14 Makanan Khas Demak yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!

January 3, 2024

Share to:

makanan khas demak

Daftar Isi

Demak merupakan sebuah kota dengan sejarah yang kaya. Tak hanya itu, Demak juga sering kali mempesona para pelancong kuliner dengan ragam hidangan khasnya yang unik. Dalam artikel ini, kita akan merinci dan mengulas beberapa makanan khas Demak yang tidak boleh dilewatkan.

Makanan Khas Demak

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan khas Demak dengan cita rasa lezat yang wajib kamu coba.

1. Asem-Asem Daging

Asem-Asem Daging adalah hidangan yang menggabungkan keharuman rempah dan kelezatan daging dalam sebuah kuah asam manis gurih yang memikat. Kuah asem-asem terbuat dari campuran belimbing wuluh, tomat, dan asam jawa. Daging yang digunakan direbus hingga empuk dan meresap dengan cita rasa rempah yang lezat.

2. Botok Telur Asin

Botok Telur Asin adalah makanan khas Demak yang menggoda dengan kombinasi telur asin lezat dan bumbu aromatik. Hidangan ini terbuat dari telur asin yang telah matang lalu direndam dalam bumbu rempah khas Demak, kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dikukus.

3. Nasi Kropohan

Nasi Kropohan merupakan hidangan favorit masyarakat Demak karena memiliki rasa gurih yang nikmat. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disajikan dalam kuah sayur nangka muda dan dilengkapi dengan daging kerbau yang lembut. Kropohan biasanya dihidangkan pada acara hajatan di Demak.

4. Caos Dahar Lorogendhing

Caos Dahar Lorogendhing adalah makanan khas Demak yang menghadirkan pengalaman kuliner unik dan autentik. Keistimewaan hidangan ini terletak pada perpaduan rasa dan aroma yang dihasilkan dari bahan dan rempah khas Demak. Hidangan ini sering disajikan pada acara-acara keluarga, upacara adat, atau perayaan bersama masyarakat.

5. Sop Balungan

Sop Balungan adalah makanan khas Demak yang terbuat dari balungan atau sumsum tulang dan dipadukan dengan kuah yang dihasilkan dari proses memasak balungan bersama dengan rempah-rempah pilihan. Memiliki rasa yang gurih, kaya nutrisi, dan juga menghangatkan, membuat Sop Balungan cocok untuk dinikmati pada cuaca yang sejuk.

6. Brayo

Brayo adalah camilan unik dari Demak menggunakan brayo atau mangrove sebagai bahan utamanya. Brayo dibuat dengan dilumuri tepung lalu digoreng hingga renyah seperti keripik. Berbeda dengan keripik lainnya, brayo memiliki rasa unik yakni perpaduan antara asam dan gurih.

7. Nasi Ndoreng

Nasi ndoreng merupakan makanan khas Demak yang jika dilihat sekilas terlihat seperti nasi pecel. Keunikan dari hidangan ini adalah penggunaan uyah goreng sebagai taburan, ini merupakan serundeng yang terbuat dari kelapa parut yang disangrai dan dibumbui garam. Nasi ndoreng biasanya disajikan dengan lauk-pauk nikmat sederhana.

8. Bakso Balungan

Bakso Balungan terbuat dari olahan balungan atau sumsum tulang. Dalam hidangan ini, balungan dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan dan kemudian diolah menjadi bakso yang gurih dan lezat. Keunikan dari Bakso Balungan terletak pada kuahnya yang dihasilkan dari proses memasak balungan, menciptakan cita rasa yang kaya dan khas.

9. Ingkung Bandeng

Ingkung Bandeng menggunakan bahan utama bandeng, jenis ikan laut yang lezat, disiapkan dengan teknik memasak “ingkung” atau digulung, lalu diolah dengan bumbu-bumbu khas Demak. Proses “ingkung” memberikan tekstur dan kelezatan yang istimewa pada ikan, menciptakan hidangan yang nikmat dan memuaskan.

10. Nasi Brongkos

Nasi Brongkos adalah makanan khas Demak yang memikat dengan paduan cita rasa unik antara nasi dan brongkos, semacam semur khas Demak. Dalam hidangan ini, nasi dimasak dan disajikan bersama brongkos, yang terdiri dari sayuran, daging, dan kacang merah yang dipadukan dalam kuah rempah kaya rasa.

11. Wingko Salem

Wingko salem adalah camilan khas Demak yang terbuat dari campuran kelapa parut, ketan, dan gula, yang kemudian dipanggang hingga menghasilkan tekstur kenyal dan rasa gurih yang khas. Keistimewaan wingko salem terletak pada kombinasi bahan-bahan sederhana yang menghasilkan kelezatan yang menggoda.

12. Kerupuk Catak

Kerupuk Catak merupakan makanan khas Demak yang terbuat dari bahan unik. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, kerupuk catak terbuat dari paru-paru ikan besar seperti ikan manyung yang dijemur dan digoreng hingga bertekstur renyah. Bercita rasa gurih, kerupuk catak cocok dijadikan kudapan atau pelengkap sajian makanan berat.

Horego Aplikasi Cari Makanan

13. Kerupuk Udang Tambak

Kerupuk udang tambak adalah camilan yang menggoda dengan kombinasi kerenyahan kerupuk dan aroma udang segar. Hidangan ini terbuat dari campuran udang segar, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu pilihan, yang kemudian diolah dan dijemur hingga kering. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur renyah yang memikat.

14. Kepala Ikan Manyung

Makanan khas Demak satu ini terbuat dari kepala ikan manyung yang disajikan dengan bumbu-bumbu pilihan, kemudian dimasak hingga menghasilkan rasa yang lezat dan menggugah selera. Proses pengolahan kepala ikan manyung yang teliti ini menghasilkan hidangan yang lembut, beraroma, dan mampu memuaskan pencinta seafood.

Itulah deretan makanan khas Demak yang kelezatannya wajib kamu coba! Jika kamu berkunjung, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keragaman kuliner Demak yang begitu menggugah selera!

Selain Demak, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya di Horego Guide, seperti makanan khas Pasuruan, makanan khas Boyolali, dan makanan khas Indramayu.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.