Dari Unik hingga Ekstrem, Ini 14 Makanan Khas Banyuwangi yang Harus Dicoba!

February 5, 2024

Share to:

makanan khas banyuwangi

Daftar Isi

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Gak cuma punya pemandangan yang memanjakan mata, daerah ini juga punya ragam kuliner yang bisa memuaskan selera makan. Yuk, eksplorasi deretan makanan khas Banyuwangi yang gak boleh dilewatkan kalau berkunjung!

Makanan Khas Banyuwangi

Berikut adalah beberapa makanan khas Banyuwangi yang wajib dicoba:

1. Rujak Soto

Rujak soto adalah makanan unik dari Banyuwangi yang gak boleh dilewatkan. Makanan ini beda dari soto pada umumnya karena menggabungkan kelezatan rujak cingur dan soto dalam satu sajian. Rujak soto ini biasanya dimakan dengan lontong. Rasanya gurih dan segar, cocok buat pembasmi lapar.

2. Pecel Rawon

Kalau lagi lapar perat di Banyuwangi, bisa banget cobain pecel rawon. Makanan khas Banyuwangi ini terdiri dari nasi yang dilengkapi dengan pecel dan potongan daging rawon. Kombinasi rasa manis gurih pecel dan daging rawon bikin makanan ini jadi favorit banyak orang.

3. Sego Cawuk

Sego cawuk adalah makanan favorit warga Banyuwangi untuk sarapan. Nasi ini disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, kayak telur, pepes, tempe, tahu, dan ikan. Ciri khas dari sego cawuk adalah penggunaan daun pisang sebagai alas untuk makannya.

4. Sego Tempong

Makanan khas Banyuwangi ini punya kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap. Sego tempong terdiri dari nasi, tempe, tahu, ikan atau ayam, dan berbagai macam sayuran, kayak daun kemangi, bayam, dan kenikir rebus. Gak cuma lezat, makanan ini juga sehat.

5. Tahu Walik

Tahu walik adalah makanan unik khas Banyuwangi yang menggunakan tahu sebagai bahan dasarnya. Berbeda dengan gorengan tahu pada umumnya, tahu walik dibalik dulu sebelum digoreng. Bagian luar tahu yang ada di dalam diberi isian olahan daging ayam dan tepung yang menambah kenikmatan cita rasa.

6. Ayam Kesrut

Makanan khas Banyuwangi satu ini udah jarang ditemukan saat ini. Ayam kesrut adalah hidangan sup ayam pedas yang diolah dengan menggunakan bumbu khas Banyuwangi. Rasa pedasnya nendang dan ada sentuhan rasa asam karena menggunakan belimbing waluh dalam pembuatannya. Cocok dimakan bareng nasi hangat.

7. Nasi Kalak

Kalau dilihat sekilas, makanan ini mirip kayak nasi uduk tapi dengan cita rasa yang lebih unik dan beragam. Nasi kalak adalah hidangan nasi putih yang dilengkapi dengan berbagai lauk pauk, kayak mie kuning, tumisan wortel dan buncis, telur rebus, ikan pindang suwir, dan sambal. Kenikmatannya yang lengkap bikin ketagihan.

8. Uyah Asam Pitik

Uyah asam pitik adalah hidangan ayam berkuah yang punya cita rasa beda. Makanan ini terbuat dari ayam yang diolah atau direbus dengan kuah rasa asam alami dari belimbing wuluh. Uyah asam pitik ini pas banget kalau dimakan pas lagi hangat bareng nasi putih.

9. Ayam Pedas

Gak cuma punya makanan bercita rasa unik, Banyuwangi juga punya beragam hidangan yang bisa jadi favorit pecinta pedas. Cara pembuatan ayam pedas juga unik, karena ayam yang digunakan dibakar lebih dulu lalu disiram dengan kuah berbumbu pedas sebelum disajikan.

10. Pindang Koyong

Pindang koyong adalah hidangan khas Banyuwangi yang gak boleh dilewatin. Makanan ini terbuat dari daging ikan laut segar yang dimasak dengam bumbu khas pindang. Uniknya, pindang koyong juga menggunakan belimbing wuluh, jadi rasanya adalah hasil dari kombinasi asam, gurih, dan pedas.

11. Petulo

Selain makanan berat, Banyuwangi juga punya jajanan pasar yang gak kalah enak. Camilan manis ini namanya petulo. Tampilannya mirip kayak putu mayang tapi petulo punya tekstur yang lebih kenyal. Camilan ini biasanya disajikan dengan juruh, yaitu kuah yang dibuat dari santan dan gula merah.

12. Botok Tawon

Makanan khas Banyuwangi satu ini cocok buat para pecinta makanan ekstrem. Botok tawon terbuat dari sarang dan larva tawon yang diolah dengan berbagai bumbu khas. Dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang, makanan ini punya cita rasa unik yang beda dari botok lainnya.

13. Bolu Kuwuk

Bolu kuwuk adalah kue kering dari Banyuwangi yang bentuknya unik, mirip tempurung kura-kura. Terbuat dari tepung terigu, telur, dan gula pasir, bolu kuwuk punya rasa manis yang renyah. Cocok buat jadi teman camilan santai sambil ngopi.

Horego Aplikasi Cari Makanan

14. Kue Bagiak

Satu lagi kue kering dari Banyuwangi yang pas buat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kue bagiak terbuat dari adonan tepung sagu dan kelapa parut yang dibentuk memanjang lalu dipanggang. Kue ini punya tekstur renyah yang meleleh saat masuk mulut.

Nah, itu dia deretan makanan khas Banyuwangi yang wajib dicoba kalau kamu berkunjung! Selamat menikmati kelezatannya!

Selain Banyuwangi, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya di Horego Guide, kayak makanan khas Madiun, makanan khas Garut, dan makanan khas Malang.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.