12 Jenis Mie Korea Populer yang Wajib Dicoba, Mana Favoritmu?

February 12, 2024

Share to:

mie korea

Daftar Isi

Akhir-akhir ini, Korea sedang digandruing oleh banyak orang di Indonesia dan dunia. Mulai dari budaya, musik, hingga kulinernya. Mie khas Korea jadi salah satu makanan yang sering dicari karena punya banyak ragam yang menggoda lidah. Yuk, cari tau apa aja jenis mie Korea yang populer dan wajib dicoba!

Ragam Hidangan Mie Korea

Berikut adalah deretan mie Korea yang beragam dan punya cita rasa khas.

1. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah mie hitam Korea yang populer gak hanya di Korea tapi di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Mie ini disajikan dengan siraman saus hitam kental yang terbuat dari pasta kedelai dan daging babi yang dimasak bersama sayuran kayak bawang bombay dan kubis. Jajangmyeon punya tekstur mie yang lembut dan agak tebal dengan cita rasa saus yang gurih dan manis.

2. Japchae

Kalau dilihat sekilas, japchae punya tampilan yang mirip dengan hidangan mie bihun ala Indonesia. Bedanya adalah mie yang digunakan untuk japchae bukan terbuat dari tepung beras, melainkan tepung pati ubi.

Japchae biasanya dimasak dengan berbagai macam sayuran, kayak wortel, jamur, dan bayam, plus tambahan daging atau seafood. Selain sausnya yang manis gurih, mie-nya juga lembut dan enak banget.

3. Ramyeon

Siapa yang gak kenal ramyeon? Mie instan dari Korea ini jadi salah satu jenis mie yang super populer. Ramyeon  biasanya disajikan dengan kuah pedas yang kaya rasa. Potongan daging, telur, dan sayuran kayak rumput laut jadi tambahan yang menggugah selera. Rasanya pedasnya pas dan enaknya kebangetan!

4. Kalguksu

Kalguksu adalah mie Korea yang punya bentuk tipis kayak lembaran-lembaran halus. Hidangan ini biasanya dimasak dalam kuah kaldu ayam atau daging sapi berwarna putih yang gurih. Di dalam hidangan kalguksu, ada berbagai macam sayuran segar, kayak daun bawang dan lobak yang bikin mie ini semakin nikmat.

5. Naengmyeon

Kalau bosan hidangan mie yang disajikan dalam keadaan panas, kamu harus cobain naengmyeon. Ini adalah hidangan mie dingin Korea yang terbuat dari tepung buckwheat atau kentang. Yang unik dari naengmyeon adalah hidangan mie ini disajikan dalam kuah dingin yang berbahan dasar kaldu sapi atau ayam.

Mie ini biasanya disertai dengan irisan daging atau telur rebus, dilengkapi dengan potongan mentimun dan saus mustard pedas. Rasa naengmyeon gurih dan menyegarkan, cocok untuk dimakaan saat musim panas.

6. Rabokki

Rabokki adalah hidangan mie Korea yang berupa perpaduan antara ramyeon dan tteokbokki. Ramyeon dalam hidangan rabokki dimasak bersama dengan tteok (kue beras) dalam saus pedas manis yang terbuat dari pasta cabai dan gula.

Rabokki biasanya disajikan dengan irisan kentang dan telur rebus sebagai tambahan. Rasanya yang pedas, manis, dan mengenyangkan bikin mie ini jadi hidangan favorit banyak orang.

7. Jjampong

Jjampong adalah hidangan mie Korea yang terkenal dengan kuah pedasnya. Mie ini dimasak dalam kuah pedas berbasis kaldu laut yang kaya rasa. Di dalamnya biasanya terdapat campuran berbagai jenis seafood, kayak kerang, cumi-cumi, udang, dan potongan ikan.

Ada juga sayuran kayak paprika, bawang bombay, dan wortel. Rasanya pedas, gurih, dan enak banget. Cocok buat pecinta mie yang juga suka seafood.

8. Janchi Guksu

Janchi guksu adalah mie tipis yang dimasak dalam kuah kaldu ringan berbasis ikan atau ayam. Hidangan mie Korea ini disajikan dengan sayuran segar, kayak lobak, daun bawang, dan kacang kedelai rebus. Rasanya lembut dan gurih, cocok untuk hidangan sehari-hari atau saat merayakan acara khusus.

9. Kongguksu

Satu lagi mie dingin Korea yang gak kalah enaknya dari naengmyeon. Kongguksu adalah jenis mie dingin yang disajikan dalam kuah kaldu kacang kedelai yang halus dan segar.

Hidangan mie ini  biasanya disajikan dengan irisan mentimun, dan sering kali ditambahkan potongan tomat atau telur rebus. Rasanya kaya akan protein nabati dengan sentuhan manis yang ringan.

10. Jjeolmyeon

Jjolmyeon adalah hidangan mie Korea yang terbuat dari mie gandum yang tebal dan kenyal. Mie ini disajikan dingin dan biasanya dilumuri dengan saus pedas manis yang terbuat dari gochujang (pasta cabai), kecap asin, minyak wijen, gula, dan bumbu-bumbu lainnya.

Selain saus, jjolmyeon juga diberi potongan mentimun, wortel, dan telur rebus sebagai toppingnya. Rasanya segar, pedas, dan sedikit manis, serta memiliki tekstur yang kenyal dan menggigit.

Horego Aplikasi Cari Makanan

11. Bibim-Naengmyeon

Bibim-naengmyeon adalah hidangan mie Korea yang terdiri dari mie dingin (naengmyeon) yang dicampur dengan saus pedas manis. Mie ini biasanya direndam dalam air dingin sebelum disajikan untuk menjaga kesegarannya.

Saus untuk bibim-naengmyeon terbuat dari campuran gochujang (pasta cabai), cuka beras, gula, minyak wijen, dan bumbu lainnya. Di atasnya, biasanya ditambahkan irisan mentimun, wortel, telur rebus, dan daging atau seafood sebagai toppingnya.

12. Budae Jjigae

Budae Jjigae adalah mie Korea dalam kuah berbasis kaldu pedas yang diisi dengan berbagai macam bahan, mulai dari sosis, daging babi, potongan tahu, kimchi, dan ramyeon (mie instan). Rasanya gurih, pedas, dan lezat dengan kombinasi rasa yang beragam.

Nah, itu dia ragam hidangan mie Korea yang populer dan rasanya bisa memanjakan lidah. Kamu mau coba yang mana aja?

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.