15 Menu Buka Puasa Nikmat Favorit Banyak Orang

March 14, 2024

Share to:

menu buka puasa

Daftar Isi

Selain lebaran, hal yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan adalah waktu maghrib atau saat berbuka puasa. Ini karena kita dapat melepas dahaga dan menghilangkan lapar setelah berpuasa hampir seharian. Namun, sering kali kita merasa bingung mau makan apa saat maghrib hampir tiba.

Nah, biar gak bingung lagi, kamu perlu simak beberapa menu buka puasa berikut ini. Mulai dari makanan berat hingga minuman segar, cari tau daftarnya di sini!

Menu Buka Puasa Minuman Segar

Gak lengkap rasanya kalau berbuka tanpa ada minuman segar di atas meja makan. Yuk, cari tau deretan minuman segar yang bisa kamu nikmati untuk berbuka puasa serta resepnya berikut ini!

1. Es Campur Topping Buah

Es satu ini jadi yang paling menu yang paling umum ditemukan saat bulan Ramadan. Selain beli di sekitar rumah, kamu juga bisa lho coba buat sendiri dengan resepnya di bawah ini:

Bahan:

  • 200 gram kelapa muda, serut.
  • 100 gram alpukat, potong dadu.
  • 100 gram nata de coco, potong kecil-kecil.
  • 200 gram agar-agar, potong dadu.
  • 1 liter santan encer.
  • 200 gram gula merah, sisir.
  • 1/2 sdt garam.
  • Es batu secukupnya.

Cara Membuat:

1. Rebus santan, gula merah, dan garam hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
2. Susun kelapa muda, alpukat, nata de coco, dan agar-agar dalam mangkuk saji.
3. Tuang santan gula merah dingin dan tambahkan es batu.

2. Sekoteng

Selain minuman dingin, minuman hangat juga bisa lho jadi pilihan menu buka puasa, kayak sekoteng contohnya. Gak cuma enak, minuman ini juga bisa membuat perut lebih tenang setelah kosong hampir seharian. Coba buat di rumah dengan resep berikut ini!

Bahan:

  • Jahe.
  • Kacang hijau.
  • Kolang-kaling.
  • Biji salak.
  • Gula merah.
  • Air.

Cara Membuat:

1. Rebus bahan-bahan hingga matang.
2. Tambahkan gula merah, aduk hingga larut.
3. Sekoteng siap disajikan.

3. Es Kelapa Muda

Kamu gak akan pernah salah kalau berbuka denga es kelapa muda yang bikin tenggorokan seger. Berikut resepnya:

Bahan:

  • Kelapa muda.
  • Air kelapa.
  • Es batu.
  • Gula secukupnya (opsional).

Cara Membuat:

1. Ambil daging kelapa muda dan air kelapanya.
2. Campur dengan es batu dan gula (kalau pakai), aduk rata, dan sajikan.

4. Es Timun Suri

Timun suri ini jadi salah satu buah yang marak banget dijual saat bulan Ramadan. Rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut bikin buah ini cocok buat masuk ke dalam daftar menu buka puasa. Coba yuk buat di rumah dengan resep berikut ini:

Bahan:

  • Timun suri.
  • Sirup cocopandan.
  • Air secukupnya.
  • Es batu.

Cara Membuat:

1. Kupas timun suri dan potong-potong.
2. Campur dengan sirup cocopandan, air, dan es batu. Aduk rata lalu sajikan.

5. Es Jeruk

Kalau minuman satu ini udah jadi menu buka puasa paling legendaris di Indonesia. Bahkan, ada banyak merk sirup instan yang mengeluarkan produknya dengan rasa ini. Tapi biar lebih alami, coba aja buat es jeruk sendiri dengan resepnya yang mudah berikut ini:

Bahan:

  • Jeruk mandarin atau jeruk manis.
  • Air.
  • Es batu.
  • Gula secukupnya (opsional).

Cara Membuat:

1. Peras jeruk mandarin atau jeruk manis, saring airnya.
2. Campur dengan air, es batu, dan gula (kalau pakai)
3. Aduk rata dan sajikan.

Menu Buka Puasa Makanan Ringan

Buka puasa memang paling enak makan camilan ringan yang porsinya pas di perut. Mulai dari yang gurih hingga manis, ini dia deretan menu buka puasa makanan ringan beserta resepnya!

1. Dadar Gulung

Kelembutan dadar gulung dan rasa manisnya bikin siapapun yang liat pasti jadi pengen coba. Maka dari itu, gak heran kalau makanan ringan ini jadi menu buka puasa yang cocok buat siapa aja.

Bahan:

  • Tepung terigu.
  • Telur.
  • Susu.
  • Gula.
  • Mentega.

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan dan aduk hingga rata.
2. Tuang adonan ke wajan datar dan tipis, goreng hingga matang.
3. Isi dengan selai atau meses, gulung dan sajikan.

2. Lumpia Goreng

Makanan ringan renyah rasanya pas banget buat jadi menu buka puasa, kayak lumpia goreng ini. Rasanya yang gurih dengan tekstur renyah di luar dan isian yang lembut di dalamnya, bisa bikin siapapun jadi ngiler.

Bahan:

  • Kulit lumpia.
  • Wortel.
  • Tauge.
  • Kol.
  • Daging ayam atau udang.

Cara Membuat:

1. Tumis semua bahan hingga matang.
2. Bungkus dengan kulit lumpia.
3. Goreng hingga renyah dan kecokelatan.

3. Pisang Goreng

Menu buka puasa satu ini udah berhasil buat dapetin hati banyak orang di berbagai kalangan. Kombinasi rasa gurih dan manisnya bikin pisang goreng sering jadi takjil pilihan.

Bahan:

  • Pisang raja.
  • Tepung terigu.
  • Tepung beras.
  • Air.
  • Garam.

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu, tepung beras, air, dan garam hingga membentuk adonan.
2. Balut pisang dengan adonan dan goreng hingga kecokelatan.

4. Pastel Mini

Kalau bicara soal menu buka puasa, makanan ringan yang digoreng renyah memang jadi juaranya kayak pastel mini ini contohnya. Rasanya yang gurih dengan isian nikmat bikin makanan ringan ini jadi favorit banyak orang.

Bahan:

  • Kulit lumpia.
  • Isi (wortel, kentang, daging cincang, bawang merah, bawang putih, daun bawang, garam, merica).

Cara Membuat:

1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
2. Tambahkan daging cincang, wortel, dan kentang yang sudah dipotong kecil-kecil, aduk hingga matang.
3. Bungkus adonan dengan kulit lumpia, goreng hingga kecokelatan.

5. Bakwan Jagung

Satu lagi nih gorengan yang sering banget ada dalam menu buka puasa. Ya, bakwan jagung! Yuk, simak resepnya berikut ini:

Bahan:

  • Jagung manis.
  • Tepung terigu.
  • Daun bawang.
  • Garam.
  • Merica.

Cara Membuat:

1. Campur jagung manis, tepung terigu, daun bawang, garam, dan merica hingga rata.
2. Goreng adonan hingga matang dan kecokelatan.

Menu Buka Puasa Makanan Berat

Bagi yang laparnya udah gak ketolong dan langsung mau menyantap makanan berat saat maghrib nanti, coba simak daftar menu buka puasa makanan berat berikut ini buat jadi referensimu!

1. Soto Betawi

Hidangan berkuah khas Betawi ini terbuat dari daging sapi, kentang, tomat, dan santan. Dimakan bareng nasi, cocok banget buat berbuka puasa.

Bahan:

  • 500 gram daging sapi, potong dadu.
  • 3 buah kentang, potong dadu.
  • 2 buah tomat, potong dadu.
  • 1 liter santan kental.
  • 2 lembar daun salam.
  • 2 batang serai, memarkan.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 3 lembar daun jeruk.
  • 2 sdm minyak untuk menumis.
  • Bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, ketumbar).
  • Garam, gula, kaldu bubuk secukupnya.

Cara Membuat:

Horego Aplikasi Cari Makanan

1. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna.
2. Tuangkan santan, tambahkan daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk, garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak hingga daging empuk.
3. Masukkan kentang dan tomat, masak hingga kentang matang. Sajikan dengan nasi dan emping.

2. Ayam Goreng Kremes

Punya tekstur renyah dan rasanya yang nikmat bikin ayam goreng kremes cocok banget disajikan buat berbuka.

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian.
  • Bumbu marinasi (bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, merica).
  • Minyak untuk menggoreng.
  • Bumbu kremes (tepung terigu, tepung beras, bawang putih bubuk, garam, gula, air).

Cara Membuat:

1. Lumuri ayam dengan bumbu marinasi dan diamkan selama 1 jam.
2. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan.
3. Untuk kremes, campur semua bahan kremes hingga menjadi adonan kering dan berbutir.
4. Taburkan kremes di atas ayam goreng. Sajikan hangat.

3. Nasi Kebuli

Makanan khas Timur Tengah sering kali dijadikan menu buka puasa bagi yang pengen makan berat. Nah, nasi kebuli ini bisa lho jadi pilihan kamu!

Bahan:

  • 500 gram daging kambing atau daging sapi, potong kecil-kecil.
  • 500 gram beras basmati, cuci bersih.
  • 1 liter kaldu sapi.
  • 2 buah bawang merah, iris halus.
  • 3 siung bawang putih, iris halus.
  • 2 cm jahe, iris halus.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 2 batang serai, memarkan.
  • Bumbu kebuli (cengkeh, kayu manis, kapulaga, jintan, merica, garam).

Cara Membuat:

1. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan serai hingga harum.
2. Masukkan daging dan bumbu kebuli, aduk rata.
3. Tuangkan kaldu sapi dan masak hingga daging empuk.
4. Tambahkan beras basmati dan masak hingga matang. Sajikan dengan acar dan daging panggang.

4. Rendang

Menu buka puasa satu ini biasanya diasjikan pada akhir bulan Ramadan atau saat menjelang Idul Fitri. Ini dia resepnya:

Bahan:

  • 500 gram daging sapi, potong dadu.
  • 400 ml santan kental.
  • 200 ml santan encer.
  • Bumbu rendang (bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, cabe merah, cabe rawit, ketumbar, jintan, kunyit, garam, gula).

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu rendang hingga harum. Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna.
2. Tuangkan santan encer dan masak hingga daging empuk.
3. Tambahkan santan kental dan masak hingga kuah mengering dan bumbu meresap.
4. Sajikan dengan nasi hangat.

5. Gulai Kambing

Berpuasa membuat tubuh membutuhkan banyak konsumsi protein, kayak gulai kambing contohnya. Coba buat di rumah dengan resep berikut ini yuk!

Bahan:

  • Daging kambing.
  • Bumbu gulai (bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, jintan, serai, daun jeruk, santan).

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu gulai hingga harum.
2. Masukkan daging kambing, aduk hingga berubah warna.
3. Tuangkan santan, masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.

Nah, itu dia deretan menu buka puasa yang bisa jadi referensi! Kamu mau coba yang mana nih buat maghrib nanti?

Cek juga resep masakan lain di Horego Guide yang bisa kamu jadikan menu buka puasa, kayak resep udang saus tiram, resep cakwe, dan nasi mandi.

Mau ngabuburit sambil cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.