15 Jenis Kacang Lezat dengan Kandungan Protein yang Tinggi

February 7, 2024

Share to:

jenis kacang

Daftar Isi

Kacang bukan cuma makanan yang bisa dijadikan camilan, tapi juga sumber gizi dan protein yang kaya. Selain punya banyak manfaat, jenis kacang juga gak kalah beragam dan masing-masing punya nutrisi yang berbeda untuk tubuh. Yuk, kenalan sama berbagai jenisnya berikut ini!

Jenis-Jenis Kacang

Berikut adalah jenis-jenis kacang yang bisa jadi bahan tambahan dalam menu makanan sehatmu:

1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai punya protein nabati yang lengkap dan baik buat tubuh. Selain itu, kacang ini juga mengandung serat, vitamin, dan mineral. Gak cuma cuma enak, mengonsumsi kedelai bisa bantu turunkan risiko penyakit jantung, menopause, dan tingkatkan kesehatan tulang lho.

Ada banyak jenis makanan yang berasal dari olahan kacang kedelai. Mulai dari tahu, tempe, susu kedelai, kecap, hingga tepung kedelai. Dengan makanan-makanan ini, kamu bisa menikmati manfaat gizi yang tinggi dari kacang keedelai dalam berbagai variasi hidangan.

2. Kacang Mete

Kacang mete mengandung lemak sehat dan protein nabati yang tinggi. Jenis kacang ini juga punya magnesium dan tembaga yang baik untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Rasa kacang ini gurih dan teksturnya gak terlalu keras.

Selain bisa dimakan langsung sebagai camilan santai, kacang mete juga bisa ditambahkan ke dalam berbagai makanan, terutama hidangan Asia Tenggara, kayak kari dan tumis.

3. Kacang Tanah

Kacang tanah merupkan jenis kacang yang sering jadi favorit banyak orang. Selain enak, kacang tanah juga kaya akan protein, serat, dan lemak sehat. Kandungan vitamin E dan magnesium-nya juga bagus buat kesehatan jantung.

Karena rasanya yang gurih dan nikmat, kacang ini cocok buat diolah sebagai tambahan atau bahkan bahan utama untuk berbagai jenis makanan, kayak selai kacang, saus/sambal kacang serbaguna, peanut butter cookies, dan kacang goreng untuk sekedar camilan ringan.

4. Kacang Pecan

Kacang pecan mengandung antioksidan kuat yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan peradangan. Kandungan seratnya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Kacang pecan enak dimakan langsung, atau dijadikan topping untuk yogurt dan oatmeal sebagai camilan yang bergizi.

5. Kacang Hazel (Hazelnut)

Kacang hazel mengandung antioksidan kuat kayak vitamin E, yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kacang ini juga kaya akan asam lemak sehat dan mineral kayak magnesium dan tembaga.

Kacang hazel atau hazelnut biasanya dijadikan bahan tambahan dalam beragam makanan atau minuman, kayak hazelnut coffee, kue kering, selai, dan es krim. Menambahkan kacang hazel ke dalam diet bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dan fungsi otak.

6. Kacang Almond

Kacang almond adalah jenis kacang yang gak cuma enak, tapi juga punya banyak manfaat. Kacang ini kaya akan vitamin E, antioksidan, dan serat yang baik buat pencernaan. Konon, almond juga bisa bantu turunkan risiko penyakit jantung dan diabetes lho!

Agar makan kacang almond lebih seru, kacang ini bisa dijadikan tambahan atau bahan dasar dalam berbagai makanan dan minuman, mulai dari almond butter, granola, susu almond, kue kering, smoothie, dan topping salad.

7. Kacang Walnut (Kenari)

Walnut punya kandungan omega-3 yang bagus buat otak dan jantung. Gak cuma itu, jenis kacang ini juga punya antioksidan yang membantu melawan radikal bebas.

Ada banyak hidangan yang menggunakan walnut, contohnya adalah walnut brownies, salad topping, granola, hingga pesto. Jadi, tambahkan walnut ke dalam dietmu buat jaga kesehatan otak dan berat badan.

8. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan sumber yang kaya akan protein, serat, dan zat besi. Kacang ini juga rendah kalori jadi cocok banget untuk dimasukkan ke dalam menu diet sehat. Kacang hijau sering digunakan dalam masakan India, kayak dhal, atau dijadikan sebagai campuran dalam salad.

9. Kacang Merah

Kacang merah adalah sumber protein nabati yang baik dan kaya akan serat. Jenis kacang ini juga mengandung zat besi dan magnesium yang penting untuk kesehatan darah dan otot. Kacang merah sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti sup, kari, dip, atau berbagai makanan manis khas Korea.

10. Kacang Pistachio

Kacang pistachio umumnya punya kombinasi rasa unik antara gurih, manis, dan sedikit berminyak. Pistachio mengandung banyak protein nabati dan rendah kalori. Isinya juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dengan rutin makan pistachio, kamu bisa jaga kesehatan jantung dan kontrol kadar gula darah.

Jenis kacang satu ini bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat, kayak es krim, baklava khas Turki, pistachio brittle, pesto, pistachio crusted salmon, hingga pistachio chocolate bark.

11. Kacang Macadamia

Kacang macadamia mengandung lemak sehat kayak asam oleat yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Jneis kacang ini juga kaya akan nutrisi kayak magnesium, tembaga, dan tiamin. Kacang macadamia bisa dinikmati sebagai camilan sehat atau ditambahkan ke dalam sajian salad dan oatmeal.

12. Kacang Brazil

Kacang Brazil punya rasa yang khas. Selain kaya akan selenium, mineral yang penting untuk kesehatan tiroid dan sistem kekebalan tubuh, kacang ini juga mengandung lemak sehat, protein, serta serat yang baik untuk pencernaan. Konsumsi kacang Brazil dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

13. Kacang Polong

Kacang polong berbentuk bulat kecil dengan warna hijau cerah yang menarik. Jenis kacang ini kaya akan nutrisi kayak protein, serat, dan vitamin, membuatnya jadi tambahan yang sehat dalam diet sehari-hari. Kacang polong bisa dimasak dalam berbagai cara, mulai dari direbus, ditumis, atau digunakan dalam sup dan kari.

Horego Aplikasi Cari Makanan

14. Kacang Chestnut (Kastanya)

Kacang chestnut punya tekstur lembut dengan rasa yang manis, membuatnya cocok untuk dicampurkan dalam makanan dan kue-kue. Kacang ini punya ciri khas kulit yang berduri dan daging yang manis. Kacang ini biasanya dimasak atau dijadikan bahan dalam berbagai hidangan, mulai dari sup hingga kue.

15. Kacang Arab

Meskipun tampilannya mirip dengan kacang macadamia, kedua kacang ini punya kandungan yang berbeda. Kacang Arab merupakan sumber protein nabati yang kaya dan mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Teksturnya yang lembut membuat kacang ini sering dijadikan hidangan Timur Tengah kayak hummus.

Nah, itulah beberapa jenis kacang dengan rasa dan manfaat yang beragam. Kalau kamu suka yang mana nih?

Selain kacang, kamu juga bisa cek jenis makanan lainnya di Horego Guide, kayak jenis jamur, jenis keju, dan jenis pizza.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.