12 Jenis Seafood Fresh yang Kaya Protein dan Baik untuk Kesehatan

February 9, 2024

Share to:

jenis seafood

Daftar Isi

Seafood sering jadi menu pilihan bagi yang mau menyantap makanan dengan cita rasa fresh dan lezat. Gak cuma ikan, makanan laut ada banyak ragamnya. Yuk, cari tau lebih lanjut soal jenis-jenis seafood yang kenikmatannya bisa jadi teman weekend kamu!

Jenis-Jenis Seafood

Berikut adalah ragam jenis seafood yang rasanya menggugah selera:

1. L0bster

Lobster, si hewan laut yang bikin mewah hidanganmu! Dagingnya lembut, manis, dan enak banget. Biasanya dimasak dengan mentega atau dimakan langsung dengan saus favorit. Lobster juga kaya akan protein tinggi dan rendah lemak, jadi cocok buat yang lagi program bentuk otot!

2. Kerang

Kerang punya ragam rasa unik, ada yang manis, ada yang gurih, tapi selalu bikin nagih. Kerang punya banyak manfaat, mulai dari mengandung zat besi yang baik buat darah hingga vitamin B12 yang bikin energi kita nambah! Tapi, tetap harus teliti dalam memilih jenis kerang, ya! Karena gak semua jenisnya bisa dikonsumsi.

3. Ikan Salmon

Salmon itu kayak pahlawan di dunia seafood! Dagingnya enak, lembut, dan penuh nutrisi. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang bikin otak jadi pintar dan jantung sehat. Cocok banget untuk dibakar, dipanggang, atau dijadikan sushi favorit!

4. Cumi-Cumi

Cumi-cumi adalah jenis seafood yang rasanya lembut, kenyal, dan mudah banget diolah. Bisa dimasak cepat-cepat jadi sambal cumi pedas atau dimasukkan ke dalam seafood pasta yang sedap. Cumi-cumi juga kaya akan selenium, zat antioksidan yang bagus buat menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

5. Kepiting

Kepiting adalah jenis seafood yang jadi favorit banyak orang. Dagingnya tebal, manis, dan juicy. Cocok banget buat dimakan langsung atau dibuat sajian berbumbu pedas yang bikin ketagihan.

Kepiting juga kaya akan mineral penting, kayak zinc yang bagus untuk tulang dan sistem kekebalan tubuh. Sama kayak kerang, gak semua jenis kepiting bisa dimakan. Jadi, harus teliti dalam memilih, ya!

6. Udang

Udang ini jenis seafood yang bisa dibilang versi mini dari lobster. Rasanya manis, gurih, dan bisa diolah jadi berbagai hidangan. Mulai dari tumis udang sederhana hingga udang goreng tepung yang renyah. Plus, udang juga kaya protein dan rendah kalori, jadi cocok buat yang lagi diet sehat!

7. Ikan Tuna

Tuna ini punya daging yang berwarna merah, padat, dan rasanya enak banget. Bikin olahan tuna jadi pilihan buat siapa aja, mulai dari sushi, steak, sampe salad. Selain itu, tuna juga sumber protein yang bagus dan mengandung vitamin D yang bikin tulang kuat.

8. Sarden

Sarden ini si kecil yang penuh manfaat! Dagingnya lembut dan punya cita rasa yang khas. Biasanya disajikan dalam kaleng dengan berbagai varian saus. Sarden mengandung omega-3, protein, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, jantung, dan otak.

9. Ikan Gurame

Ikan gurame adalah jenis seafood yang sering disajikan di berbagai restoran. Ikan ini punya daging yang putih, segar, dan enak dimakan dalam berbagai bentuk olahan.

Ikan gurame cocok diolah dengan cara dibakar sambil diolesi dengan bumbu yang meresap atau dibuat gurame goreng yang garing di luar, lembut di dalam. Gak cuma enak, jenis seafood satu ini juga kaya akan protein dan rendah lemak.

10. Ikan Kakap

Jenis seafood satu ini cocok diolah dengan bumbu rempah yang khas atau dibuat gulai yang kental. Ikan kakap juga kaya akan protein dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko peradangan.

11. Tiram

Tiram masuk ke dalam jenis seafood elegan yang bikin makin keren acara makan-makan kamu. Rasanya segar dan teksturnya lembut. Tiram cocok buat disajikan langsung atau dengan tambahan saus lemon.

12. Ikan Tongkol

Ikan tongkol punya daging yang merah, gurih, dan aroma khas. Cocok diolah jadi berbagai hidangan lezat. Ikan tongkol juga kaya akan protein tinggi dan vitamin B12 yang baik untuk energi dan kesehatan saraf.

Rekomendasi Tempat Makan Seafood Enak

Kalau ulasan soal jenis seafood di atas bikin kamu ngiler, kamu bisa coba beberapa rekomendasi restoran seafood berikut ini!

1. Pondok Laguna – Jakarta

Pondok Laguna

Pondok Laguna/Google Review

Pondok Laguna nyediain ragam menu seafood pilihan dengan rasa yang gak perlu diragukan. Mulai dari ikan, udang, cumi, hingga kerang.

Untuk rasa ikannya gorengnya gurih dan juicy. Udang, cumi, dan kerangnya juga fresh. Gak cuma seafood, menu tahu kipas disini juga jadi favorit karena rasanya yang gak kalah enak.

Tempatnya luas dan nyaman, terdiri dari dua lantai. Cocok banget buat dine-in bareng keluarga besar saat weekend. Lokasi restoran seafood di Jakarta ini cuma sekitar 1,9 km dari Stasiun Sawah Besar.

Alamat: 3, Jl. Batu Tulis Raya No.45, Kb. Klp., Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin – Minggu, pukul 11.00 – 21.00
Harga: Rp75.000 – Rp200.000/orang
Menu Favorit: Gurame Goreng Terbang, Tahu Kipas
Telepon: (021) 3459991

2. Meads In Bali – Bali

Meads In Bali

Suzanne Warren/Google Review

Kalau lagi di Bali dan mau makan seafood di pinggir pantai, kamu harus mampir ke Meads In Bali. Lokasinya cuma 1,5 km dari Pantai Tanjung Benoa.

Tempat makannya ada indoor dan outdoor yang seru. Jadi, bisa menikmati kelezatan laut sambil liatin ombak pantai yang memanjakan mata.

Menu di restoran seafood Bali ini beragam, mulai dari hidangan tradisional hingga mancanegara. Rasanya enak, fresh, dan porsinya juga banyak. Recommended banget deh pokoknya!

Alamat: Jl. Pratama No.79x, tanjung, Benoa, Kec. Kuta Sel., denpasar, Bali
Jam Buka: Senin – Minggu, 07.00 – 22.00
Harga: Rp225.000 – Rp250.000/orang
Menu Favorit: Pizza, Fish & Chips
Telepon: 0819-9903-9518

Horego Aplikasi Cari Makanan

3. Zona Seafood (Kotabaru) – Jogja

Zona Seafood (Kotabaru)

Heru Kristanto/Google Review

Mau makan seafood tapi budget pas-pasan? Jangan khawatir! Kamu bisa mampir ke Zona Seafood (Kotabaru). Lokasinya cuma 2,3 km dari tempat favorit turis, yaitu Jalan Malioboro Yogyakarta.

Restoran ini nyediain beragam jenis seafood dalam menunya. Ada kerang, kepiting, udang, cumi, dan ikan. Rasa bumbunya enak, apalagi siraman saus Padangnya. Porsinya juga dijamin bikin kenyang.

Tempat makan di Zona Seafood (Kotabaru) nyaman dan estetik banget. Ada rooftop-nya juga, jadi bisa makan sambil liatin sunset yang cantik.

Alamat: Jl. Abu Bakar Ali No.2, Gowongan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Minggu, 15.30 – 23.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu Favorit: Ikan Bakar Jimbaran, Kepiting Saus Padang
Telepon: 0819-3399-9525

Nah, itu dia ragam jenis seafood beserta rekomendasi restoran yang bisa kamu kunjungi! Favorit kamu yang mana nih?

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.