20 Makanan Manis Indonesia, Cocok untuk Camilan Santai

January 3, 2024

Share to:

makanan manis indonesia

Daftar Isi

Keragaman kuliner Indonesia tidak hanya berlaku pada hidangan utamanya saja. Indonesia juga memiliki makanan manis dengan berbagai varian dan jenis. Dengan cita rasa yang khas, makanan manis Indonesia kerap dijadikan suguhan untuk makanan penutup atau camilan.

Makanan Manis Indonesia

Yuk eksplorasi beberapa makanan manis yang tradisional yang khas dan lezat di Indonesia!

1. Lupis

Makanan manis Indonesia yang pertama adalah lupis. Makanan ini merupakan kue tradisional yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan daun pisang. Dihidangkan dengan gula kelapa yang lezat, lupis menjadi pilihan makanan manis yang nikmat untuk dinikmati.

2.  Bika Ambon

Bika Ambon adalah kue tradisional asal Medan yang unik karena menggunakan proses fermentasi. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan berongga, dengan rasa manis gula kelapa yang khas.

3. Gemblong

Gemblong adalah kudapan tradisional yang terbuat dari campuran tepung ketan dan kelapa parut yang digoreng, kemudian diselimuti oleh lapisan gula kelapa. Kombinasi gurih dan manis pada gemblong membuatnya selalu dinanti-nanti.

4. Dadar Gulung

Dadar Gulung adalah kue gulung yang terbuat dari adonan kelapa parut yang diberi warna hijau alami dari daun suji. Isian kue ini biasanya terdiri dari campuran kelapa parut dan gula kelapa yang memberikan kelembutan dan keharuman unik. Makanan manis Indonesia ini banyak digemari oleh masyarakat dari semua kalangan.

5. Lapis Legit

Lapis Legit adalah kue tradisional Indonesia yang terdiri dari lapisan-lapisan tipis dengan paduan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Kelembutan pada setiap lapisan kue ini membuatnya menjadi makanan manis Indonesia yang istimewa.

6. Klepon

Klepon adalah jajanan tradisional yang terbuat dari ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula kelapa cair. Makanan manis ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut yang memberikan sensasi gurih dan manis pada setiap gigitan.

7. Putu Ayu

Putu Ayu adalah kue tradisional yang terbuat dari adonan kelapa parut, kelapa muda, dan gula merah, kemudian dikukus hingga matang. Rasa gula merah yang kental di dalamnya membuat putu ayu menjadi pilihan makanan manis Indonesia yang populer di berbagai acara.

8. Cenil

Cenil adalah kudapan berbahan dasar tepung sagu yang direbus dan disajikan dengan kelapa parut dan gula kelapa. Teksturnya yang kenyal dan cita rasanya yang manis membuat cenil selalu menjadi pilihan yang disukai.

9. Pukis

Pukis adalah kue semacam pancake yang dibuat dengan campuran tepung, kelapa parut, dan santan. Berbeda dengan kue lainnya, pukis dibuat menggunakan cetakan khusus yang memberikan kesan unik pada bagian bawahnya.

10. Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam adalah hidangan manis yang terbuat dari ketan hitam yang dimasak hingga pulen dan disajikan dengan santan dan gula kelapa. Aroma khas ketan hitam memberikan nuansa keteduhan pada setiap suapannya.

11. Wajik

Wajik adalah kue tradisional yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan gula merah dan santan. Kemudian, adonan tersebut dipadatkan dan dipotong-potong menjadi segi enam, menciptakan keunikan dalam penampilan dan rasa.

12. Nagasari

Nagasari adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus hingga matang. Isian pisang yang manis dan gula kelapa membuat nagasari menjadi makanan manis Indonesia favorit yang lezat dan alami.

13. Serabi

Serabi adalah pancake kecil yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan kelapa parut, yang dipanggang hingga matang. Serabi sering disajikan dengan gula merah cair atau kinca, memberikan rasa manis yang istimewa.

14. Martabak Manis

Martabak Manis adalah varian martabak yang diisi dengan berbagai pilihan topping seperti keju, kacang, meses, dan susu kental manis. Tekstur lembut dan manisnya isian pada martabak membuatnya sangat digemari.

15. Onde-Onde

Onde-Onde adalah kudapan berbentuk bulat yang terbuat dari adonan ketan yang diberi isi gula kelapa ataupun kacang hijau kukus. Setelah itu, onde-onde ini digoreng hingga kulitnya renyah dan isian di dalamnya meleleh, menciptakan harmoni rasa yang luar biasa.

16. Bubur Sumsum

Bubur Sumsum adalah bubur manis yang terbuat dari tepung beras ketan dan santan, diberi aroma pandan. Disajikan dengan gula merah cair atau sirup kelapa, bubur sumsum menjadi pilihan yang lezat untuk pencinta makanan manis.

17. Pisang Goreng

Pisang Goreng adalah camilan yang sangat populer di Indonesia. Pisang yang dicelupkan dalam adonan tepung berisi gula kelapa atau keju, kemudian digoreng hingga kecokelatan. Kombinasi gurih dan manis membuatnya sulit untuk dilewatkan.

18. Ongol-Ongol

Ongol-Ongol adalah kue tradisional yang terbuat dari adonan tepung sagu dan kelapa parut yang dikukus. Dihidangkan dengan taburan gula dan kelapa serut di atasnya, ongol-ongol menciptakan perpaduan gurih dan manis yang sempurna.

19. Getuk

Getuk adalah kudapan tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong yang diparut halus, dicampur dengan kelapa parut, dan gula kelapa. Adonan ini kemudian dipadatkan dan diberi bentuk lonjong atau bulat. Getuk umumnya disajikan dalam satu warna, yaitu putih, karena menggunakan singkong sebagai bahan utamanya.

20. Apem Gula Merah

Apem Gula Merah adalah kue yang terbuat dari campuran tepung beras dan air daun pandan, diisi dengan gula merah cair. Proses pemanggangan memberikan tekstur yang kenyal di bagian luar dan lembut di bagian dalam.

Itulah beberapa makanan manis Indonesia yang sangat beragam. Setiap varian menciptakan sensasi rasa yang unik, memperkaya pengalaman kuliner dengan cita rasa tradisional yang memikat. Selamat menikmati lebih banyak kelezatan makanan manis Indonesia!

Selain di Indonesia, kamu juga bisa cek makanan termanis di dunia yang ada di Horego Guide!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.