11 Gudeg Enak di Jogja yang Rasanya Khas

January 19, 2024

Share to:

gudeg enak di jogja

Daftar Isi

Kalau lagi jalan-jalan ke Jogja, kurang lengkap rasanya kalau gak nyobain gudeg. Hidangan yang terbuat dari nangka muda ini biasanya disajikan dengan krecek, telur pindang, tahu bacem, hingga opor ayam. Kebayang nikmatnya, kan? Tenang, Horego bakalan kasih rekomendasi gudeg enak di Jogja yang wajib kamu kunjungin.

1. Gudeg Yu Djum

gudeg yu djum

firda faradillah/Google Review

Siapa sih yang gak kenal gudeg enak di Jogja satu ini. Cabangnya ada di mana-mana, bahkan sampai di luar kota. Siapa lagi kalau bukan Gudeg Yu Djum.

Udah berdiri sejak tahun 1950, Gudeg Yu Djum jadi favorit banyak orang dari berbagai kalangan. Cita rasanya khas, tipikal gudeg manis gitu. Kreceknya juga manis, tapi ada rasa pedasnya yang nikmat.

Porsi gudegnya pas dan disajikan di atas daun pisang. Kamu juga bisa pilih menu pelengkapnya, mulai dari telur pindang, ati ampela, hingga ayam. Bumbunya enak dan gak pelit.

Gudeg Yu Djum yang berlokasi di sekitar Malioboro ini tempatnya nyaman buat dine in. Yuk, ajak keluarga, temen, atau pasangan buat ke sini.

Alamat: Jl. Dagen No. 2C, Sosromenduran, Gedong Tengen
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 07.00 – 22.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg ayam
Telepon: 085102500500

2. Gudeg Sagan

gudeg enak di jogja

Gudeg Sagan/Google Review

Gudeg Sagan Jogja juga wajib kamu kunjungin kalau mau makan gudeg yang enak. Nangka mudanya empuk dan rasanya gak terlalu manis. Jadi, after tastenya gak bikin eneg.

Gudeg enak di Jogja ini bisa disajikan dengan nasi atau bubur. Buat pelengkapnya, ada opor ayam kampung, krecek, telur bebek, tempe, tahu, dan rempelo ati. 

Opor ayam kampungnya gurih dan empuk, sedangkan kreceknya pedes dan bertekstur lembut yang melting di mulut. Bikin ngiler, kan?

Ada juga ayam sama bebek goreng yang juicy dan gak bau anyir. Porsi hidangannya pun cukup besar, otomatis bikin kenyang.

Buat mampir ke tempat makan gudeg terkenal di Jogja ini, kamu bisa jalan kaki kira-kira 450 meter dari Galeria Mall Yogyakarta.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 22.30
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg krecek ayam paha
Telepon: 085100443035

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

gudeg meron bu tinah

Mario L/Google Review

Kalau kamu pencinta pedas, cocok banget datang ke Gudeg Mercon Bu Tinah. Gudegnya tipikal kering dan gurih, terus dikasih tempe potongan dadu yang dimasak pake cabe jadi rasanya super pedes. 

Pelengkapnya juga macem-macem, ada tahu, telur, ayam, hingga sate. Porsinya lumayan banyak dengan harga yang cukup ramah di kantong. 

Gak heran, kalau Gudeg Bu Tinah selalu dipadati pengunjung, bahkan antreannya sampai mengular. Bukanya pun cuma malem-malem, jadi makin rame! Sensasi makannya pun seru di pinggir jalan gitu.

Penasaran nyobain gudeg enak di Jogja ini? Jaraknya deket banget sama Tugu Jogja, cuma sekitar 650 meter yang bisa kamu tempuh dengan jalan kaki. 

Alamat: Jl. Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, Jetis
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 21.00 – 01.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Gudeg mercon sate ayam
Telepon: 081804187537

4. Gudeg Pawon

gudeg enak di jogja

Caca Ca/Google Review

Gudeg Pawon termasuk salah satu gudeg paling enak di Jogja yang mesti kamu cobain. Cara masaknya masih tradisional dengan pake tungku, lho! Gak heran kalau cita rasa dan aromanya seautentik itu.

Gudeg enak di Jogja ini manisnya gak over dan gurihnya terasa. Nikmat disantap bareng nasi sama aneka lauk lain, kayak telur pindang, opor ayam kampung, dan krecek.

Lokasinya gak terlalu jauh dari Kebun Binatang Gembira Loka. Dari sana, kamu cukup naik kendaraan 5 menit aja untuk ke Gudeg Pawon yang mantap ini.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Soepomo Sh UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 17.15 – 20.30
Harga: Rp25.000 – 50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg pawon
Telepon: 082233155497

5. Gudeg Permata Bu Narti

gudeg permata bu narti

YN Alvana/Google Review

Rekomendasi gudeg terenak di Jogja berikutnya adalah Gudeg Permata Bu Narti. Kamu wajib mampir kalau mau kulineran malem.

Gudeg legend ini tipe basah gitu dan gak terlalu manis. Soal rasa, gak usah diraguin lagi kelezatannya. Porsinya juga melimpah dengan harga yang affordable. Worth it banget deh!

Kamu bisa tambahin tahu, tempe, telur, sama ayam yang sedap buat pelengkapnya. Ayamnya empuk dan potongannya gede-gede.

Tertarik berkunjung ke Gudeg Permata Bu Narti? Dari Titik Nol Yogyakarta, kamu bisa berkendara sekitar 5 menitan. Gudeg enak di Jogja ini sering rame pengunjung, jadi mesti sabar kalau harus antre. 

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 2, Gunungketur, Pakualaman
Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 20.00 – 01.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg ayam kampung
Telepon: (0274) 553853

6. Gudeg Bu Djuminten

gudeg enak di jogja

Rica Kartika Handayani/Google Review

Mau makan gudeg enak di Jogja? Gudeg Bu Djuminten bisa jadi pilihan. Gudegnya gak terlalu kering dan manis, jadi gak bikin eneg. Kreceknya juga besar dan lembut berpadu sama sambelnya yang mantap.

Pilihan pelengkapnya pun banyak, mulai dari tahu, telur, kepala ayam, ati ampela, ayam suwir, hingga dada atau paha ayam. Rasanya enak dan porsinya pas.

Ada juga minuman yang unik buat kamu cobain, kayak es tape atau es beras kencur, yang rasanya nyegerin banget. Menarik banget, ya?

Nah, tempat makan gudeg di Jogja ini jaraknya sekitar 500 meter dari Pasar Kranggan. Suasananya nyaman kayak rumah jadul gitu, bikin vibesnya berasa lagi makan di rumah nenek.

Alamat: Jl. Asam Gede No. 14, Cokrodiningratan, Jetis
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 20.00
Harga: Rp25.000 – 50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg suwiran telur
Telepon: (0274) 561151

7. Gudeg Wijilan Bu Lies

gudeg wijilan bu lies

Merry Sri Fatmadewi/Google Review

Kalau cari gudeg di sekitaran Keraton Yogyakarta, kamu bisa mampir ke Gudeg Wijilan Bu Lies. Gudegnya enak dan manisnya gak berlebihan. Pas dimakan bareng kreceknya yang gurih dan pedes, rasanya makin mantap.

Nasi gudeg krecek ini juga bisa ditambahin tempe, tahu, sayap, telur, ati ampela, kepala, suwir ayam, paha bawah, atau paha atas ayam biar lebih nikmat. Tapi, kalau mau yang isinya lengkap, pesen aja menu komplit atau komplit spesial.

Tempat makan gudeg enak di Jogja ini cukup luas dan berkonsep joglo modern gitu. Kalau mampir ke sini, kamu tinggal pilih aja mau duduk di kursi atau lesehan.

Alamat: Jl. Wijilan No. 5C, Panembahan, Kraton
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 20.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: nasi gudeg krecek telur
Telepon: 081392109109

8. Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad

gudeg enak di jogja

Ifah Gusti/Google Review

Melipir ke daerah Sleman, ada Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad yang enak buat dicoba. Gudegnya cenderung kering dan gak terlalu manis. Kreceknya juga cukup terasa pedasnya, menambah rasa nikmat di setiap suapan.

Menu pelengkapnya sih gak terlalu beda dari tempat makan gudeg lainnya. Mulai dari telur, tahu, ayam suwir, paha, ati ampela, kepala, sayap, hingga dada ayam bisa kamu cicipin.

Kalau mau bawa pulang atau untuk oleh-oleh, kamu juga bisa pesen gudeg paket besek atau kendil di sini dengan berbagai menu pelengkap.

Tertarik cobain makan gudeg enak di Jogja ini? Lokasinya ada di sekitaran wilayah kampus UGM. 

Alamat: Jl. Kaliurang No. 2, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Sleman
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 05.30 – 22.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg krecek ayam suwir telur
Telepon: (0274) 520049

9. Gudeg Bu Tjitro 1925

gudeg bu tjitro 1925

Nobby Monica/Google Review

Gudeg Bu Tjitro 1925 udah legend banget. Cita rasa gudeg basah ini udah pasti maknyus, apalagi manisnya gak lebay. Makin nikmat disantap bareng krecek, telur pindang, dan ayamnya yang gurih.

Porsinya cukup bikin kenyang dan harganya bersahabat. Kamu juga bisa bawa pulang gudeg yang dikemas dalam kendil, besek, atau kaleng. Gudeg kalengnya diklaim bisa tahan sampai 1 tahun, lho!

Restoran gudeg enak di Jogja ini juga menawarkan berbagai hidangan lainnya, kayak ayam kampung, ikan, bakmi, nasi goreng, dan tumisan.

Oh iya, bangunan restonya terdiri dari dua lantai yang luas. Cocok banget buat makan bareng keluarga atau rombongan. Cus, langsung aja mampir ke sini.

Alamat: Jl. Raya Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Bantul
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 20.30
Harga: Rp25.000 – 50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg krecek telur + ayam suwir
Telepon: 081575741784

10. Gudeg Bromo Bu Tekluk

gudeg enak di jogja

Farhan Amen/Google Review

Horego Aplikasi Cari Makanan

Cari gudeg terdekat UNY? Datang aja ke Gudeg Bromo Bu Tekluk. Tempat makan gudeg enak di Jogja ini selalu rame pengunjung dan baru buka jam 11 malem. 

Bukan tipe manis, cita rasa gudegnya gurih pedas gitu. Cocok disantap bareng kreceknya yang super pedes dan ayam suwirnya yang tasty. 

Ada juga beragam pilihan lauk lainnya, kayak telur, tahu, tempe, ati ampela, ceker, paha ayam, atau dada ayam, yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Uniknya, nasi gudeg yang disajikan juga dikasih taburan kremesan yang melimpah. Jadi, menambah tekstur saat dikunyah. Harganya? Bener-bener hemat banget. Wajib masuk list kalau kamu mau kulineran malem di Jogja.

Alamat: Jl. Affandi No.2-A, Santren. Caturtunggal, Depok, Sleman
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 23.00 – 05.00
Harga: Rp25.000 – 50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg suwir
Telepon: –

11. Gudeg Mbok Lindu

gudeg mbok lindu

riva destira/Google Review

Gudeg Mbok Lindu bisa kamu kunjungin kalau laper pas lagi jalan pagi di Malioboro. Letaknya deket banget sama Teras Malioboro 2.

Gudeg enak di Jogja ini mantep pol. Tekstur nangkanya empuk dan rasanya gurih. Kreceknya juga lembut dan besar-besar. Kamu biisa pilih, mau disantap bareng nasi atau bubur.

Pilihan lauknya pun bervariasi. Ada telur pindang, ayam suwir, ayam potong, rempela ati, tahu bacem, dan tempe bacem. Semuanya disajikan di atas daun pisang. 

Gudeg Malioboro ini tempatnya warung kecil pinggir jalan gitu, tapi antreannya panjang banget. Eits, kosongin perut dulu sebelum makan ke sini karena porsinya banyak.

Alamat: Jl. Sosrowijayan No. 41-43, Sosromenduran, Gedong Tengen
Jam buka: Senin – Minggu, pukul 06.00 – 12.00
Harga: Rp25.000 – Rp50.000/orang
Menu favorit: Nasi gudeg krecek paha atas telur
Telepon: 085713988883

Banyak banget pilihan tempat makan gudeg enak di Jogja yang bisa kamu kunjungin, kan?

Kamu juga bisa cek rekomendasi gudeg di daerah lainnya, kayak gudeg Bandung, gudeg Jakarta, gudeg Depok, dan gudeg Bogor hanya di Horego!

Mau cari tempat makan enak di sekitarmu? Cek dulu di Horego, ya! Download aplikasinya di Google Playstore atau Apple Appstore.