9 Makanan Khas Pontianak Enak yang Wajib Dicoba

December 19, 2023

Share to:

makanan khas pontianak

Daftar Isi

Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman budaya, tradisi, dan juga makanan. Berbagai daerah di Indonesia kerap memiliki makanan spesialisasinya masing-masing, begitu pula dengan Pontianak yang merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Barat.

Makanan khas Pontianak dikenal memiliki kekayaan rasa yang mencerminkan keberagaman budaya dan pengaruh etnis Tionghoa.

Rekomendasi makanan khas Pontianak

Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, berikut beberapa rekomendasi makanan khas Pontianak yang wajib dicoba!

1. Bubur Pedas

Kamu wajib coba bubur pedas Pontianak yang khas dengan kuah pedas dan cita rasa rempah yang khas. Bubur Pedas adalah bubur khas Pontianak yang terkenal dengan rasa pedas dan berbumbu unik.

Bubur ini umumnya terbuat dari bubur nasi yang dimasak dengan campuran bumbu pedas, seperti cabai, serai, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya. Bubur Pedas sering dihidangkan dengan ikan atau ayam sebagai tambahan protein.

2. Pengkang (Penganan Khas Tionghoa)

Pengkang adalah kue tradisional Tionghoa yangmenjadi makanan khas Pontianak. Memiliki tekstur lembut dan berisi, kue ini terdiri dari lapisan adonan ketan yang dipanggang atau dikukus dan diisi dengan pasta kacang hijau manis.

Pengkang biasanya dibungkus dalam daun pisang atau daun pandan, memberikan aroma yang khas. Kue ini umumnya dijual di toko kue tradisional di Pontianak.

3. Chai Kue

Chai Kue adalah makanan khas Pontianak yang mirip dengan kue tradisional Tionghoa. Terbuat dari adonan ketan ketika direbus dan dipanggang, Chai Kue memiliki bentuk yang bulat pipih. Isiannya biasanya beragam, bisa berupa daging cincang, udang, jamur, dan sayuran.

Chai Kue sering dihidangkan dengan saus kacang atau saus pedas sebagai pelengkap. Hidangan ini dapat ditemukan di pasar tradisional atau kaki lima di Pontianak.

4. Es Krim Petrus

Es Krim Petrus adalah es krim buatan lokal yang terkenal sebagai makanan khas Pontianak. Petrus adalah sejenis pohon kelapa yang tumbuh subur di daerah tersebut. Es krim ini menggunakan susu kelapa sebagai bahan utama dan memiliki berbagai rasa alami, termasuk kelapa muda.

Es Krim Petrus dapat dinikmati dalam berbagai bentuk, seperti cone atau cup, dan sering dijual di kedai-kedai es krim atau warung keliling.

5. Kue Bingka

Kue bingka adalah kue tradisional Indonesia, tepatnya Pontianak yang dapat ditemukan di berbagai daerah. Meskipun bahan dan teknik pembuatannya dapat bervariasi, kebanyakan kue bingka terkenal karena kelembutan dan kelezatannya.

Meskipun terkenal sebagai makanan khas Pontianak, setiap daerah di Indonesia memiliki variasi kue bingka yang unik dengan tambahan bahan atau metode persiapan tertentu.

6. Lempok Durian

Lempok durian adalah salah satu makanan khas Pontianak yang sangat populer di daerah tersebut. Lempok durian adalah makanan tradisional Indonesia yang dikenal karena menggunakan bahan utama durian, buah khas Asia Tenggara yang dikenal dengan aromanya yang kuat dan rasa kaya.

Lempok durian biasanya diolah menjadi kue atau jajanan yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang sangat khas. Makanan khas Pontianak ini terbuat dari durian yang matang dan berkualitas baik. Lempok durian umumnya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil atau bisa juga diikat dengan daun pisang.

Salah satu ciri khas utama lempok durian adalah aroma kuat durian yang sangat khas. Ini bisa menjadi kelebihan bagi para pecinta durian, tetapi juga menjadi karakteristik yang kontroversial bagi mereka yang tidak terbiasa dengan aroma durian yang kuat.

7. Bubur Ikan

Bubur Ikan adalah salah satu makanan khas Pontianak yang cukup populer. Bubur Ikan adalah hidangan bubur yang memiliki kuah ikan kaya rasa. Bubur ini biasanya dihidangkan dengan berbagai tambahan, seperti potongan ikan, perkedel ikan, telur, bawang goreng, dan bumbu-bumbu khas yang memberikan cita rasa lezat.

Horego Aplikasi Cari Makanan

Bubur Ikan sering disajikan dalam mangkuk besar dan bisa dinikmati sebagai hidangan utama. Kombinasi rasa asin dan gurih dari kuah ikan, bersama dengan bahan pelengkap, memberikan citarasa yang lezat.

8. Kue Pasung

Kue Pasung adalah sejenis kue tradisional Indonesia yang berasal dari Kalimantan Barat, termasuk Pontianak. Nama “pasung” pada makanan khas Pontianak ini berasal dari bentuk kue yang diikat atau dibentuk seperti pasungan atau anyaman.

Terbuat dari beras ketan, kelapa parut, dan gula pasir, kue pasung umumnya disajikan dalam bentuk bundaran atau bentuk khusus lainnya. Kue pasung sering kali memiliki makna dan simbolisme tradisional tertentu di masyarakat setempat. Hal ini dikaitkan dengan aspek-aspek kearifan lokal atau nilai-nilai budaya yang terkait dengan kue ini.

9. Kaloci

Kaloci adalah makanan tradisional khas Pontianak yang memiliki cita rasa unik dan digemari oleh masyarakat setempat. Terbuat dari kelapa parut, tepung ketan, dan gula merah, kue ini memiliki bentuk bundar atau bulat pipih dan sering kali dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng.

Kaloci sering kali memiliki nilai budaya dan tradisional yang dalam. Makanan ini berkaitan dengan perayaan atau ritual tertentu di masyarakat Pontianak. Kaloci biasanya dapat ditemukan di pasar tradisional, toko kue tradisional, atau dalam acara-acara keagamaan dan perayaan lokal di Pontianak.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.

Kamu juga bisa cek rekomendasi makanan khas daerah lainnya di Guide Horego, seperti makanan khas Banjarmasin, makanan khas Sumatera Selatan, dan makanan khas NTT.