Jelajah Kuliner Dunia, Ini 10 Makanan Unik yang Jarang Ditemui

December 20, 2023

Share to:

makanan unik yang jarang ditemui

Daftar Isi

Dunia kuliner adalah ladang keajaiban yang penuh dengan variasi cita rasa dan keunikan. Terkadang, di antara hidangan yang familiar, terdapat makanan unik yang jarang ditemui selain di negara asalnya. Dari Asia hingga Amerika Latin, mari jelajahi beberapa makanan unik yang mungkin belum pernah kamu dengar atau coba.

Makanan unik yang jarang ditemui di dunia

Menantang batasan dan menciptakan petualangan kuliner yang tak terlupakan, berikut beberapa makanan unik yang jarang ditemui di dunia.

1. Hákarl (Ikan Hiu Fermentasi) – Islandia

Islandia, negeri es dan api, menawarkan sebuah pengalaman kuliner yang unik dalam bentuk Hákarl, yakni ikan hiu yang difermentasi. Terdengan asing, bukan? Tentu saja karena ini merupakan makanan unik yang jarang ditemui di negara lain selain Islandia.

Hidangan ini dibuat dari daging hiu yang diubur-uburkan dan difermentasi selama beberapa bulan sebelum dikonsumsi. Rasa dan aromanya sangat kuat, dengan sentuhan amonia yang khas. Meskipun mungkin bukan untuk semua orang, Hákarl dianggap sebagai hidangan tradisional yang menarik di Islandia.

2. Sannakji (Gurita Hidup) – Korea Selatan

Di Korea, terdapat hidangan unik dan cukup ekstrem yang disebut Sannakji. Ini adalah potongan-potongan gurita hidup yang disajikan langsung di atas piring. Bagi yang takut dengan hewan bertentakel ini, menyantap Sannakji mungkin akan menjadi hal sulit.

Sannakji biasanya disajikan dengan saus gochujang dan biji wijen. Menikmati Sannakji membutuhkan kehati-hatian, karena potongan gurita masih bergerak dan bisa menempel di mulut. Bagi yang berani mencoba, pengalaman ini pasti tidak terlupakan.

3. Balut – Filipina

Balut adalah telur bebek yang sudah dierami selama beberapa minggu sehingga embrio bebek mulai berkembang. Kemudian, telur tersebut direbus dan disajikan dengan garam dan merica. Makanan ini populer di Filipina dan sering dianggap sebagai jajanan jalanan.

Bagi pecinta unggas, mungkin tidak disarankan untuk menyantap balut. Namun, meski hidangan ini tergolong kontroversial, banyak orang menikmati rasa dan tekstur unik dari Balut.

4. Casu Marzu (Keju Larva) – Sardinia, Italia

Casu Marzu adalah keju Sardinia yang terkenal karena kandungan larva lalatnya. Larva ini membantu proses fermentasi keju dan memberikan rasa khas pada Casu Marzu. Meskipun pemerintah Italia melarang produksi dan penjualan keju ini, beberapa penggemar kuliner petualang masih berhasil menemukannya di pasar gelap.

5. Fugu (Ikan Buntal) – Jepang

Fugu adalah ikan buntal yang terkenal karena bisa sangat beracun. Di Jepang, hanya koki-koki berlisensi yang diizinkan untuk memasak dan menyajikan Fugu.

Meskipun ada risiko yang terlibat, banyak orang tertarik untuk mencoba pengalaman unik makan ikan buntal ini. Hati-hati dan keahlian koki menjadi kunci kesuksesan saat menyiapkan hidangan ini, karena jika salah penyajian, hidangan ini dapat mengakibatkan kematian bagi orang yang menyantapnya.

6. Akutaq (Eskimo Ice Cream) – Alaska, Amerika Serikat

Makanan unik yang jarang ditemui selanjutnya berasal dari Amerika Serikat, tepatnya di Alaska. Dalam tradisi makanan suku Eskimo di Alaska, terdapat hidangan yang disebut Akutaq, atau sering disebut sebagai Eskimo Ice Cream. Disebut unik karena es krim ini terbuat dari lemak hewan seperti beruang, ikan, atau rusa.

Akutaq biasanya dicampur dengan buah beri dan daun-daunan. Meskipun namanya mirip dengan es krim, Akutaq memiliki tekstur yang lebih mirip dengan es buah yang kental.

7. Svið (Kepala Domba) – Islandia

Svið adalah makanan unik yang jarang ditemui dari Islandia yang terdiri dari kepala domba rebus dan kemudian dibakar. Setelah dimasak, kepala domba dihidangkan dengan mata dan gigi masih utuh. Meskipun penampilannya bisa mengejutkan, Svið dianggap sebagai hidangan yang lezat oleh beberapa orang di Islandia.

Horego Aplikasi Cari Makanan

8. Salo (Lemak Babi) – Rusia dan Ukraina

Salo adalah hidangan tradisional di Rusia dan Ukraina yang terbuat dari lemak babi yang diasin dan diasapi. Lemak babi ini kemudian diiris tipis dan disajikan sebagai hidangan pembuka atau di atas roti. Salo dianggap sebagai makanan kaya lemak dan gurih yang disukai oleh banyak orang di wilayah tersebut.

9. A-ping (Laba-Laba Goreng) – Kamboja

Di Kamboja, terdapat makanan unik yang jarang ditemui di negara lain, A-ping namanya. A-ping adalah makanan jajanan yang terdiri dari laba-laba besar yang dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah, lalu digoreng hingga renyah. Laba-laba ini sering dijual di pasar tradisional dan dianggap sebagai camilan yang menggugah selera.

10. Huitlacoche (Jamur Maiz) – Meksiko

Huitlacoche, juga dikenal sebagai “jamur maiz”, adalah jamur yang tumbuh pada tanaman jagung. Di Meksiko, jamur ini dianggap sebagai hidangan lezat dan sering digunakan dalam berbagai masakan, seperti quesadillas dan saus. Meskipun penampilannya mungkin tidak biasa, Huitlacoche memiliki rasa yang khas dan lembut.

Makanan unik yang jarang ditemui memberikan pandangan baru tentang keragaman cita rasa dan kekayaan budaya di berbagai belahan dunia. Meskipun beberapa hidangan mungkin menantang batasan kenyamanan, banyak orang menemukan kepuasan dan kegembiraan dalam menjelajahi keunikan kuliner ini. Gimana, kamu berani coba?

Kamu juga bisa cobain makanan unik yang jarang ditemui di negara lain selain Indonesia, seperti makanan khas NTT, makanan khas Pontianak, dan makanan khas Sumatera Selatan.

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.