15 Makanan Khas Makassar Paling Populer dan Enak yang Wajib Dicoba

February 8, 2024

Share to:

makanan khas makassar

Daftar Isi

Kalau lagi cari tempat kulineran, kamu bisa banget mampir ke Makassar. Kota yang berada di Sulawesi Selatan ini punya ragam makanan yang rasanya bisa bikin kamu ketagihan. Yuk, cari tau tentang deretan makanan khas Makassar yang wajib kamu coba!

Makanan Khas Makassar

Berikut adalah beberapa makanan khas Makassar yang kenikmatannya gak boleh kamu lewatkan.

1. Pallumara

Pallumara adalah gulai ikan khas Makassar yang bisa memikat lidahmu. Ikan segar dimasak dengan bumbu rempah yang meresap, dijamin bakal bikin kamu nambah berkali-kali. Jangan lupa dimakan bersama dengan nasi hangan dan daun kemangi untuk aroma yang makin menggoda.

2. Mie Kering

Mie kering adalah hidangan mie lezat dari Makassar. Ini berupa mie kuning khas dengan bumbu pedas yang pas jadi menu makan siang buat pencinta pedas. Diberi irisan daging sapi, pangsit goreng, dan telur ceplok, rasanya juara banget. Yang suka pedas wajib coba, nih!

3. Coto Makassar

Coto Makassar adalah hidangan semacam soto khas Makassar. Makanan ini punya kuah kental yang bikin nagih. Dilengkapi dengan daging sapi, jeroan, dan bumbu rempah-rempah, rasanya dijamin bisa menggoyang lidah. Jangan lupa tambahkan sambal dan jeruk nipis buat sensasi cita rasa yang maksimal!

4. Pallubasa

Makanan khas Makassar ini sekilas punya tampilan yang mirip dengan coto Makassar, tapi rasanya tentu berbeda. Pallubassa adalah sup yang terdiri dari jeroan sapi atau kerbau. Kuahnya yang kental dan gurih berasal dari campuran rempah yang pas. Rasanya bakal lebih nikmat kalau disantap bareng nasi hangat.

5. Sop Konro Karebosi

Sop konro karebosi adalah sajian sop tulang khas Makassar yang punya cita rasa menggigit. Terbuat dari kuah kaldu sapi yang kental dan rempah-rempah yang meresap bikin makanan ini jadi juara di lidah. Cocok banget buat yang suka sensasi kuah yang gurih.

6. Konro Bakar

Konro bakar adalah sate tulang khas Makassar. Makanan ini disajikan dengan bumbu bakar yang memikat. Terbuat dari daging iga sapi kenyal yang dipanggang hingga harum dan disiram dengan kuah gulai kental. Kamu bakal nyesel deh kalau gak cobain sensari kenikmatan dari konro bakar ini!

7. Es Pisang Ijo

Kalau udah kenyang makan berat, jangan lupa cicipi es pisang ijo khas Makassar. Terbuat dari pisang ijo yang dibungkus dengan adonan kulit berwarna hijau, kemudian disiram dengan sirup gula merah dan diberi es serut. Manisnya yang pas dan sensasi dinginnya bakal buat senyum-senyum sendiri.

8. Sop Saudara

Sop Saudara adalah hidangan kuah khas Makassar yang punya cita rasa segar. Sop ini terbuat dari daging sapi, tulang, jeroan, dan sayuran yang direbus dengan bumbu rempah. Sop saudara biasanya dimakan dengan dampingan buras untuk menambah cita rasa gurih yang nikmat.

9. Barongko

Barongko adalah makanan penutup khas Makassar yang bisa bikin lidah bergoyang. Camilan ini terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan beras ketan, kemudian dikukus hingga matang. Barongko biasanya disajikan dengan saus gula merah dan kelapa parut yang. Cocok banget buat yang doyan manis!

10. Pisang Epe

Pisang epe adalah makanan ringan yang gak boleh dilewatkan di Makassar. Pisang diremas dan dipanggang hingga pipih, lalu disiram dengan saus karamel yang bikin ketagihan. Gurih, manis, dan lembut, rasanya cocok buat temen nongkrong di sore hari.

11. Cucuru Bayao

Kue manis khas Makassar ini punya bentuk yang mirip dengan kue talam. Cucuru bayao adalah kue berbentuk bulat kecil yang menggunakan kuning telur untuk bahan utamanya. Meski punya tekstur lembut dan rasa yang manis, kue ini udah jarang ditemui dan biasanya cuma ada di acara-acara penting kayak pernikahan.

12. Jalangkote

Makanan khas Makassar satu ini udah melegenda dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jalangkote adalah paste goreng yang biasanya diisi dengan bihun, sayur-sayuran kayak wortel dan kentang, dan juga telur. tekstur kulitnya renyah dan isinya lezat banget. Cocok buat temen ngopi atau buat ganjel perut di jalan.

13. Burasa

Burasa atau yang lebih dikenal dengan nama buras adalah makanan khas Makassar dengan rasa gurih menggoda. Terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan santan, burasa disajikan dengan bungkusan daun pisang. Bentuknya kotak pipih dan sering dijadikan makanan pendamping.

14. Gogoso

Punya tampilan yang mirip dengan lemper, makanan khas Makassar ini punya kenikmatan yang gak ada lawan. Gogoso terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Makanan ini biasanya berisi ikan yang sudah dicincang halus.

Horego Aplikasi Cari Makanan

15. Songkolo

Kalau kamu pecinta makanan yang terbuat dari ketan, songkolo bisa jadi pilihan yang pas buat kamu. Makanan khas Makassar ini dibuat dari beras ketan hitam atau putih yang dikukus hingga matang. Songkolo biasanya disajikan dengan kelapa sangrai atau serundeng. Rasanya bikin ketagihan banget.

Nah, itulah daftar makanan khas Makassar yang rasanya gak perlu diragukan lagi. Selamat bereksplorasi kuliner khas kota Makassar!

Selain Makassar, kamu juga bisa cek makanan khas daerah lainnya yang mungkin bisa jadi referensi jalan-jalan kuliner kamu di Horego Guide, kayak makanan khas Bogor, makanan khas Lampung, dan makanan khas Palembang.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.