10 Soto Enak di Jogja, Kuahnya Seger dan Isinya Melimpah!

January 9, 2024

Share to:

Daftar Isi

Salah satu kuliner favorit di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah soto. Pilihan soto di sini bisa dibilang banyak banget, jadi bisa-bisa bikin kamu kelimpungan cari yang recommended. Biar gak ribet, kamu bisa cek rekomendasi soto enak di Jogja dari Horego. Masing-masing punya kuah yang nyegerin dan isian daging yang melimpah!

1. Soto Pak Marto

Soto Pak Marto, soto enak di jogja

SBP Bagus Painting/Google Review

Soto Pak Marto adalah soto enak di Jogja yang kuahnya gurih dan asin dengan isian daging sapi. Udah gitu, kamu bisa nambahin kecap dan perasan air jeruk biar kuahnya makin seger!

Salah satu kuliner legendaris di Jogja ini punya kuah yang rasa rempahnya light ala soto zaman dulu. Tapi, aroma kaldu sapinya bener-bener berasa.

Irisan daging sapinya pun melimpah. Dijamin puas banget kalau makan di sini. Sebagai menu pelengkap, kamu bisa nikmatin sate-satean, perkedel, dan tempe goreng. 

Uniknya, di depan warung Soto Pak Marto ada yang jualan leker. Buat kamu yang pengen makan manis-manis setelah menyantap soto, cobain aja kue lekernya yang enak, ya!

Lokasinya gak terlalu jauh dari Kampung Wisata Taman Sari. Kalau kamu naik kendaraan pribadi, kamu cuma perlu menempuh waktu sejauh 1 km atau sekitar 5 menit buat cari salah satu rekomendasi soto di Jogja ini. 

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No. 44, Ngampilan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.30 – 14.30
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Soto daging sapi, perkedel, babat

2. Soto Sampah

Soto Sampah, soto enak di jogja

Neny Yuliana/Google Review

Soto Sampah adalah rekomendasi soto ayam enak di Jogja yang wajib kamu cobain kalau lagi ada di daerah Jetis. 

Kuahnya bening, light, nyegerin, dan pas banget buat sarapan pagi. Di dalamnya juga ada soun, seledri, kol, toge, dan daging ayam yang royal, lho!

Untuk side dish, warung soto terdekat dari Tugu Jogja ini punya aneka gorengan, perkedel, sate usus, sate telor, hingga sate ati. 

Soto Sampah juga bisa jadi kuliner malam yang cocok buat kamu yang lagi lapar di tengah malem. Soalnya tempat ini buka sampe jam 3 pagi!

Dari Tugu Jogja, kamu tinggal jalan kaki sejauh 190 meteran atau sekitar 3 menitan buat sampai ke warung Soto Sampah. Lokasi kuliner Jogja ini strategis banget, kan?

Alamat: Jl. Kranggan No. 2, Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 03.00
Harga: Rp20.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, gorengan, sate-satean

3. Warung Soto Kadipiro

Warung Soto Kadipiro, soto enak di jogja

Ricky Richmond/Google Review

Warung Soto Kadipiro merupakan rekomendasi soto enak di Jogja yang legendaris. Gak heran kalau tempat makan soto ini dapet banyak ulasan bagus di dunia maya. 

Kuah sotonya enak banget dan kaldu ayamnya berasa. Isiannya pun lengkap dan melimpah, mulai dari potongan daging ayam, bawang goreng, hingga kol.

Untuk menu pelengkap, salah satu soto terenak di Jogja ini nawarin gorengan, perkedel kentang, ayam, tempe goreng, tempe bacem, sampai sate telor puyuh. Semuanya udah ada di atas meja dan siap untuk disantap. 

Tempatnya gak jauh dari Museum Nasional Jogja, sekitar 900 meter atau 13 menitan kalau kamu jalan kaki ke Warung Soto Kadipiro. 

Alamat: Jl. Wates No. 33, Kasihan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.30 – 14.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, sate-satean, gorengan

4. Soto Pak Soleh Al-Barokah

Soto Pak Soleh Al-Barokah, soto enak di jogja

Lita Hafizah/Google Review

Buat kamu yang lagi nyari soto daging dengan kuah yang light, kamu bisa mampir ke Soto Pak Soleh Al-Barokah. Tipe kuahnya bening dan rasanya gurih.

Kamu bisa campurin nasi ke kuahnya atau minta nasinya dipisah. Terus, daging sapinya pun gak pelit dan empuk, jadi kamu gak perlu effort lebih buat ngunyah.

Salah satu menu pelengkap yang wajib kamu cobain adalah empal yang maknyus pol! Terus, kamu juga bisa pesen sate telor puyuh, iso goreng, paru goreng, babat goreng, tempe garit, hingga telor asin. 

Pilihan kerupuknya gak kalah banyak, ada kerupuk ikan, peyek kacang, rambak besar, emping melinjo, atau keripik usus ayam.

Saking terkenalnya, banyak artis dan tokoh-tokoh populer di Indonesia yang makan di Soto Pak Soleh Al Barokah, mulai dari Marceloe Tahitoe, personel band Andra and The Backbone, Ganjar Pranowo, sampai Kunto Aji. 

Alamat: Jl. Wiratama No. 84, Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.30 – 15.00
Harga: Rp35.000/orang
Menu favorit: Soto daging sapi, empal

5. Soto Ayam Idola Pak Nanang

Soto Ayam Idola Pak Nanang, soto enak di jogja

Shely Indriani/Google Review

Soto enak di Jogja lainnya yang wajib dicobain adalah Soto Ayam Idola Pak Nanang. Letaknya ada di Gang Putra Bangsa, Umbulharjo. 

Soto yang disajikan di sini tipenya gurih, manis, dan berasa banget rempahnya. Kuahnya berwarna kuning dan wangi banget. Porsinya pun gede dan daging ayamnya gak pelit!

Salah satu keunikan dari soto enak di Jogja ini adalah potongan tahu putih di dalam kuah sotonya. Tahu ini nambah cita rasa dari kuah yang gurih dan manis.

Kalau kamu mau ada kriuk-kriuknya, Soto Ayam Idola Pak Nanang juga nawarin kripik tempe yang bikin sotonya jadi lebih nikmat! 

Kamu disaranin buat dateng lebih awal kalau mau ke sini. Soalnya, tempat ini biasanya udah rame sebelum jam 7 pagi. 

Alamat: Gang Putra Bangsa I No. 53B, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 15.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam

6. Soto Sapi dan Soto Ayam Pak Pur

Soto Sapi dan Soto Ayam Pak Pur, soto enak di jogja

Siti Nurgiyanti/Google Review

Kalau kamu mau makan soto enak di Jogja yang daging melimpah dan lengkap, kamu bisa dateng ke Soto Sapi dan Soto Ayam Pak Pur. 

Soto ini dinilai cocok buat sarapan karena kuahnya light. Tambahan bawang goreng juga bikin kuahnya makin gurih!

Tekstur daging ayam dan sapinya empuk. Porsinya juga cukup banyak. Terus, rasa kuahnya gak terlalu asin, jadi kamu bisa tambahin garam sendiri sesuai dengan selera. 

Sebagai pelengkap, kamu bisa tambah sate usus, sate telor, sate ayam, ayam goreng, tahu, perkedel, hingga mendoan. Pas banget kalau kamu pengen makan dengan porsi yang banyak!

Tempatnya juga luas. Jadi kamu gak perlu khawatir kalau ke sini rame-rame buat sarapan atau makan siang.

Alamat: Jl. Nitiprayan No. 090, Kasihan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 15.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, soto sapi

7. Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hj. Hadi S

Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hj. Hadi S, soto enak di jogja

Heni Murhanayanti/Google Review

Pernah cobain sensasi makan soto enak di Jogja sambil ditemani suara kereta yang lalu lalang? Kalau kamu mau pengalaman unik kayak gini, mampir aja ke Soto Sawah Ayam Kampung Bu H. Hadi S. di Jalan Soragan!

Lokasinya gak jauh dari rel kereta api di daerah Soragan. Di sini, kamu bisa cobain soto ayam maupun soto sapi dengan kuah bening yang rasanya gurih dan manis khas Jogja. 

Beberapa menu pelengkap yang paling populer di tempat makan soto enak di Jogja ini adalah tempe koro bacem dan lentuk. Cocok banget buat disantap bareng soto.

Dulunya, Soto Sawah Ayam Kampung Bu H. Hadi S. dikelilingi sawah-sawah yang hijau. Tapi seiring berjalannya waktu, sawah-sawah itu udah jadi perumahan. 

Alamat: Jl. Soragan No. 13, Kasihan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 15.30
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto ayam, soto daging, tempe koro bacem, lentuk

8. Soto Pak Parno

Soto Pak Parno, soto enak di jogja

Nana Triwahyuni/Google Review

Soto Pak Parno populer karena nawarin soto dengan daging yang lembut dan melimpah. Terus, kamu juga bisa minta ditambahin tetelan supaya sotonya makin gurih. 

Untuk menu pelengkapnya, soto enak di Jogja ini menyediakan sate usus, sate ati, hingga sate telor puyuh yang bakal nambah cita rasa soto pesenanmu. 

Kalau kamu mau dapet jeroan dan tetelannya, mendingan dateng lebih pagi deh! Soalnya kalau udah siang, tetelannya suka keburu abis karena banyak yang suka. 

Tempat makan soto enak di Jogja ini gak jauh dari Pemakaman Brontokusuman, cuma sekitar 36 meter aja dari sana. 

Alamat: Jl. Prawirotaman 3 No. 71 1, Mergangsan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 13.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto daging, jeroan, tetelan

9. Soto Ayam & Sate Kerang Bu Sri

Soto Ayam & Sate Kerang Bu Sri, soto enak di jogja

Rochmat Hidayat/Google Review

Soto Ayam & Sate Kerang Bu Sri adalah soto enak di Jogja yang kuahnya bening dan gurih. Tempatnya semi outdoor, jadi gak bakal pengap biarpun ada banyak pengunjung pas kamu lagi makan. 

Gak lengkap kalau ke sini tanpa cobain sate-sateannya. Selain dikenal dengan soto kerangnya yang lezat, Soto Ayam & Sate Kerang Bu Sri juga nawarin sate telor, sate kulit, dan sate ati yang gurih maksimal!

Selain itu, rasa gurih kuahnya bukan dari mecin, tapi kaldu. Terus, kamu juga bakal dikasih bawang goreng yang banyak. Kebayang gimana gurihnya, kan?

Pas kamu ambil sate, kamu juga bisa minta kuah sate yang gurih dan bikin satenya makin berasa nikmat. 

Alamat: Jl. Kragilan, Mlati, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.15 – 14.30 (Jumat tutup)
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto, sate-satean

10. Soto Daging Sapi Lamongan Cak Ngun

Soto Daging Sapi Lamongan Cak Ngun, soto enak di jogja

Yasin M. Habibi/Google Review

Soto Daging Sapi Lamongan Cak Ngun merupakan soto enak di Jogja yang tergolong hidden gem.

Tempat makannya emang sederhana, tapi kalo soal rasa, boleh banget diadu sama soto-soto lainnya. Kuah sotonya kuning dan gurih. Potongan dagingnya juga banyak dan ukurannya gede. 

Nah, tempe garit di sini banyak yang bilang enak dan gurih. Pas banget buat nemenin soto daging sapi yang lagi kamu santap. Digorengnya juga dadakan, jadi masih terasa panas pas disajikan!

Untuk sate-sateannya, kamu bisa pilih sate ati, sate ampela, sampai sate telor puyuh. Mantep banget pokoknya!

Lokasinya persis di seberang Hotel Safara Yogyakarta. Dari hotel ini, kamu tinggal nyebrang sejauh 10 meteran aja. 

Alamat: Jl. Veteran No. 12, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 17.00
Harga: Rp30.000/orang
Menu favorit: Soto daging, tempe garit, sate-satean

Dari daftar soto enak di Jogja ini, kira-kira mana yang bakal kamu kunjungin duluan, nih?

Nah, buat kamu yang lagi nyari rekomendasi kuliner Jogja, cafe di Jogja, atau coffee shop Jogja, langsung aja cek di Horego, ya!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore.