya. Kamu bisa membiarkan campuran tadi untuk berfermentasi secara alami.

Proses fermentasi ini akan menghasilkan saus gochujang yang kaya akan rasa dan aroma. Setelah matang, pasta gochujang siap digunakan sebagai bumbu utama dalam masakan Korea.

Itu dia beberapa ulasan soal fakta menarik dari gochujang. Kamu pernah coba?

Selain saus Korea, kamu juga bisa cek ulasan menarik soal makanan lainnya di Horego Guide, kayak mustard, mandu, dan daechang.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.