Kenalan dengan 3 Fakta Menarik Karaage dan Cara Membuatnya

February 28, 2024

Share to:

karaage

Daftar Isi

Hidangan ayam goreng ala Jepang, yaitu karaage kini udah jadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Gak cuma rasa gurihnya yang nendang di lidah, tekstur crispy-nya juga bikin nagih. Yuk, eksplorasi lebih dalam lagi soal hidangan ayam crispy dari Jepang yang populer banget ini!

Apa Itu Karaage?

Sebenarnya, karaage adalah sebutan untuk teknik memasak di Jepang. Namun, kata ini juga sering dipakai untuk merujuk pada hidangan yang dihasilkan dari teknik memasak tersebut, yaitu ayam goreng tepung crispy.

Hal ini terjadi karena ayam jadi bahan utama yang paling sering dimasak dengan teknik ini. Maka, banyak orang mengenal karaage sebagai hidangan bukan teknik memasaknya.

Membahas tentang hidangannya yang terbuat dari potongan daging ayam bagian paha atau dada yang dibumbui dengan campuran shoyu (kecap asin Jepang), sake, bawang putih, dan jahe, hidangan ini punya rasa dan aroma khas yang menggoda.

Proses penggorengan yang dilakukan dalam minyak panas membuat hidangan ayam ini punya tekstur crispy di luar dan juicy di dalam. Ayam crispy ini sering disajikan sebagai hidangan utama atau camilan di Jepang. Hidangan ini juga sering jadi bagian lauk dalam bento (bekal makan siang) karena praktis dan rasanya yang enak.

Perbedaan Karaage dan Tempura

Kamu pasti suka bingung kan perbedaan dari kedua hidangan ini karena sama-sama merupakan hidangan crispy yang dibalut dengan adonan tepung. Nah biar gak salah lagi, langsung aja simak penjelasannya berikut ini!

1. Bahan Utama

Karaage umumnya menggunakan potongan daging ayam atau ikan yang dibumbui dan digoreng sebagai bahan utamanya. Sedangkan tempura menggunakan potongan daging, seafood, atau sayuran yang dilapisi dengan adonan tepung khusus dan digoreng.

2. Bumbu dan Rasa

Hidangan ayam crispy Jepang ini punya bumbu khas, kayak shoyu, sake, bawang putih, dan jahe yang bikin rasanya jadi gurih dan sedikit manis. Kalau tempura punya rasa ringan dan renyah karena adonan tepungnya gak terlalu tebal.

3. Tekstur

Dibalut dengan adonan tepung yang cukup tebal, hidangan ayam crispy khas Jepang ini punya tekstur yang lebih renyah dibandingkan dengan tempura yang lebih ringan.

4. Penggunaan Tepung

Tepung yang digunakan untuk hidangan ayam crispy ini adalah tepung biasa atau tepung bumbu. Sedangkan, tempura biasanya menggunakan adonan tepung khusus yang terbuat dari tepung terigu, air, dan telur.

5. Cara Penyajian

Karaage biasanya disajikan sebagai hidangan utama atau camilan dengan irisan lemon atau saus sebagai pelengkapnya.

Sementara tempura sering disajikan sebagai hidangan utama atau bagian dari hidangan udang tempura yang lebih besar. Hidangan ini juga sering disantap dengan saus tempura khusus dan garam.

Jenis-Jenis Karaage

Berikut adalah beberapa jenis karaage, mulai dari berdasarkan region hingga bahan dasar yang digunakan:

1. Chicken Karaage

Jenis satu ini jadi yang paling populer, gak cuma di Jepang tapi juga di berbagai negara lainnya kayak Indonesia. Cara membuat chicken karaage ini simple, tapi rasanya nikmat banget. Jenis ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama atau camilan.

2. Fish Karaage

Jenis satu ini sebenarnya hampir sama kayak jenis sebelumnya, cuma bahan utamanya aja yang berbeda. Alih-alih pakai ayam, jenis ini menggunakan ikan untuk bahan dasarnya. Teksturnya renyah di luar dan juicy di dalam, cocok buat jadi lauk atau sekedar camilan santai.

3. Hokkaido Style

Berasal dari Hokkaido, jenis satu ini punya cita rasa khas yang spesial dan beda dari jenis lainnya. Ini karena tepung yang digunakan diberi tambahan telur, bukan cuma adonan aja. Jenis ini biasanya disajikan dengan saus yang lebih manis bernama zangi.

Cara Membuat Chicken Karaage

Terkenal dengan proses pembuatannya yang simple, kamu bisa nih coba untuk buat hidangan ayam crispy ala Jepang ini di rumah. Ikuti resep dan cara membuatnya berikut ini:

Resep Chicken Karaage

Bahan:

  • 500 gram daging ayam (paha atau dada), potong dadu.
  • 3 sdm kecap asin.
  • 2 sdm mirin.
  • 1 sdm minyak wijen.
  • 2 siung bawang putih, parut.
  • 1 cm jahe, parut.
  • 1 telur.
  • 100 gram tepung terigu.
  • 100 gram tepung maizena.
  • Minyak untuk menggoreng.
  • Garam dan merica secukupnya.
  • Seiris lemon (opsional).

Cara Membuat Chicken Karaage:

1. Campur daging ayam dengan kecap asin, mirin, minyak wijen, bawang putih, jahe, garam, dan merica. Diamkan selama 30 menit.
2. Kocok telur dalam mangkuk kecil.
3. Campur tepung terigu dan tepung maizena dalam mangkuk terpisah.
4. Panaskan minyak dalam wajan.
5. Celupkan potongan daging ayam ke dalam telur, lalu gulingkan ke campuran tepung hingga rata.
6. Goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan dan matang.
7. Tiriskan ayam yang udah digoreng dan sajikan dengan irisan lemon kalau diinginkan.

Nah, itu dia ulasan menarik soal karaage dan cara membuatnya yang bisa kamu coba ikuti di rumah. Selamat mencoba! Kamu juga bisa cek fakta menarik dari makanan lainnya di Horego Guide, kayak unagi, yakitori, dan soba.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.